Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/537c251dfcca178351000043/asal-usul-kain-batik
Selamat Pagi, siang, sore maupun malam gan! Disini saya selaku kaskuser Regional Salatiga (tidak ada) ingin membagikan asal usul kain tradisional yaitu kain Batik. Langsung TTP alias To The Point yuk! :ngacir NB : Karena ini lumayan banyak, silahkan CTRL+R gan! Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kai
Lapor Hansip
21-05-2014 11:01

Asal Usul Kain Batik

Selamat Pagi, siang, sore maupun malam gan!

Disini saya selaku kaskuser Regional Salatiga (tidak ada) ingin membagikan asal usul kain tradisional yaitu kain Batik.

Langsung TTP alias To The Point yuk! emoticon-Ngacir

NB : Karena ini lumayan banyak, silahkan CTRL+R gan!

Tentang Batik


Arti Kata "Batik"


Sejarah Teknik Batik


Budaya Batik


Corak Batik


Cara Pembuatan


Jenis Batik


Macam - Macam Gambar Batik


SUMUR!


Demikian yang bisa saya sampaikan gan!

Mengharapkan,


Ini Juga Boleh,


Terlebih ini,
0
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
52K Anggota • 911.4K Threads
Asal Usul Kain Batik
21-05-2014 11:05
menarik ketika aku membaca tulisan Perbedaan motif ini biasa terjadi dikarnakan motif-motif itu mempunyai makna, maksudnya bukan hanya sebuah gambar akan tetapi mengandung makna yang mereka dapat dari leluhur mereka, yaitu penganut agama animisme, dinamisme atau Hindu dan Buddha. bisa dijelaskan lebih rinci om ts?
oh iya lupa, bukannya kota batik itu pekalongan eaemoticon-Bingung (S)
0 0
0
Asal Usul Kain Batik
21-05-2014 11:12
oh gitu ya sejarahnya
0 0
0
Asal Usul Kain Batik
21-05-2014 11:13
Kain batik kain tercantik seduniaemoticon-I Love Indonesia
indoneisa harus banggaemoticon-Big Grin
emoticon-rose
0 0
0
Asal Usul Kain Batik
21-05-2014 11:15
Orang indonesia bangga punya batik
nice trit gan!
0 0
0
Asal Usul Kain Batik
21-05-2014 11:16
Quote:Original Posted By .il[ sensor
li.;537c26114907e78c728b4599]menarik ketika aku membaca tulisan Perbedaan motif ini biasa terjadi dikarnakan motif-motif itu mempunyai makna, maksudnya bukan hanya sebuah gambar akan tetapi mengandung makna yang mereka dapat dari leluhur mereka, yaitu penganut agama animisme, dinamisme atau Hindu dan Buddha. bisa dijelaskan lebih rinci om ts?
oh iya lupa, bukannya kota batik itu pekalongan eaemoticon-Bingung (S)


Iya, saya tau. Pekalongan itu kota batik emoticon-Smilie Tapi masih ada juga kok kota-kota lain yang dibilang kota batik emoticon-Smilie Misalnya Jogjakarta, Solo, Pekalongan, Salatiga dan lain-lain. Betul di motif ini itu ada makna yang sangat berarti! Dan dari motif batik itu ada filosofi dibaliknya. Misalnya saya ingin membuat batik tulis, saya sedang mengharapkan sebuah bahagia. Itulah filosofi dari batik yang saya buat. Hehehe, maaf kalau berbelit-belit. Ngomong-ngomong anda pertamax lho !

0 0
0
Asal Usul Kain Batik
21-05-2014 11:19
Quote:Original Posted By stresskerss.
Kain batik kain tercantik seduniaemoticon-I Love Indonesia
indoneisa harus banggaemoticon-Big Grin
emoticon-rose


Betul sekali!
Indonesia Jaya!
Indonesia Raya!
Cendol dong gan!
0 0
0
Asal Usul Kain Batik
21-05-2014 11:20
ane gak kuat baca semuanya gan emoticon-Ngakak
0 0
0
Asal Usul Kain Batik
21-05-2014 11:20
Banggan sama batik asli indonesia gan emoticon-Cendol (S)
0 0
0
Asal Usul Kain Batik
21-05-2014 11:20
coba gan di buat lebih simple lagi tritnya supaya enak dibaca
0 0
0
Asal Usul Kain Batik
21-05-2014 11:25
Quote:Original Posted By CG123
coba gan di buat lebih simple lagi tritnya supaya enak dibaca


Siap gan!
Tapi yang dimaksud di simple-kan lagi bagaimana ya?
Terimakasih telah mengunjungi thread saya.
Cendol gan!
0 0
0
Asal Usul Kain Batik
21-05-2014 11:30
panjang amat baca semuanya.
tapi kira2 anak gaul sekarang berani ga ya make batik pas hangout. tentunya dengan modifikasi yang pas.

abis batik cuma ngetrennya hari jumat, kondangan, acara resmi, kartini. harusnya jadi pakaian kebanggaan sehari-hari gan.



