• Beranda
  • ...
  • Electronics
  • Penting, Sadari Ini Dulu Sebelum Nafsu Membeli Smart Tv, U Harus Smart Juga!

iskrim
TS
iskrim
Penting, Sadari Ini Dulu Sebelum Nafsu Membeli Smart Tv, U Harus Smart Juga!


[ HT# 933 ]

Sebelum jauh saya jelaskan mengenai alasan kenapa kita perlu pertimbangkan matang-matang ketika ingin membeli smart tv saya perlu memberikan sedikit mengingatkan tentang smart tv dan tv konvensional. Kalau dilihat secara fisik nyaris tidak ada perbedaan; mengotak, berlayar datar, tapi smart tv untuk memaksimalkan pemakaiannya harus terhubung akses internet dan penangkap sinyal khusus.

Trend saat ini selain memang pemerintah mulai mengalihkan siaran tv dari analog ke digital fitur smart tv memang terlihat sangat menarik, kaya hiburan dan informasi, tidak tergantung lagi pada acara channel analog, dan pastinya tidak bisa disaingi oleh tv konvensional (tv biasa). Salah satunya adalah terkoneksi internet dan layanan streaming yang lagi booming.

Namanya juga produk manusia terlebih barang elektronik biasanya ada nilai plus minusnya. Tapi disini saya tidak akan membahas perihal minus dari perangkat hardwarenya tapi lebih kepada fitur smart tv itu sendiri.


PERTAMA
Quote:




Disini faktor keamanan dan kecerdasan pemilik smart tv diuji apakah dia benar-benar bisa memanfaatkan fitur ini hingga menutup celah agar data pribadinya tidak terbaca oleh orang yang berniat jahat, ada baiknya ketika berselancar internet jika terhubung memerlukan login dan password untuk masuk ke suatu halaman sebaiknya jangan lakukan, kita belum tahu seaman apa fitur smart tv ini dan keamanan teknologinya.

Mirisnya dan yang dikhawatirkan adalah pemakai smart tv orang yang tidak mengerti masalah privasi dan keamanan, tahunya punya tv keren yang bisa internet dan bisa pamer ke tetangga, padahal ada mata-mata sedang mengintai kelemahan dan ketidaktahuan kita akibat terburuk karena internet membuka akses siapa saja tanpa kita ketahui.


KEDUA
Quote:




Maka sebelum membeli smart tv fikirkan dulu apakah dirumah sudah memiliki akses internet, bagaimana kualitas internetnya apakah koneksinya lancar dan ngebut, apakah sudah memiliki router penangkap sinyal digital dan internet? Agar fitur smart tv bisa digunakan pastikan kamu telah memiliki router (semacam decoder) dalam paketan smart tv , kalau tidak ada maka smart tv mu hanya akan jadi pajangan di ruang tamu dan membuang uang saja.


KETIGA
Quote:




Namun satu ketidaknyamanan saat ini adalah pengoperasian perpindahan channel atau mengetikkan sesuatu tidak semudah pengoerasian ketika menggunakan smart phone. Menu pada remote smart tv belum didesain sebagai tombol qwertydan navigasi yang membingungkan. ini menyulitkan ketika kita akan berpindah halaman atau channel tertentu, terlebih ketika kita akan mengetikan sesuatu kata atau kalimat sangat merepotkan harus memencet beberapa kali tombol remote. Ribet!

Ketika kita ingin segera melakukannya pasti akan kesulitan dan semakin lama malas menonton lewat smart tv karena pengoperasiannya belum se smart fitur nya. Tentu terasa lebih nyaman menggunakan smartphone atau laptop saja dimana tombol dan navigasinya memang konsep memudahkan pengoperasian navigasi tidak seperti remote smart tv saat ini yang harus menekan tombol beberapa kali. Cape.

Remote smart tv hilang?
Makin wassalam deh!


KEEMPAT
Quote:




Meski harga smart tv perlahan semakin murah tapi pertimbangkan dengan matang apakah kita sudah benar-benar membutuhkannya. Mempertimbangkan seberapa sering kita tonton, tagihan bulanan, kepraktisan dalam pengoperasiannya tentu akan lebih nyaman dan praktis dengan smartphone atau laptop ditangan. Jangan sampai setelah membeli smart tv hanya di tonton seminggu sekali dan lebih sering berselancar dilayar smartphone. Smart tv hanya jadi pajangan.




Sebuah opini
Ref. Pengamatan ts
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 04-02-2022 02:03
goeltom25338186fadhilmuh255511bromocool
bromocool dan 47 lainnya memberi reputasi
48
21.1K
229
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Electronics
Electronics
icon
6.3KThread2.5KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.