wikwikah96Avatar border
TS
wikwikah96
Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now

emoticon-I Love Indonesia
Halo gan kali ini saya mau membahas sedikit tentang nama, lebih tepatnya nama orang-orang Indonesia zaman dulu vs zaman sekarang.
Tapi sebelum itu mari kita bicara sedikit tentang nama.

Seperti yang kita tahu nama menjadi salah satu identitas baik itu benda mati atau mahluk hidup, fungsinya sendiri tentu agar lebih mudah dikenali, memiliki penyebutan dan mempermudah komunikasi antar sesama jika untuk manusia.

Lantas sejak kapan manusia mulai memakai nama untuk penyebutan sesamanya ?

Jika berdasarkan tipologi sosio-politik yang di kemukakan oleh Elman service.
Quote:

Dapat kita simpulkan bahwa manusia mulai memberi nama atau penyebutan bagi sesamanya sejak zaman prasejarah saat sudah hidup berkelompok.

emoticon-Ngakak (S)
"Kira-kira nama orang zaman purba dulu gimana yak gan!"

Seiring berkembangnya zaman tiap kelompok manusia pasti memiliki tradisi tertentu, termasuk juga pemberian nama, salah satu contohnya di jepang.



Yak di jepang memiliki tradisi penamaan yg masih dibudayakan oleh sebagian besar masyarakatnya sampai sekarang, dimana tradisi itu adalah menggunakan nama keluarga sebagai nama depan dan nama belakang sebagai nama aslinya.

Misalnya saja seseorang yang bernama Tonaka Miyabi, itu berarti Tonaka adalah nama keluarganya dan Miyabi adalah nama aslinya.

Lalu apakah di Indonesia punya tradisi penamaan juga ?

Sejauh yang saya tahu sih kayaknya tidak ada tradisi penamaan yang dilakukan secara umum di seluruh wilayah Indonesia, kecuali di wilayah-wilayah tertentu seperti orangtua dari suku Batak Karo yang memberi nama anaknya sesuai dengan nama benda yang pertama kali dilihat saat anak tersebut lahir.

Contohnya seseorang yang bernama Kursi Singarimbun, Batu Tarigan, atau Meja Sembiring. Pemberian nama yg ada unsur benda itu di sisipkan sesuai dengan benda yg pertamakali di lihat oleh sang anak.

Beberapa wilayah lain juga menerapakan nama keluarga atau marga, dalam budaya batak dan minahasa misalnya, dimana nama marga ayah di wariskan secara turun temurun kepada anaknya.



Meski tidak memiliki tradisi penamaan khusus yang di lakukan secara umum, pemberian nama di Indonesia saya rasa cukup khas dengan daerahnya masing-masing, terkadang juga lewat nama kita bisa tahu dari mana orang itu berasal.

Presiden kita saat ini misalnya, bapak Jokowidodo melihat namanya saja kita pasti sudah bisa menebak dari mana asal beliau.
emoticon-I Love Indonesia (S)
Dan yak, seperti negara lain yang warganya memiliki nama yang khas dengan bahasa yg mereka gunakan, Indonesia juga warganya memiliki nama yang khas Indonesia banget.

Sayangnya pemberian nama yang Indonesia banget itu lambat laun mulai di tinggalkan.

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

emoticon-Kimpoi

Pemberian nama kepada anak memang hak semuah orang tua, saya tidak akan mengatakan bahwa memberi nama yang Indonesia banget itu lebih baik dari pada memberi nama yg berasal dari budaya negara lain, apalagi hanya untuk sekedar keren-keren.an aja dengan dalih masih memiliki arti yang bagus.

Saya hanya ingin mengingatkan bahwa jangan sampai anak anda menjadi korban keegoisan anda.

emoticon-Malu (S)
"Gk lucu kan kalo anak lu ntar di bully gegara namanya aneh, sok inggris, sok arab, ato sok kejepang-kejepangan padahal tu muka indo banget"

Dan yak itu aja, Terimakasih udah mangpir, jgn lupa koreksinya kalo ada ya salah gan.

emoticon-kisssing
Versi videonya gan

Refrensi
1,2,3,4
Spoiler for Bonus:
Diubah oleh wikwikah96 06-02-2022 01:41
anggrekbulan
davianjustice
kedaikopi99
kedaikopi99 dan 26 lainnya memberi reputasi
27
10.4K
231
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.