• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Cara Aduk Kopi Ini Ternyata Berbahaya Bagi Tubuh Loh, Gan! (Banyak yg Gak Sadar)

iskrim
TS
iskrim
Cara Aduk Kopi Ini Ternyata Berbahaya Bagi Tubuh Loh, Gan! (Banyak yg Gak Sadar)


[ HT# 925 ]

Kopi menjadi minuman favorit diantara minuman lain bagi remaja hingga orang tua. Kandungan senyawa heterosiklik yang ada pada biji kopi (memengaruhi rasa dan bau suatu makanan atau minuman) membuat kopi semakin nikmat diseduh kapanpun.

Seperti kita tahu, sajian kopi ada berbagai macam tapi yang paling umum adalah kopi instan, 'kopi-kopian' yang dijual produsen dalam bentuk kemasan sachet begitu populer dikalangan masyarakat karena mudahnya dalam penyajian dan murah, tentu saja.

Cukup tiga tahapan dalam menyajikannya, pertama dengan menyobek kemasan sachetnya, kedua menuangkan ke dalam gelas, dan terakhir menuangkan air panas lalu tinggal diaduk, selesai.

Lalu dimana bagian bahayanya seperti yang saya sebutkan pada judul tulisan kali ini? Tak lain adalah pada bahan pengawetnya, pemakaian setelah masa kadaluwarsa berakhir dan yang jarang orang sadari adalah bagian kemasan itu sendiri.



Kok bisa bagian kemasan berbahaya, ya karena beberapa orang karena saking ingin instannya (atau saking bertambah malesnya) menjadikan kemasan sachet ini sebagai sendok untuk mengaduk kopi sachet tadi dalam kondisi air masih panas.

Ya, kemasan sachet ini kita tahu terbuat dari bahan dasar plastik dan bagian luarnya terdapat cetakan gambar dari produsen, dimana keduanya ini akan mudah bereaksi apabila terkena air panas diwaktu yang cukup lama.

Kita tidak tahu kualitas kemasan dan cetakan yang dibuat produsen kopi atau minuman dengan kemasan sejenis apakah memang dibuat tahan air panas atau tidak, karena setahu saya kemasan sachet ini hanya berfungsi sebagai wadah saja, bukan multifungsi menjadi sedok darurat!

Bahan plastik menjadi salah satu kemasan berbahaya apabila tidak memenuhi syarat penggunaannya, terlebih dilakukan tidak sesuai anjuran pakainya. Bahayanya polimer-polimer pada kandungan plastik bisa terlepas dan masuk ke dalam produk panganan, dan bahan kimia pada cetakan ikut bereaksi akibatnya pasti berbahaya bagi tubuh manusia terutama organ ginjal.


Pakai jari dong, lebih aman emoticon-Gila

Kita tidak tahu kemasan sachet itu apakah sudah memenuhi nilai kualitas sajian kemasan jenis PET (1) atau tidak. PET (1) adalah kelayakan penyajian berbahan dasar plastik yang paling aman, karena tahan terhadap suhu panas tinggi hingga 200 derajat celcius.

Ingin mendapat nikmat secangkir kopi tapi malah menambah masalah kesehatan akibat cara penyajian yang tidak tepat. Udah kopinya kopi instan ngaduknya juga maunya instan pula pakai kemasannya jadi sendok, haduuuhh. Mulai sekarang ubah kebiasaan buruk ini, ya gan!




Sebuah opini
Ref. tkp1, tkp 2
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 28-01-2022 08:12
cattleyaonlytrifatoyahleoangelo00
leoangelo00 dan 23 lainnya memberi reputasi
24
10.6K
124
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.