News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
64
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61cef9c9171437573868a75d/maisanta-yzr---kendaraan-tempur-dengan-cita-rasa-gado-gado-racikan-venezuela
Memodifikasi kendaraan tempur (ranpur) tua bisa menjadi solusi murah bagi negara dengan anggaran cekak, meski sebenarnya modifikasi yang dilakukan terkadang justru membuat kendaraan tempur tersebut tampak aneh. Bicara soal modifikasi ranpur, Venezuela pada tahun ini telah memodifikasi ranpur tua milik mereka.
Lapor Hansip
31-12-2021 19:38

Maisanta YZR - Kendaraan Tempur dengan Cita Rasa Gado-Gado Racikan Venezuela

icon-verified-thread
Memodifikasi kendaraan tempur (ranpur) tua bisa menjadi solusi murah bagi negara dengan anggaran cekak, meski sebenarnya modifikasi yang dilakukan terkadang justru membuat kendaraan tempur tersebut tampak aneh. Bicara soal modifikasi ranpur, Venezuela pada tahun ini telah memodifikasi ranpur tua milik mereka.

Yang menarik adalah bahwa ranpur ini sebenarnya menggabungkan teknologi dari beberapa negara. Venezuela sendiri memberi nama ranpur hasil modifikasi itu sebagai "Maisanta YZR", kendaraan ini dikembangkan dari varian M50 Ontos yang pada masanya disebut sebagai tank destroyer. M50 adalah kendaraan lapis baja ringan yang memiliki enam senapan recoilless 106 mm M40A1 yang pertama kali memasuki layanan dengan Korps Marinir AS pada tahun 1955 dan juga digunakan dalam Perang Vietnam, sebelum pensiun pada tahun 1970.

Versi Venezuela adalah sebuah kreasi "gado-gado", di mana Maisanta memakai chassis tank ringan AMX-13 buatan Prancis, senapan recoilless M40A1 buatan AS, dan bahkan fitur bidikan optik yang diambil dari senapan sniper Dragunov rancangan Soviet untuk penargetan. Jadi tepat rasanya jika kita menyebut ranpur ini sebagai ranpur gado-gado. Foto penampakan ranpur ini pertama kali disebarkan melalui media sosial pada musim panas tahun ini.


Quote:
Maisanta YZR - Kendaraan Tempur dengan Cita Rasa Gado-Gado Racikan Venezuela

Maisanta YZR.

Foto: Kementerian Pertahanan Venezuela



Senapan recoilless yang digunakan pada Maisanta YZR tampaknya adalah jenis senjata yang sama persis seperti yang ditemukan di Ontos, tetapi senjata ini disusun dalam pola yang berbeda, dengan keenamnya dipasang dalam satu baris. Sebaliknya, pada varian Ontos senapan recoilless ini disusun empat baris di atas dan dua baris bawah senapan recoilless. Untuk lebih jelasnua agan bisa melihat foto di bawah ini.


Quote:
Maisanta YZR - Kendaraan Tempur dengan Cita Rasa Gado-Gado Racikan Venezuela

Ontos milik Korps Marinir AS, pada senjata recoilless disusun empat baris di atas dan dua baris di bawah.

Foto: U.S. Marine Corps



Senapan recoilless M40A1 telah digunakan di Venezuela sejak awal 1960-an dan sejak itu telah digunakan sebagai senjata portabel yang dapat digunakan oleh kru serta dalam bentuk yang dipasang di jip. Di Ontos dan Maisanta YZR, amunisi senapan recoilless perlu diisi ulang secara manual, yang berarti kru harus turun dari kendaraan untuk mempersiapkan tembakan salvo berikutnya, hal tersebut membuat kru rentan terkena tembakan musuh.

Varian dasar Ontos mampu membawa 18 butir amunisi untuk senapan recoilless, dan ranpur milik Venezuela kemungkinan memiliki kapasitas yang hampir sama. Jangkauan efektif maksimum senapan recoilless M40A1 sekitar 1.350 m.

