• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 9 Negara yang Ibu Kotanya Bukanlah Kota Terbesar, Indonesia Nantinya Akan Termasuk

cintadineAvatar border
TS
cintadine
9 Negara yang Ibu Kotanya Bukanlah Kota Terbesar, Indonesia Nantinya Akan Termasuk


Rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia memang bukanlah sekedar wacana lagi walaupun ada beberapa pihak yang tidak setuju jika Jakarta tidak lagi menjadi Ibu Kota.

Kemudian ada beberapa hal yang disalah pahami oleh beberapa pihak kalau pindah ibu kota, maka semua penduduknya harus pindah ke kota yang baru. Pengertian konyol macam ini? Pemindahan ibu kota artinya hanya perangkat pemerintahan dan yang sejenis yang akan pindah. Artinya isatana negara, gedung DPR/MPR, kantor kementrian, dll yang akan dipindahkan. Pusat bisnis tidak akan dipindahkan.

Artinya sejauh ini Jakarta akan tetap menjadi kota terbesar di Indonesia walaupun sudah tak berstatus lagi sebagai ibu kota negara. Karena di beberapa negara lain pun, justru ada ibu kotanya yang merupakan bukan menjadi kota terbesar di negaranya. Nah, berikut ini bahasan singkatnya gan.

1. Amerika Serikat (Washington D.C)



Masih cukup banyak yang mengira kalau ibu kota AS adalah New York, padahal yang benar adalah Washington D.C yang menjadi pusat pemerintahan. Sementara kota terbesar di AS adalah New York City yang berada di negara bagian New York. New York dijuluki Big Apple dan merupakan wilayah metropolitan paling terkenal di dunia sekaligus menjadi salah satu kota dengan biaya hidup termahal. Sementara Washington D.C jauh lebih kecil dan tenang karena merupakan markas pemerintahan termasuk Gedung Putih.

2. Australia (Canberra)



Ada beberapa kota besar di Australia yaitu Perth, Melbourne, dan Sydney. Namun yang menjadi ibu kota negeri kanguru bukanlah ketiganya melainkan Canberra yang populasinya sekitar 322 ribu jiwa. Sementara itu kota metropolitan terbesarnya adalah Sydney dengan populasi penduduk sekitar lebih dari 5,1 juta jiwa.

3. Brazil (Brasilia)


Brazil menjadi salah satu negara yang berhasil memindahkan IKN dengan kota yang baru. Brasilia menjadi IKN Brazil pada 1960 menggantikan Rio Da Janiero yang dirasa sudah terlalu padat untuk pusat pemerintahan. Sementara untuk kota terbesar di Brazil saat ini adalah Sao Paulo yang berpenduduk sekitar 11 juta jiwa. Di Brasilia sendiri terdapat populasi sekirar 2,38 juta jiwa.

4. India (New Delhi)


Negaranya Ladusing dan Sanjay Duth ini juga termasuk negara yang IKN nya bukanlah kota terbesar, Yaitu New Delhi sebagai pusat pemerintahan.

Sementara kota terbesarnya adalah Mumbai dengan total populasi sekitar 20 juta jiwa.

5. Kanada (Otawa)


Negara tetangganya AS ini merupakan salah satu negara terluas di dunia. Ibu kotanya adalah Ottawa dan kota terbesarnya adalah Toronto. Karena Toronto lebih besar dan terkenal, tentunya masih ada yang mengira Toronto adalah ibu kotanya Kanada.Jangan, sampai terbalik ya gan.

6. China (Beijing)


Beijing adalah ibu kota China, sementara yang terbesar adalah Shanghai. Meski demikian, kedua kota tersebut sebenarnya perbandingannya tidak terlalu jauh, namun Shanghai memang lebih besar jika diukur dari total populasi penduduk.


7. New Zaeland (Wellington)


Selandia baru alias New Zaeland ini adalah menjadi salah satu negara termakmur di dunia. Ibu kota New Zaeland adalah Wellington namun bukan menjadi kota terbesar di negara tersebut, melainkan Auckland yang jumlah penduduknya lebih dari tiga kali lipat dari jumlah penduduk Wellington.

8. Pakistan (Islamabad)


Negara pecahan India ini dulunya memiliki ibu kota bernama Karachi dari 1947 hingga 1958 dan Karachi menjadi kota yang terbesar di Pakistan.

Namun kemudian pindah ke Islamabad sampai saat ini yang berfungsi sebagai pusat pemerintahan.

9. Turki (Ankara)


Turki, negara yang terletak dua benua ini memiliki Kota Ankara sebagai ibu kotanya walaupun bukankah kota yang terbesar. Kota terbesar di Turki adalah Istanbul yang rasanya juga lebih terkenal karena sering dijadikan obyek wisata oleh para sultan, horang kayah, dan artis berduit dari Indonesia.

Ada beberapa lagi negara yang ibu kotanya bukanlah yang terbesar, namun yang lainnya kurang terkenal dan ada juga perbandingan kotanya tidak terlalu jauh. Jika pemindahan IKN Indonesia lancar, maka Indonesia juga akan menjadi salah satunya. emoticon-Big Grin

Quote:
fadhilmuh255511
fadhilmuh255511 memberi reputasi
1
1.6K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.