• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ternyata, Inilah Makna dan Asal Mula Pemberian Nama Ikan CUPANG di Indonesia

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Ternyata, Inilah Makna dan Asal Mula Pemberian Nama Ikan CUPANG di Indonesia


[ HT# 917 ]

Ikan Cupang (Betta sp.) tahun lalu sempat menjadi hewan favorit anak-anak sampai orang dewasa. Saking populernya memelihara ikan Cupang otomatis ikut terkatrol juga harga jual per ekornya, bahkan tidak sedikit yang jadi peternak Cupang dadakan.

Ikan Cupang hewan carnivora terbilang agesif sekaligus cantik juga memiliki daya tahan hidup yang kuat diberbagai kondisi suhu air tawar ini menjadi petarung yang hebat karena sifat alami menjaga teritorialnya.

Menurut oom Wiki, ikan Cupang dibagi jadi 3 jenis yaitu ikan Cupang hias, ikan Cupang aduan, dan ikan Cupang liar banyak hidup di Thailand, Malaysia, dan Vietnam, dan kabar baiknya ternyata di Indonesia sendiri memiliki jenis ikan Cupang asli, salah satunya yaitu Betta Channoides yang ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur.


Betta Channoides

Nah, berbicara ikan Cupang yang memiliki penggemar nyaris tidak lekang oleh waktu dan trend sesaat ini menurut pak Jayasi pedagang ikan hias di daerah saya memang selalu digemari, tapi rata-rata mereka menyukai jenis hias dan aduan, nyaris tidak mengenal musim termasuk soal makanan juga selalu ada permintaan terutama cacing darah dan kutu air.

Dan pada sebuah kesempatan tepatnya kemarin sore sewaktu saya membeli pakan ikan Koki peliharaan saya pernah bertanya kepada pak Jayasi (usianya sekitar 70an) yang sudah puluhan tahun berdagang ikan hias di dekat rumah mengenai asal usul ikan Cupang ini, terutama asal muasal nama Cupang berasal.



"Nama Cupang itu yang menamai orang kampung sini (maksudnya orang Jakarta dan turunan orang Jawa ), beda kalau di daerah lain biasanya ada yang beda sebutan, ", "Cupang, karena dihabitat alaminya suka makan enCu (larva jentik nyamuk) dan Pang (PANGanane (Jawa)= makanannya)".

Jadi kalau enCU dan PANG berarti enCUPANGanane = ikan yang makanannya jentik nyamuk.

Nah, nama enCu tadi sebutan biasa bagi orang Jakarta yang sekarang kita kenal sebagai jentik nyamuk yang sering kita temui di air bersih dan kotor, yang jika dewasa akan berubah menjadi nyamuk. Hm.



Bagi kamu yang sering menemui bak kamar mandi terdapat jentik nyamuk daripada diberi pemberantas nyamuk berbahan kimia lebih baik masukan saja seekor ikan Cupang yang menjadi predator alaminya. Tunggu 5 - 10 menit telur dan jentik nyamuk akan habis dilahapnya.

Jika bak kamar mandi ukuran 1 x 0.5 meter bisa masukan ikan Cupang 1 ekor. Kotorannya pun terbilang amat sedikit sekali, air tidak akan amis, bahkan nyaris tanpa perawatan ikan. Jika jentik nyamuk telah habis dimakannya kamu bisa membiarkannya atau pindahkan kembali ke tempat asalnya.



Ternyata, setelah puluhan tahun saya mengenal ikan Cupang baru tahu sekarang arti atau kepanjangan nama ikan ini. Dan akhirnya saya bisa tidur dengan pulas dan bisa mimpi indah bersama dewi impian.




Sebuah opini
Ref. Bpk Jayasi (pdg. ikan), wikiipedia
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 24-01-2022 16:12
jarankepang666
EriksaRizkiM
zerauw
zerauw dan 23 lainnya memberi reputasi
24
8.6K
73
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.