• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Fakta Tentang Cara Semut Buang Hajat Dan Dimana Mereka Sembunyikan (Terungkap, Gan)

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Fakta Tentang Cara Semut Buang Hajat Dan Dimana Mereka Sembunyikan (Terungkap, Gan)


[ HT# 928 ]

Siapa tidak kenal hewan semut nan kecil, hitam dan hidup berkoloni ini kemungkinan lebih dulu ada sebelum manusia. Mereka memiliki kasta-kasta tertentu dan setiap kasta memiliki tugas dan bentuk fisik berbeda, setiap harinya mereka selalu sibuk mondar-mandir mencari serpihan makanan yang terjatuh atau sebagian lagi melayani ratunya. Semut juga mahluk hidup yang perlu buang hajat.

Yay, pertanyaannya bagaimana semut buang hajat? Seperti apa poopnya semut, dan dimana toilet mereka? Apakah sesuka mereka seperti hewan lainnya? Jawabannya tidak saudara, mereka selain disiplin dalam bekerja tetapi mereka ternyata juga disiplin dan bisa memanfaatkan poopnya untuk digunakan hal yang bermanfaat.

Sumber yang saya baca mengungkap seperti apa dan bagaimana semut mampu mendaur ulang poopnya agar bermanfaat kembali terutama buat koloni mereka. Ya, hasil dari pengamatan ahli semut per 'poop an' semut membuang kotorannya di setiap sudut sarangnya. Saking kecil poopnya bentuknya pun seperti bercak kecoklatan.



Sebagai pembuktian para peneliti melakukan eksperimen selama 2 bulan dengan membangun 21 sarang bersama semut yang jumlahnya sekitar 150 hingga 300 semut jenis Lasius Niger. Untuk mengetahui kemana pop semut dibuang para peneliti memberi air gula berwarna merah atau biru dan betul saja para semut salalu membuang hajat disetiap sudut ruangan atau sudut sarangnya, mereka mengumpulkannya di satu tempat sebagai 'toiletnya'.

Dalam jurnal pos di PLOS ONE, Czaczkes mengatakan, apa yang dilakukan semut terhadap kotorannya tidak lain sebagai pertahanan, untuk bahan bangunan, dan yang lebih mengejutkan lagi ternyata poopnya semut mereka jadikan semacam kompos yang kemudian diambil nutrisinya sebagai makanan larva semut muda, dan memanen jamur yang tumbuh diantara kotoran itu. Hm.



Meskipun penelitian dan eksperimen ini belum bisa disimpulkan 100% kebenarannya tentang manfaat poop bagi para semut. Menurut Czaczkes, ahli biologi dari Universitas Regensburg, Jerman mengatakan setidaknya kita jadi tahu kemana semut akan membuang hajat. "Manfaat poop semut itu sendiri sebenarnya akan menjadi tugas peneliti masa depan," tutupnya sambil tersenyum.




Sebuah opini
Ref. tkp
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 01-02-2022 08:14
aldirules1205
lovablenana
rachmansdk
rachmansdk dan 37 lainnya memberi reputasi
38
11.2K
105
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.