legend712Avatar border
TS
legend712
Cerita Pilu di Balik Keindahan Hawaii


Dalam film, biasanya hawaii identik dengan sosok perempuan yang menari tarian hula.
Kepulauan yang berada di kawasan Oseania ini baru menjadi negara bagian Amerika Serikat pada 21 Agustus 1959, dan menjadi satu-satunya negara bagian yang terpisah dari benua Amerika.
Adapun penduduk asli di sana adalah suku Hawai'i, keturunan pelaut Polinesia. Kemudian, pada 10 Januari 1778, untuk pertama kalinya penduduk Hawaii berkontak langsung dengan pendatang Eropa, James Cook, seorang penjelajah Inggris, yang gemar melakukan ekspedisi ke berbagai belahan dunia.

Konten Sensitif

Kerajaan Hawaii

Di akhir abad ke-18, terjadi perang antar kepala suku yang disebabkan oleh ambisi untuk memperebutkan kekuasaan kerajaan. Kala itu, kepala suku yang menanglah yang berhak menjadi penguasa Hawaii.

Setelah melewati masa perang, terpilih satu kepala suku yang akan menjadi penguasa Hawaii, yang kini dikenal sebagai Raja Kamehameha Agung, pendiri Dinasti Kamehameha di tahun 1795.

Kala itu, untuk mendirikan Kerajaan Hawaii, Raja Kamehameha bersama beberapa pelaut Inggris seperti Alexander Adams dan John Young, mendapat persenjataan modern khas negara barat.

Di masa kekuasaannya, gula menjadi komoditas yang paling makmur. Pada 1810 ia juga berhasil menyatukan suku-suku di Kepulauan Hawaii, mengembangkan persahabatan dengan berbagai kekuatan besar di Samudera Pasifik, mempertahankan kemerdekaan, serta memelihara kemakmuran dan perdamaian di Hawaii.

Memasuki 1887, banyak orang Amerika yang berdatangan, dan secara perlahan menggeser sistem kerajaan menjadi sistem monarki konstitusional yang menguntungkan pengusaha liberal.

UU Tarif

Di samping itu, pada tahun 1890, kemakmuran Hawaii juga mulai terganggu lantaran adanya Undang-Undang Tarif McKinley, yang memberlakukan tarif tinggi pada setiap gula impor yang masuk ke Amerika. Hal ini bertujuan untuk menghentikan impor gula dari luar agar penjualan gula lokal tidak menurun.

Sekelompok ekspatriat Amerika Serikat pun memiliki ide licik untuk menggabungkan kepulauan Hawaii dengan Amerika Serikat. Oleh karenanya mereka mengatur strategi untuk menggulingkan kekuasaan kerajaan.

Tiga tahun berselang, tepatnya pada 17 Januari 1893, angan-angan mereka terealisasi. Warga asing yang menetap di Honolulu, yang mayoritas adalah warga Amerika Serikat, melakukan kudeta terhadap Ratu Liliuokalan ke pulau Oahu.


Ratu Liluonakalani, raja terakhir Hawaii


Para warga bersama armada Angkatan Laut Amerika USS Boston, Marinir Amerika, dan kapal swasta lainnya. Ratu Liliuokalani, berusaha keras dengan berbagai upayanya untuk mengembalikan eksistensi Hawaii.

Kudeta

Namun pada akhirnya sekelompok orang Amerika Serikat itu berhasil menggulingkan kekuasaannya. Lantas mereka langsung mendirikan Pemerintahan Sementara Hawaii yang kemudian berubah menjadi Republik Hawaii.

Angan-angan ini terwujud di tahun 1898. Di tahun itulah Hawaii mulai menjadi negara bagian Amerika Serikat ke-50, dengan Sanford Dole sebagai gubernur Amerika pertama.
Nasib pilu Ratu Liliuokalani. Bahkan hingga tahun 1917, menjelang kematiannya, ia terus berupaya mencari dukungan demi mengembalikan eksistensi kerajaannya. Namun hal itu terasa sia-sia.

Setelah menjadi bagian Amerika Serikat di tahun 1898, Ratu Liliuokalani membuat sebuah lagu “perpisahan” berjudul Aloha ‘Oe. Versi lainnya mengatakan bahwa lagu ini pernah dinyanyikan sang ratu ketika mengunjungi Amerika di tahun 1877 – 1878.

Ia sengaja menulis lagu ini ketika melihat sepasang kekasih saling berucap selamat tinggal di bawah temaran cahaya bulan.

Akhirnya, pada 21 Agustus 1959, barulah Hawaii resmi menjadi negara bagian Amerika Serikat ke-50.

Sumber Disini gan !!

p3nnywise
muhamad.hanif.2
drenovsky
drenovsky dan 14 lainnya memberi reputasi
15
6.2K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.