Dilaporkan bahwa ranpur Venezuela dilengkapi dengan amunisi anti-tank berdaya ledak tinggi atau HEAT (high-explosive anti-tank), yang juga merupakan salah satu opsi amunisi intuk Ontos, meskipun jarang digunakan secara operasional dalam peran anti-tank. Pilihan amunisi lain untuk Ontos termasuk high-explosive plastic tracer atau HEP-T, yang menggunakan bahan peledak plastik yang sesuai dengan permukaan target dan dioptimalkan untuk target tanpa perlindungan lapis baja.

Dengan spesifikasi di atas, tampaknya Maisanta YZR dimaksudkan untuk melumpuhkan tank musuh. Meski faktanya di lapangan peran senapan recoilless hampir seluruhnya bisa dikalahkan oleh peluru kendali anti-tank, atau ATGM, pada tahun-tahun sejak Vietnam.


Quote:
Maisanta YZR - Kendaraan Tempur dengan Cita Rasa Gado-Gado Racikan Venezuela

Pemandangan senjata utama Maisanta YZR dari atas.

Foto: Kementerian Pertahanan Venezuela



Maisanta YZR dilengkapi tidak hanya dengan enam senapan recoilless, tetapi juga dengan enam senapan M8C kaliber 12.7 mm, sementara pada varian asli Ontos hanya dilengkapi 4 senapan kaliber 12.7 mm. Pada Ontos, senapan ini juga digunakan untuk mengarahkan senapan recoilless guna membidik target, karena M8C tidak dilengkapi bidikan optik. Kru pertama-tama mengarahkan senapan M8C dengan bidikan optik ke arah target, kemudian kru menembakkan senapan M8C ke sasaran yang ditandai dengan kepulan asap.

Setelah senapan recoilless telah disejajarkan dengan benar ke target yang sudah ditandai kepulan asap, satu atau lebih dari senapan utama M40A1 akan ditembakkan. Sementara sistem senjata Venezuela memakai cara operasional yang berbeda, dengan bidikan optik yang terpisah dan lebih modern dipasang di atas senjata utama.

Maisanta YZR menggunakan bidikan optik PSO-1 4x24 yang diambil dari SVD-63 Dragunov yang dirancang Soviet. Pada prototype Maisanta, tampaknya ada dua bidikan opttik ini, dipasang di atas senapan recoilless kedua dan kelima. Sementara bidikan optik penembak jitu ini telah digunakan sejak awal 1960-an, dan tetap diproduksi dan digunakan secara luas. Senjata lain dipasang di tengah, dan terpisah dari senapan recoilless, tampaknya adalah senapan mesin defensif, juga kaliber 12.7 mm, seperti yang ditemukan pada Ontos.


Quote:
Maisanta YZR - Kendaraan Tempur dengan Cita Rasa Gado-Gado Racikan Venezuela

Dibangun di atas chassis tank AMX-13.

Foto: Kementerian Pertahanan Venezuela



Chassis Maisanta YZR juga memiliki sejarah penting di baliknya. Ranpur ini menggunakan chassis tank ringan AMX-13 buatan Prancis, meskipun versi khusus yang digunakan saat ini mncomot chassis dari varian sistem pleuncur roket atau MLRS, yanh dibuat sekitar 12 unit. Venezuela dulu melepas menara tank AMX-13 dan melengkapinya dengan peluncur roket LAR-160 yang disediakan oleh Sistem IMI Israel.

Faktanya, beberapa pandangan dari kendaraan yang dikerjakan ulang ini menunjukkan bahwa mungkin masih ada opsi untuk menggunakan mekanisme yang sama dari LAR-160, yang akan memungkinkannya untuk digunakan sebagai artileri ringan juga.

Dalam satu terobosan signifikan dari konsep persenjataan yang dipelopori oleh Ontos, Venezuela juga menampilkan mortar kaliber 81 mm yang dipasang pad bipod di bagian depan lambung. Ini berpotensi digunakan untuk menembakkan selongsong asap, menciptakan tabir asap untuk membantu menyembunyikan kendaraan.  


Quote:




Sampai sekarang, tidak jelas apakah Maisanta YZR akan berkembang melampaui tahap prototype, tetapi Angkatan Darat Venezuela pasti masih memiliki stok chassis AMX-13, baik tank ringan maupun kendaraan bekas MLRS yang dapat dengan mudah disesuaikan dengan konfigurasi baru. 