0 0
0
Asal Usul Kain Batik
21-05-2014 11:36
Quote:Original Posted By turn2u
panjang amat baca semuanya.
tapi kira2 anak gaul sekarang berani ga ya make batik pas hangout. tentunya dengan modifikasi yang pas.

abis batik cuma ngetrennya hari jumat, kondangan, acara resmi, kartini. harusnya jadi pakaian kebanggaan sehari-hari gan.





Iya, pasti anak gaul bilang,
"Ah, apaan itu batik, gak keren. Kerenan pake jaket kulit dan hem..."

Perlu nya itu dicontoh pemerintahan Surakarta a.k.a. Solo. Tiap hari pasti pakai batik, dan batiknya pun yang laki-laki harus lengkap. Beskap, blangkon, dan jarik.

emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Asal Usul Kain Batik
21-05-2014 11:40
ada sejarahnya juga yah emoticon-Matabelo
0 0
0
Asal Usul Kain Batik
21-05-2014 11:48
Quote:Original Posted By AtheisBoy
ada sejarahnya juga yah emoticon-Matabelo


Betul tu, betul.. emoticon-Ngakak
Cendolnya emoticon-Big Grin emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0 0
0
Asal Usul Kain Batik
21-05-2014 12:02
klo mnurut ane batik asli indonesia.. seperti juga wayang. kenapa sih orang indonesia selalu punya mindset klo kita gak punya sesuatu yang asli dan dihubung2kan dengan bangsa asing dan bangga klo mendapatkan pngaruh dari bangsa asing??.. emangnya indonesia gak punya sesuatu yang asli? apakah leluhur kita sebodoh itu?? ini adalah mindset yang salah..
Diubah oleh bethabara
0 0
0
Asal Usul Kain Batik
21-05-2014 12:04
Berarti kalo di artikan .. Batik itu menulis titik emoticon-Big Grin tapi sekarang udah keren-keren motifnya emoticon-Big Grin
0 0
0
Asal Usul Kain Batik
21-05-2014 12:14
Quote:Original Posted By kaskus.salatiga


Iya, saya tau. Pekalongan itu kota batik emoticon-Smilie Tapi masih ada juga kok kota-kota lain yang dibilang kota batik emoticon-Smilie Misalnya Jogjakarta, Solo, Pekalongan, Salatiga dan lain-lain. Betul di motif ini itu ada makna yang sangat berarti! Dan dari motif batik itu ada filosofi dibaliknya. Misalnya saya ingin membuat batik tulis, saya sedang mengharapkan sebuah bahagia. Itulah filosofi dari batik yang saya buat. Hehehe, maaf kalau berbelit-belit. Ngomong-ngomong anda pertamax lho !



Quote:Batik jawa banyak berkembang di daerah Solo atau yang biasa disebut dengan batik Solo.

kalo saya lebih suka batik banyak berkembang di pekalongan om, makanya pekalongan disebut kota batik emoticon-Hammer
pendapat pribadi aja sih emoticon-Hammer

oiya om, mengenai motif batik nih.. kan ada banyak ya.. misalnya aja motif batik sido mukti, atau motif parang klitik. apakah beneran ada maksud yang terkandung di dalam penggambaran sebuah motif?

menariknya lagi adalah
Quote:G.P. Rouffaer juga melaporkan bahwa pola gringsing sudah dikenal sejak abad ke-12 di Kediri, Jawa Timur.

tradisi yang sangat tua, tapi saya yang berasal dari kediri baru tahu kalo gringsingan sudah ada di sini berabad2 silam. kalau benar sudah dikenal pada abad 12, berarti sejaman dengan masa keemasan kerajaan Kadiri Panjalu.

Quote:Original Posted By model gringsing
Asal Usul Kain Batik
Asal Usul Kain Batik
Asal Usul Kain Batik


iya kok bisa pertamax ya
heheheemoticon-Ngakak
0 0
0
Asal Usul Kain Batik
21-05-2014 13:20
lah awalnya malah dari mesir emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Asal Usul Kain Batik
28-05-2021 13:16
Nice. Ternyta panjang sekali ya gan sis dan kita sebagai ank mida sudah seantasnya untuk menguri uri budaya jawi agr batik tetap lestari dan berkembang
0 0
0
Post ini telah dihapus
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia