• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Terjebak di Dalam Gua dan Strategi Untuk Bertahan Hidup di Dalamnya

Third.Reich
TS
Third.Reich 
Terjebak di Dalam Gua dan Strategi Untuk Bertahan Hidup di Dalamnya



Halo agan-agan penghuni alam semesta, dimanapun agan berada. Mengisi waktu liburan dengan bepergian dan berpetualang menjelajahi tempat - tempat di alam liar yang belum terjamah manusia tentu bisa menjadi sebuah pilihan aktivitas yang menyenangkan. Selain menambah wawasan baru tentang destinasi yang kita jelajahi, kita juga bisa menambah pengalaman dan tantangan dalam sebuah penjelajahan.

Selain hutan, laut dan gunung, gua juga menjadi salah satu lokasi yang seru dan menarik untuk dijelajahi. Memahami bagaimana proses geologi yang terjadi dan yang membentuk keindahan sistem stalaktit dan stalagmit di dalam Gua bisa menjadi sebuah pengalaman yang unik.

Akan tetapi perlu diketahui juga, selain keindahan, alam juga menyimpan bahaya yang juga sama banyaknya dengan keindahan yang ditunjukkan. Mungkin agan-agan sudah banyak yang pernah menonton film yang satu ini.


Spoiler for :


Film yang menceritakan tentang petualangan sekelompok cewek-cewek tangguh penjelajah gua ini juga menyajikan kengerian tersendiri. Bagaimana jika skenario dalam film itu menimpa kita ? bagaimana jika kita tersesat di dalam sebuah sistem gua, jauh di dalam tanah ? apa saja bahaya yang mengancam jika kita mengalami malapetaka semacam itu ? dan apa yang harus kita lakukan untuk bertahan hidup ?


Spoiler for cave:


Faktanya, skenario seperti di film The Descent pernah terjadi di kehidupan nyata. Pada bulan Juli 2018, seluruh mata di dunia terpaku pada Thailand. Semua orang menunggu dan berharap ada kabar baik dari proses evakuasi 12 anak dari sebuah klub sepak bola beserta pelatihnya yang terperangkap di dalam sebuah Gua Tham Luang di Chiang Rai, Thailand selama lebih dari satu minggu. Setelah proses evakuasi yang berlangsung dramatis, akhirnya semua korban berhasil ditemukan dalam kondisi selamat.


Konten Sensitif













Namun tragedi yang lebih mengerikan terjadi pada tahun 2009. Ketika John Edward Jones mengunjungi Nutty Putty Cave bersama dengan saudaranya Josh dan 11 orang lainnya pada bulan November 2009. 



Malapetaka itu bermula ketika John salah mengambil rute di dalam gua, ia menempuh rute yang tidak ada di peta, tepatnya di dekat “Ed’s Push”. Mengira ia melihat celah yang cukup besar di sisi seberang, John mencoba masuk dengan kepalanya dahulu ke dalam celah sempit di bebatuan dan berniat untuk memutar tubuhnya, celakanya ia malah terjepit dalam celah sempit itu dalam kondisi terbalik dengan sudut kemiringan 70 derajat. 







Konten Sensitif



Berlomba dengan waktu, upaya penyelamatan berlangsung selama lebih dari 27 jam dan melibatkan 137 orang ahli, relawan dan mereka yang terus berdatangan ke lokasi gua demi mencari alternatif untuk mengeluarkan John yang mulai kehilangan kesadaran ketika semua darahnya mengalir ke kepalanya dan menyebabkan stres pada jantungnya. Istrinya juga tidak henti-hentinya memberikan dukungan lewat walkie-talkie yang dibawa tim penyelamat untuk diperdengarkan kepada John agar John tetap sadar sementara tim penyelamat berusaha mengeluarkan dirinya.





Namun malangnya nasib John, setelah lebih dari 24 jam upaya penyelamatan itu tidak membuahkan hasil, para penyelamat masih kesulitan untuk mengeluarkan John dari celah itu, dan John akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya dalam kondisi yang mengenaskan. Jasad John pun tidak dapat dievakuasi dan dibiarkan apa adanya, tetap terjepit di celah bebatuan gua.



Tragedi itu terjadi selang sebulan setelah Nutty Putty Cave dibuka untuk umum, dan karena terjadi tragedi yang menewaskan John itu akhirnya celah yang menjadi pintu masuk menuju Nutty Putty Cave pun dibeton, disegel selamanya untuk menghindari rasa penasaraan yang lebih besar lagi dan mencegah jatuhnya korban jiwa. Sebuah batu nisan untuk mengenang John juga dipahat di pintu masuk gua ini.







Pada akhirnya, itulah beberapa tips yang bisa agan lakukan jika menghadapi masalah dalam petualangan agan menjelajahi gua-gua di bawah permukaan Bumi. Berpetualang memang menyenangkan dan menantang untuk dilakukan, tapi jangan sampai lengah terhadap keadaan sekitar. 

Kisah-kisah memilukan yang terjadi hendaknya bisa kita jadikan referensi agar selalu berhati-hati dan selalu waspada ketika melakukan petualangan dan penjelajahan.

Dan perlu diingat ! Jangan pernah melakukan penjelajahan ke dalam gua sendirian, 4 orang adalah batas minimal untuk berjaga-jaga jika terjadi kondisi darurat, serta SELALU dan SELALU…informasikan kepada orang-orang yang ada di permukaan tentang kemana tujuan agan, lokasinya di mana, pergi dengan siapa, berapa orang dan kapan agan akan kembali.



IF YOU THINK ADVENTURE IS DANGEROUS,
TRY ROUTINE.. IT'S LETHAL


Demikian trit singkat dari ane gan. Jika ada agan-agan yang ingin menambahkan tips-tips lainnya jangan ragu untuk menulisnya  di kolom komentar.

Terima kasih sudah mampir dan membaca.

Dan semoga bermanfaat.

Sumur : Tulisan TS dan beberapa referensi

Ref 1Ref 2Ref 3Ref 4

Diubah oleh Third.Reich 18-01-2022 03:56
Dogfacedgodsulermaboqiskrim
iskrim dan 17 lainnya memberi reputasi
18
5.5K
89
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.