Dengan LAR-160 yang dipasang di tank sekarang sudah dinonaktifkan, setidaknya dua dari kendaraan ini juga telah diadaptasi untuk menghasilkan kendaraan pembersih ranjau, dengan flail yang dipasang di depan untuk meledakkan ranjau.

Jika Venezuela mengambil keputusan untuk memproduksi lebih banyak prototype Maisanta YZR, itu pasti akan menjadi langkah yang tidak biasa dan yang tampaknya tidak segera memiliki potensi tempur yang serius. Lagi pula, tentara lain di Amerika Latin sudah dilengkapi dengan ATGM canggih, seperti Rafael Spike yang ditemukan di negara tetangga Kolombia, sementara Maisanta YZR akan menjadi ranpur dengan senapan recoilless paling ketinggalan zaman.


Quote:



Di sisi lain, jika Maisanta YZR akan dilengkapi dengan amunisi alternatif, seperti peluru HEP-T, itu berpotensi menjadi senjata pendukung tembakan yang berguna. Terutama untuk lingkungan perkotaan, meskipun ranpur ini tidak memiliki kemampuan bertahan dari kendaraan lapis baja modern.

Dengan jenis amunisi yang tepat, senapan recoilless masih akan mampu menembus dinding atau rintangan lainnya. Dan patut dicatat bahwa Ontos mencapai sebagian besar keberhasilannya di Vietnam dalam peran dukungan tembakan langsung dengan bekerja bersama pasukan infanteri, dan Venezuela berpotensi mengadopsi taktik serupa.

Namun, secara umum, fakta bahwa Venezuela bahkan menciptakan kendaraan 'Frankenstein' seperti ini mencerminkan frustasi pada angkatan bersenjata mereka. Hal ini karena negara tersebut telah diisolasi dari sebagian besar negara di dunia karena sanksi yang diberlakukan di bawah rezim Hugo Chavez sebelumnya.

Frustasi di lingkungan militer Venezuela juga semakin parah dengan krisis ekonomi yang sedang berlangsung, yang menempatkan sebagian besar peralatan militer modern di luar jangkauan angkatan bersenjata Venezuela. Dan kini tentara Venezuela malah dipaksa untuk memperbaiki dan memperbarui peralatan lama yang tersedia untuknya, bahkan jika hasilnya belum tentu sangat layak untuk peperangan modern.



---------




Referensi Tulisan: TheDrive.com
Sumber Foto: sudah tertera di atas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 27 lainnya memberi reputasi
26
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
militer-dan-kepolisian
Militer dan Kepolisian
1.2K Anggota • 2.2K Threads
Halaman 2 dari 2
Maisanta YZR - Kendaraan Tempur dengan Cita Rasa Gado-Gado Racikan Venezuela
02-01-2022 10:13
Berartu sesuai dgn kebutuhan di negara sana... Jadi inget yng Holland signal yng 6 senapan non recoil juga.. pake alat pending/heater pula...ngk tahu diproduksi.
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Maisanta YZR - Kendaraan Tempur dengan Cita Rasa Gado-Gado Racikan Venezuela
02-01-2022 10:25
operator nye apa kagak bingung ne yg mana udah reload mana yg masi isi peluru,bingung mikir ahirnya duluan ketembak duluan dahemoticon-Om Telolet Om!emoticon-Om Telolet Om!emoticon-Om Telolet Om!
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Maisanta YZR - Kendaraan Tempur dengan Cita Rasa Gado-Gado Racikan Venezuela
02-01-2022 10:43
jadi inget katyusha
emoticon-Ngakak

