NyxFairy
TS
NyxFairy
9 Jenis NFT yang Umum Terjual di Marketplace, Bisa Bikin Kaya!
NFT merupakan aset yang tidak dapat disalin atau diganti sama sekali. NFT memiliki konsep dengan memberikan kesempatan khususnya bagi kreator atau seniman untuk menjual dan melakukan transaksi terhadap karya yang telah mereka secara online seolah-olah karya tersebut berbentuk secara fisik.


Sumber

1. NFT Art
Karya seni atau NFT arts adalah bentuk NFT paling populer pada marketplace NFT. Saat ini realita menyatakan bahwa NFT paling mahal adalah NFT arts. Salah satu karya seni paling mahal yang pernah ada hingga saat ini adalah milik Beeple yang terjual seharga $69 juta Dolar Amerika Serikat. Fakta tersebut berlaku pula untuk karya seni berupa video. Karya seni berupa video pendek dan GIF dapat terjual seharga jutaan dolar. Salah satu karya seni video berdurasi 10 detik karya Beeple dapat terjual hingg $6,6 juta dolar amerika serikat.

2. NFT Musik
Dalam marketplace NFT juga tersedia jenis NFT karya berupa musik. Belakangan ini musisi atau seniman lebih senang untuk menjual musik karya mereka melalui marketplace NFT yang dapat memberikan mereka lebih banyak penghasilan dalam hitungan jam dibanding melalui cara konvensional. Pada umumnya musisi hanya mendapatkan royalti yang terbilang hanya merupakan sebagian kecil dari penghasilan penjualan mereka dari platform streaming dan label rekaman. Sedangkan pada NFT, musisi dapat mendapatkan hampir keseluruan penghasilan yang mereka dapatkan dari penjualan di marketplace NFT. Oleh karena itu banyak musisi menjual karyanya menjadi NFT.

3. Game NFT
Jenis NFT lain yang umum menjadi komoditas perdagangan adalah dengan game. Pengembang game tidak menjual semua game karyanya menjadi NFT. Tetapi, yang mereka jual adalah konten dalam game seperti character, item, skin, dan konten lainnya. Meskipun salinan DLC suatu game telah terjual pada pemain, tetapi item game dalam NFT menjadi eksklusif untuk masing-masing pembeli. Hal ini memberikan para pengembang pilihan untuk menjual DLC secara konvensional atau menjual limited edition itemnya pada marketplace NFT.


Sumber

4. NFT Item Koleksi
Jika mengenal collection card atau trading card, maka saat ini tersedia juga dalam versi NFT dalam bentuk digital. Salah satunya adalah limited edition baseball card yang memiliki harga ribuan dolar AS yang mana dijual pula versi NFT dengan harga yang sama tingginya. Pembeli dapat melakukan transaksi versi digital dari trading card/collection card dalam marketplace dan menyimpan versi fisik original sekaligus versi NFT yang dapat terjual seharga ribuan atau bahkan jutaan dolar AS.

5. NFT Moment Event Tertentu
NFT juga memberikan produk yang tidak memiliki versi fisiknya, salah satunya seperti momen event olahraga bergengsi. Momen tersebut berupa video pendek dari tangkapan momen vital dalam dunia olahraga. Contohnya yaitu momen slam dunk atau touchdown yang memberikan revolusi pada dunia olahraga. Momen tersebut bisa dihargai lebih dari dua ratus ribu dolar AS.


Sumber

6. NFT Meme
Meme juga merupakan salah satu item yang ada pada marketplace NFT. Salah satu hal menariknya adalah terkadang penjual meme tersebut adalah orang yang berada dalam meme. Meme terkenal seperti Disaster Girl, Bad Luck Brian, dan Nyan Cat memiliki harga jual sekitar puluhan ribu hingga ratusan ribu dolar Amerika Serikat. Sedangkan meme Doge adalah meme termahal saat ini dengan harga empat juta dolar AS.

7. NFT Nama Domain
Nama domain juga termasuk item yang berada pada marketplace NFT. Pemilik domain dapat mendaftarkan nama domain serta menjualnya sekaligus. Jika pada umumnya, pengguna harus membayar perusahaan penyedia untuk mengelola nama domain. Namun dalam NFT pembeli dapat membelinya kemudian melakukan klaim mengklaim atas hak milik eksklusif terhadap nama domain tersebut, tanpa perlu adanya perusahaan pihak ketiga.

8. NFT Item Fashion Virtual
Item yang berada pada NFT memiliki format virtual, begitu pula dalam hal item fashion yang berbentuk virtual. Pembeli dapat membeli item fashion tersebut meskipun tidak dapat memakainya, tetapi dengan item fashion virtual tersebut pembeli dapat menggunakannya pada avatar virtual. Apabila ada orang yang berpikir bahwa hal ini konyol, tetapi mengingat bahwa adanya meme yang terjual jutaan dolar Amerika Serikat, maka tidak menutup kemungkinan begitu pula dengan item fashion virtual ini.


Sumber

9. NFT Item Virtual Lainnya
Selain beberapa item dan barang di atas, masih terdapat jenis NFT lain yang bahkan tidak terpikirkan sebelumnya untuk diperjual-belikan. Bahkan belum lama ini terdapat pengguna yang menjual sebuah tweet pribadinya dan dapat terjual. Hal tersebut menunjukkan bahwa dalam NFT semua item atau barang dapat memberikan peluang keuntungan selama barang atau item tersebut memiliki peminat yang mau untuk membelinya.

SUMBER
ridwan.safiiwilly99966jokoariyanto
jokoariyanto dan 10 lainnya memberi reputasi
7
5K
34
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Komunitas NFT Indonesia
Komunitas NFT Indonesia
781Thread2.5KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.