pilotugal2an541Avatar border
TS
pilotugal2an541
Disebut Bakal Bangkrut Setelah Talangi Dana Sirkuit Formula E Rp 70 Miliar


Suara.com - Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Widi Amanasto angkat bicara soal anggapan perusahaannya bakal bangkrut setelah memberikan dana talangan untuk pembuatan sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara. Ia menyebut Jakpro tidak akan kolaps meskipun mengeluarkan dana Rp 70 miliar itu.

Widi mengaku pihaknya sudah melakukan perhitungan matang sebelum menyanggupi pemberian dana talangan. Kondisi keuangan perusahaannya itu disebut Widi akan baik-baik saja.

"Insyaallah dengan perhitungan cashflow keuangan, kami sudah mempertimbangkan alokasinya," ujar Widi saat dikonfirmasi, Kamis (27/1/2022).

Terpisah, Corporate Communication Manager PT Jakpro, Melisa Suciati menyebut pihaknya tidak mengeluarkan dana Rp 70 miliar secara utuh. Pasalnya,  uang tersebut dikeluarkan secara bertahap sejak tahun 2019-2020 ketika musim lalu Formula E Jakarta dibatalkan karena Covid-19.

"Sebagiannya (penggunaan dana Rp70 miliar) adalah pengadaan material dan akan digunakan pada race tahun 2022," pungkasnya.

Sebelumnya, PT Jakpro disebut harus mengeluarkan dana korporasi sebagai talangan untuk mengerjakan sirkuit Formula E. Namun, tindakan ini dinilai akan membuat Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI itu akan bangkrut.

Hal ini dikatakan oleh Anggota Komisi B DPRD DKI fraksi PDIP, Gilbert Simanjuntak. Menurutnya, kemungkinan buruk ini bisa terjadi jika Jakpro gagal mendapatkan sponsor untuk ajang balap mobil listrik itu

"Dana korporasi keluar Rp70 miliar tentunya menimbulkan efek nyang sama ke JakPro, akan kolaps. Kalau gagal dilaksanakan dan swasta tidak ada yang ikut, maka uang JakPro akan hilang," ujar Gilbert saat dikonfirmasi, Kamis.

Menurut Gilbert, sebelum untuk Formula E, Jakpro juga pernah mengeluarkan dana talangan demi pembuatan Jakarta International Stadium (JIS) dengan nilai Rp80 miliar. Karena tindakan ini, Jakpro disebutnya hampir saja kolaps.

Mengatasi situasi itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) pun menggunakan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari Pemerintah Pusat untuk mengganti uang Jakpro. Pembangunan JIS bisa dilanjutkan dan Jakpro tak jadi bangkrut.

"Akhirnya dana PEN disetujui Komisi B agar pembangunan JIS bisa lanjut dan Jakpro tidak kolaps," kata Gilbert.

Karena itu, Gilbert khawatir nantinya tindakan mengeluarkan dana talangan untuk Formula E ini nantinya akan membawa Jakpro ke nasib yang sama.


"Rencana revenue Rp2,1 triliun untuk tahun 2022 hanya di atas kertas," pungkas Gilbert. 

sumber

akhirnya pake dana PEN lagi😑
Diubah oleh pilotugal2an541 28-01-2022 08:40
tepsuzot
sorken
snoopze
snoopze dan 15 lainnya memberi reputasi
16
4.1K
98
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.