tp ngeri tuh yg katyusha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Maisanta YZR - Kendaraan Tempur dengan Cita Rasa Gado-Gado Racikan Venezuela
02-01-2022 10:55
Yg penting bisa nembak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Maisanta YZR - Kendaraan Tempur dengan Cita Rasa Gado-Gado Racikan Venezuela
02-01-2022 14:01
Jadi pengen makan gado-gado
profile-picture
profile-picture
profile-picture
banditos69 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Maisanta YZR - Kendaraan Tempur dengan Cita Rasa Gado-Gado Racikan Venezuela
02-01-2022 14:58
Semoga si maduro cepat masuk sorga, jd hancur venezuela dibuat si kumis...
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Maisanta YZR - Kendaraan Tempur dengan Cita Rasa Gado-Gado Racikan Venezuela
02-01-2022 18:10
Pingin pinjem buat ngebom mantan
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Maisanta YZR - Kendaraan Tempur dengan Cita Rasa Gado-Gado Racikan Venezuela
02-01-2022 19:51
Quote:Original Posted By banditos69
Gokil nih ranpur, senjatanya banyak tapi efektifkah kl berhadapan sm Javelinemoticon-ConfusedMaisanta YZR - Kendaraan Tempur dengan Cita Rasa Gado-Gado Racikan Venezuela


sepertinya hanya dipakai di dalam negeri gan, seperti kata agan yoseful di bawah. tapi ranpur ini baru prototype emoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By jlamp
Sangar sih.... Putar otak buat anggaran yang ngepres.

namanya YZR kayak motor sport bikinan Yamaha..

emoticon-Hammer2


ane juga masih belum paham soal penamaannya gan emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By yoseful
Lah...... Itu amx 13 dgn multi gun recoiless, kmungkinan besar lbih cocok tuk mmberangus kaum oposisi anti maduro di jalanan kota2 besar di sono, gan......

Krn isi ulang senjata nya lbh aman ktika pd sikon tuk melawan kaum demonstran prodem di kota2 besar..... drpd melawan musuh2 asing dr LN di medan perang, gan......


tapi mekanisme isi ulang dari luar tetap beresiko menurut ane gan, berharap tentara Venezuela dapat ranpur yang lebih baik emoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By jagotorpedo
salfok sama mortir di depan emoticon-Big Grin
itu pasang permanen atau bongkar pasang?

btw mereka sayang banget sama AMX sampe berkreasi segitu banyak varian

sopiler


kurang tahu permanen atau tidaknya gan, sepertinya permanen. cmiiw


Quote:Original Posted By gonugraha76
Ternyata keunikan alutsista gado gado Venezuela tak hanya terdapat pada Maisanta YZR saja tetapi juga pada kombinasi alat perangnya yang disupply oleh banyak negara seperti Russia, US, China, Perancis, Swedia, Austria, Belgia, German, Israel, Italia, Polandia, Spanyol dan Brazil.


nggak heran mereka bisa bikin gado-gado Om, bumbu dan bahannya disuplai oleh banyak negara emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By Go.Mi.Nam
Banyak bukan berarti efektif ya teman-teman


konsep ranpur ini sudah ketinggalan zaman gan emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
banditos69 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Maisanta YZR - Kendaraan Tempur dengan Cita Rasa Gado-Gado Racikan Venezuela
02-01-2022 19:59
Quote:Original Posted By rubah007
Hmm.. ane jadi inget game Conflict Vietnam, pas di level terakhiremoticon-Leh Uga

Maisanta YZR - Kendaraan Tempur dengan Cita Rasa Gado-Gado Racikan Venezuela


wahh ini varian aslinya gan, susunan senjata aslinya seperti ilustrasi ini emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By gepyan
project modernisasi tp dibatasi budget ,jd nya y konsep swiss-army gini ...
banyak tools sih tapi y untuk urgent saja ...emoticon-Big Grin


beesyukur jika Indonesia tidak sampai seperti itu emoticon-Ngacir



Quote:Original Posted By gabener.edan
Banyak amat tuh moncongemoticon-Ngakak


jadi terkesan tidak efektif emoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By MirrorBoy
Harganya ratusan triliun Bolivar kali ye emoticon-Leh Uga


nggak sampai segitu gan emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By shlndells
Bagus, efektif, tapi sekali kena selesai. Kecuali buatnya banyak


buat banyak pun akan susah gan, karena memakai komponen yang berbeda-beda.


