• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Sumber Bau Di Interior Mobil yg Jarang Orang Sadari (Cek Sekarang!)

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Sumber Bau Di Interior Mobil yg Jarang Orang Sadari (Cek Sekarang!)


[ HT# 930 ]

Orang lain tentu tidak nyaman apalagi kita pemilik mobil yang kurang merawat utamanya bagian interior yang bau. Selain tidak nyaman besar kemungkinan cara berkendara kita jadi terganggu kosentrasinya, berbahaya!

Penyebab aroma tidak sedap dibagian interior mobil umumnya ditimbulkan dari filter ac yang sudah saatnya diganti, dari asap rokok, sisa makanan yang lama tak dibersihkan, dan sisa pewangi yang sudah kadaluarsa sering terjadi.

Tapi tahukah kamu ada penyebab lain yang jarang kita ketahui dan sadari penyebab lain dari yang saya sebutkan diatas? Menurut sumber yang saya dapatkan aroma bau tidak sedap dalam interior mobil bisa disebabkan oleh:


MELUPAKAN SUMBERNYA

Ada mungkin disini yang saking malas atau joroknya membersihkan kotoran atau membersihkan ruang interior mobil saja tidak ada waktu. Kadang mereka melakukan tindakan menghilangkan bukan dari sumber penyebabnya, tapi justeru menghilangkannya dengan memberi pewangi, cara ini memang paling praktis menghilangkan bau tapi sifatnya sementara, setelah pewangi habis maka bau akan muncul kembali dan justru semakin berbahaya karena mungkin sudah timbul jamur dibeberapa sudut lipatan atau mengundang hewan masuk tanpa sepengetahuan kita.


SABUN CUCI

Meski sifatnya sama-sama membersihkan tapi kandungan dan karakter yang sedikit berbeda itulah kenapa sabun cuci piring tidak diperuntukan membersihan bagian interior mobil. Jika dipaksakan dan terjadi endapan sisa sabun yang menempel kelamaan akan menimbulkan bau dan noda, terlebih jika sabun menempel dan terlanjur meresap dibagian interior berbahan dasar kain akan makin sulit dilihangkan hanya dengan kain biasa.


BAKING SODA

Kok bisa? Bukannya banyak yang menyarankan pakai baking soda untuk membersihkan bagian kotor di interior mobil selain untuk kue dan kecantikan? Ya, tentu bersih kok tapi harus dengan penggunaan yang tepat dan bijak. Baking soda memiliki kandungan 100% natrium bikarbonat yang punya sifat basa dimana mungkin pada bagian interior tertentu kandungan ini justeru bereaksi menimbulkan bau tak sedap.



CAIRAN

Ya, salah satu sebab kenapa tiba-tiba aroma tidak sedap di interior mobil disebabkan oleh air. Sepengalaman teman saya waktu itu dia sudah membersihkan semua kotoran tapi bau tetap tidak hilang, tanpa sengaja dia mengangkat karpet beludru jok tengah dan menemukan air susu tumpahan dari botol anaknya. Air susu diserap oleh karpet beludru dan berhari-hari sebagian mengendap dibawah karpet.


TERJEBAK

Jok sobek dan berjamur bisa jadi sumber bau tak sedap yang tidak mudah dihilangkan. Cairan yang terjebak di dalam busa jok kelamaan akan menimbulkan jamur dan bau tidak sedap. Solusinya jok harus benar-benar dibersihkan atau diganti dan menjahit bagian jok yang sobek tadi

Etc.
Bonus tips dari saya cara paling praktis dan cepat (jika kita amat sibuk)

Air purifier mungkin bisa menghilangkan bau tapi tidak menghilangkan sumber masalahnya.

Di pagi hari atau sebelum mengemudi pastikan untuk membuka semua jendela mobil sekitar 5-10 menit agar udara yang terjebak didalam bisa berganti.




Sebuah opini
Ref. tkp
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 01-02-2022 08:15
Jazed
screamo37
davecchio
davecchio dan 21 lainnya memberi reputasi
22
6.5K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.