• Beranda
  • ...
  • Health
  • Canggih! Robot Ini Operasi Bedah Tanpa Bantuan Dokter

bajer.dinar212
TS
bajer.dinar212
Canggih! Robot Ini Operasi Bedah Tanpa Bantuan Dokter



Jakarta - Penggunaan robot di ruang operasi bukanlah hal yang baru. Sudah cukup banyak kasus di mana dokter menggunakan robotika tertentu untuk membantu operasi mereka terhadap para pasien.

Namun bagaimana jika suatu hari nanti robot ahli beda ini dapat menggelar operasi orang tanpa memerlukan bantuan atau bimbingan dari dokter?

Nah ini adalah sesuatu yang sedang diteliti oleh para peneliti di Universitas John Hopkins di Amerika Serikat. Mereka telah mengembangkan sistem yang disebut sebagai STAR atau Smart Tissue Autonomous Robot (Robot Otonom Jaringan Cerdas).

Dalam salah satu pengujian mereka, robot tersebut mampu melakukan prosedur pembedahan yang rumit pada hewan babi tanpa memerlukan bantuan manusia untuk membimbingnya, dan bahkan tampaknya robot tersebut melakukan pekerjaan yang lebih baik daripada manusia.

Operasi yang dimaksud adalah anastomosis usus kecil, di mana misalnya ujung usus disambungkan kembali jika diangkat untuk mengobati tumor, sebagaimana dilansir detiKINET dari Ubergizmo.

Bagian yang sulit dari operasi ini adalah bahwa kesalahan kecil dapat menyebabkan kebocoran tertentu dan karena ini adalah jaringan lunak, maka juga dapat bergerak sedikit.

Dengan menggunakan sistem STAR pada empat subjek babi, terlihat bahwa penjahitan dan jahitan robot lebih akurat dan konsisten daripada jika dilakukan oleh manusia serta tidak terdeteksi adanya kebocoran.

Mungkin perlu beberapa saat sebelum kita benar-benar melihat sistem STAR digunakan pada manusia, tetapi kedengarannya uji coba tersebut menjanjikan dan itu bisa menjadi masa depan menarik di dunia kedokteran yang mungkin dapat kita nantikan pada suatu hari nanti.





Sumber :

- https://inet.detik.com/cyberlife/d-5...bantuan-dokter

- https://www.cnet.com/
RianJanuarbromocoolandrah.aja
andrah.aja dan 11 lainnya memberi reputasi
12
5K
64
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.