ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Apa Itu JDM?
Ciao Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar apa itu JDM.


JDM sering sekali terdengar di kalangan penggemar mobil. Istilah-istilah ini sudah sangat umum digunakan dan sering sekali terdengar jika Gansis menonton video-video modifikasi mobil.

Istilah JDM kadang memang lumayan membingungkan. Mungkin Gansis bertanya-tanya, apa itu JDM? Nah, kali ini ane bakal bahas nih seputar apa itu JDM, dan juga apa kepanjangannya. 


JDM adalah singkatan dari Japanese Domestic Market. Artinya, mobil-mobil JDM merupakan mobil-mobil yang dikhususkan atau dijual hanya untuk market atau pasar Jepang. 

Mobil-mobil JDM sangat identik dengan merek-merek asal Jepang, seperti Toyota, Honda, Nissan, Mazda, dan lain sebagainya. Karena memang, mobil-mobil JDM kebanyakan merupakan mobil dari brand-brand seperti diatas.


Modelnya? Semua mobil yang hanya dijual untuk pasar Jepang bisa disebut JDM, hanya saja istilah JDM sangat identik dengan mobil-mobil Jepang yang kencang macam Nissan GT-R, "mobil antar tahu" Toyota AE86, Supra MK3 & MK4, Mazda Miata, Subaru WRX STI JDM, dan masih banyak lagi. 

Ciri khas dari mobil-mobil JDM adalah, hanya dijual di Jepang (misal Corolla Ceres yang merupakan sebuah Great Corolla namun beda varian dan varian Ceres tsb hanya dijual di Jepang). Sesuai namanya.


Mesin mobil JDM sangat terkenal dan banyak menjadi andalan tuner di seluruh dunia. Misalnya mesin 2JZ di Toyota Supra, 1UZ-FE di Lexus, mesin legendaris Nissan RB26DETT dan SR20DET, K20C1 di Honda Civic Type R, dan juga 4G63 di Mitsubishi Lancer Evo.

Orang-orang mendapat mesin ini dari Jepang, kebanyakan dari mobil yang sudah dikanibal dari negara asalnya. Jadi mesin dan komponen lainnya dipreteli lalu dijual ke luar negeri, setelah itu dibeli penggemar-penggemar otomotif dari luar Jepang.


Mesin-mesin ini sangat digemari karena gampang di tune-up. Banyak mesin-mesin 2JZ yang di tune-up habis-habisan di luar negeri oleh penggemar otomotif, jadi sangat kencang dengan tenaga sangar.  

Nah, jadi itulah isi thread ane yang membahas seputar apa itu JDM. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: 123
Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini tak bermaksud untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
hhendryz
HeAVen_DoG
davecchio
davecchio dan 28 lainnya memberi reputasi
27
9.5K
95
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.