samsol...
TS
samsol...
Pidato Lawas Anies: Sebelum Indonesia Ada, Keturunan Arab Sudah Deklarasi Tanah
Pidato Lawas Anies: Sebelum Indonesia Ada, Keturunan Arab Sudah Deklarasi Tanah Airnya Indonesia

Terkini.id, Jakarta – Sebuah video yang memperlihatkan pidato lawas Anies Baswedan menyebut keturunan Arab sudah mendeklarasikan Tanah Air mereka Indonesia sebelum Indonesia ada, viral di media sosial.

Video pidato lawas Anies Baswedan soal deklarasi keturunan Arab di Indonesia itu viral usai diunggah pengguna Twitter _AnakKolong, seperti dilihat pada Kamis 20 Januari 2022.

Dalam narasi cuitannya, netizen itu menyinggung kembali sebuah buku yang menyebut Tan Malaka merupakan konseptor pertama negara Republik Indonesia.


“AGAR TAK LUPA | “Naar de Republiek Indonesia”- karya yg mengukuhkan peran Tan Malaka sebagai konseptor pertama negara Republik Indonesia. Buku ini terbit th.1925 atau 3 th. sebelum Sumpah Pemuda 1928. WNI Keturunan Arab dalamm video ini : Jangankan dia bicara, diamnya pun dusta,” cuit netizen _AnakKolong.


Dilihat dari video itu, tampak Anies Baswedan tengah menyampaikan pidato di depan Habib Rizieq Shihab (HRS) dan sejumlah jamaah.

Ia pun lantas menceritakan bahwa dulunya orang tuanya adalah pendiri Partai Arab Indonesia atau PAI. Partai itu telah mendeklarasikan tanah air mereka adalah Indonesia.

“Kami tuh dulu orang tua kita pendiri PAI, Partai Arab Indonesia. Partai itu mendeklarasikan, satu Tanah Airnya Indonesia,” ungkap Anies Baswedan.

Menurut Anies, orang-orang keturunan Arab di partai tersebut pada tahun 1934 sudah mendeklarasikan bahwa tanah air mereka adalah Indonesia sementara saat itu Indonesia belum berdiri.

“Bapak-bapak sekalian, orang Arab mengatakan tanah airnya Indonesia tahun 34. Tahun 34 (mereka) nekat. Apa Indonesia sudah ada? Belum,” tuturnya.

Menurutnya, pernyataan deklarasi orang-orang keturunan Arab di PAI itu adalah hal yang nekat lantaran jika Indonesia tidak berdiri mereka pastinya akan menanggung risiko.

“Kalau orang Jawa mengatakan saya Indonesia, ternyata Indonesia tidak terjadi dia tetap Jawa. Nah ini orang Arab mengatakan saya Indonesia barangnya belum ada. Kalau Indonesia gak jadi, mau mengaku orang Jawa gak bisa, mau mengaku Arab ente sudah bilang Indonesia. Cari aja sana Indonesia di mana,” kata Anies.

Anies Baswedan pun dalam pidato lawasnya itu kembali menegaskan bahwa orang-orang keturunan Arab sudah bersumpah kepada Tanah Air sebelum Indonesia ada.

“Mereka itu menyatakan sumpah pada tanah air Indonesia sebelum Indonesianya ada,” ujarnya.


https://makassar.terkini.id/pidato-l...nya-indonesia/

Abud...abudemoticon-Leh Uga
Quote:


emoticon-Cool
Diubah oleh samsol... 20-01-2022 12:13
SinkholeviniestRyoEdogawa
RyoEdogawa dan 39 lainnya memberi reputasi
40
4.3K
153
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.