• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Inilah Alasan Parkir Mundur Lebih Baik Saat Di Mall Dan Keramaian

iskrim
TS
iskrim
Inilah Alasan Parkir Mundur Lebih Baik Saat Di Mall Dan Keramaian


Memarkirkan kendaraan motor atau mobil memang membutuhkan cara dan teknik yang benar agar hasilnya aman, tertib, dan rapih. Berbeda dengan motor yang mungkin tinggal menarik behel kalau kurang lurus, kendaraan lebih besar seperti mobil apalagi truk butuh waktu, skill, dan pembiasaan.

Kita pasti sering melihat bagaimana mobil parkir di mall, perkantoran, dan ditempat keramaian umumnya menggunakan teknik mundur bukan parkir dengan cara kepala masuk duluan, rupanya ini beralasan dan kata teman saya ini membedakan si pemula dan profesional.

Masuk parkir dengan cara kepala masuk duluan atau parkir maju memang praktis dan lebih mudah dilakukan itulah mengapa cara ini banyak digunakan orang yang belum terbiasa atau masih pemula, tapi cara ini sebetulnya memiliki kekurangan besar seperti membutuhkan waktu lebih banyak saat akan keluar, blind spotlebih besar terutama diposisi belakang mobil (meski mungkin ada kamera), posisi parkir maju cenderung miring tidak lurus rapih, jika parkiran sempit akan rawan senggolan dengan mobil parkir di sebelah kanan atau kirinya, jika bagasi penuh maka blind spot semakin besar lagi.


Kelemahan parkir mundur juga tidak sigap jika ada kendaraan lain yang bergerak cepat, ada hewan, atau anak kecil dibelakang yang tidak terpantau kaca spion atau kamera belakang.

Meski memang tidak ada peraturan khusus yang dikeluarkan oleh dinas perhubungan ataupun undang-undang lalulintas tapi parkir mundur memang banyak memiliki kelebihan. Untuk itu bagi pemula dibutuhkan pembiasaan agar mendapatkan manfaat lebih besar.

Teknik parkir mundur memang dibutuhkan skill, ketepatan mengambil posisi dan sudut putaran tapi masih lebih mudah dibanding teknik parkir paralel, beruntung parkir paralel sangat jarang ditemukan di mall atau keramaian karena akan memakan ruang lebih luas, butuh waktu lebih lagi banyak bagi yang belum terbiasa.



Nih, gan keuntungan yang didapat ketika mobil parkir dengan cara mundur: akan lebih aman membuka bagasi dari pencurian (barang belanjaan?) karena umumnya terdapat dinding belakang, saat akan keluar jadi lebih mudah mengawasi keadaan sekitar baik dari sisi kiri dan kanan terutama bagian depan, lebih mudah dan cepat mengambil ancang-ancang ketika kita ingin bergegas atau di kondisi darurat, dan pengemudi juga lebih cepat mengambil haluan mobil yang tepat ketika berada di parkiran yang ruangnya sempit.

Uniknya meski cara parkir mundur ini sering dilakukan menurut sumber yang saya baca cara ini umumnya hanya ditemukan di negara asia atau negara berkembang yang penduduknya lebih padat daripada negara Eropa, Amerika, dan Australia.


Parkir maju bisa dilakukan bila layout parkir mendukung dan area lebih luas.

Jadi meskipun tidak aturan yang mewajibkan parkir harus mundur ditempat keramaian maka demi kenyamanan bersama, keselamatan berkendara lebih baik tetap membiasakan diri untuk parkir mundur saja, kecuali memang lahan parkir luas seperti dinegara-negara eropah akan bebas melakukannya, mau maju atau mundur tapi tetap harus tertib dan rapih.

Dan ketika semua parkir terlihat seragam, tidak terlihat amatiran, tentu juga akan lebih rapih dan seragam, dan mudah juga mengetahui letak mobil kita ada dimana.




Sebuah opini
Rer. tkp
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 26-01-2022 05:48
goodybragblack.roboalphajoe.
alphajoe. dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2.7K
19
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.