Quote:Original Posted By onta.ngacir
Keren buat seru seruan gan emoticon-2 Jempol

Cuma rasanya susah buat dapet predikat battle proven, secara teknologinya gado gado...rawan macet waktu tempur emoticon-Big Grin


kalau dipakai melawan kelompok kontra Maduro di dalam negeri masih ok sepertinya gan, namun agak was2 juga kalau reload amunisinya harus dari luar. emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
onta.ngacir dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Maisanta YZR - Kendaraan Tempur dengan Cita Rasa Gado-Gado Racikan Venezuela
02-01-2022 20:07
Quote:Original Posted By D3VY4
Keren sih.. indonesia kayaknya belom denger nih modif tank sendiri...
CMIIW...


sudah gan, tapi hanya berupa prototype jadinya. kalau rak salah PT-76 Marinir yang pernah menjalani modifikasi emoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By jonrender
Maisanta YZR - Kendaraan Tempur dengan Cita Rasa Gado-Gado Racikan Venezuela

Ga banyak ngerti soal militer sebenarnya.namun opini sendiri merasa enam laras di bagian depan penampakan cukup janggal.ga ergonomic dsb. keenam laras kaliber amunisi cukup besar kalau menembak serentak sepertinya butuh chassis yang khusus ya.lantas pengoperasian sendiri jika harus di luar maka tank juga kesan seolah ga lebih sekedar pengangkut dengan seorang pengemudi di dalam.lagian sasaran yang mau dibidik sendiri kalau kecil apa juga efektif.selera sendiri cenderung lebih pas jika tank cukup satu laras panjang saja.dengan opsi tambahan senjata otomatis ringan di sebelah pengemudi untuk menyapu musuh di depan dalam posisi terlindung. untuk bagian belakang bisa ditambahkan senjata kaliber lebih besar dilengkapi armor yang dioperasikan di luar cukup oleh satu orang saja untuk situasi tertentu


konsep milik Venezuela memang sudah ketinggalan zaman gan, seperti kata agan, tank ringan sekelas AMX seharusnya memang membawa satu unit senjata meriam utama ditambah bebepa senapan mesin ringan saja sudah cukup. tidak perlu dibuat aneh-aneh emoticon-Ngacir



Quote:Original Posted By ageN.Dosa
tuh mortar permanen apa cuman gaya2an emoticon-Bingung


sepertinya permanen, cmiiw


Quote:Original Posted By newkris
Kecepatan tank itu berapa sih??? Apakah juga bisa ngebut?


kurang tahu kecepatannya berapa yang ini, tapi aslinya AMX bisa ngebut sampai 60 km/jam emoticon-Ngacir



Quote:Original Posted By Stand_Not_Still
Ntar kita modif traktor Quick made in Jogjakarta dikasih turet emoticon-Leh Uga


emang bisa gan ? emoticon-Hammer2


Quote:Original Posted By mecannotread
Berartu sesuai dgn kebutuhan di negara sana... Jadi inget yng Holland signal yng 6 senapan non recoil juga.. pake alat pending/heater pula...ngk tahu diproduksi.


tapi terkesan sudah ketinggalan zaman gan emoticon-Ngacir
profile-picture
banditos69 memberi reputasi
1 0
1
Maisanta YZR - Kendaraan Tempur dengan Cita Rasa Gado-Gado Racikan Venezuela
02-01-2022 20:11
Quote:Original Posted By rujakgulacabe3
operator nye apa kagak bingung ne yg mana udah reload mana yg masi isi peluru,bingung mikir ahirnya duluan ketembak duluan dahemoticon-Om Telolet Om!emoticon-Om Telolet Om!emoticon-Om Telolet Om!


harus latihan dulu gan operatornya biar nggak bingung emoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By budak.game
jadi inget katyusha
emoticon-Ngakak

tp ngeri tuh yg katyusha


senjata era Soviet emoticon-2 Jempol


Quote:Original Posted By Makati2019
Jadi pengen makan gado-gado


silakan pesan kalau begitu gan emoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By kempez
Semoga si maduro cepat masuk sorga, jd hancur venezuela dibuat si kumis...


baru-baru ini kabarnya maduro mau mengunjungi Iran gan, entah untuk tujuan apa emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pulaukapok dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Maisanta YZR - Kendaraan Tempur dengan Cita Rasa Gado-Gado Racikan Venezuela
02-01-2022 22:44
walau recoilless, tapi nembak musti diem yah?
klo jalan, dengan konfigurasi laras diturret yg unik dan optical targeting yg seadanya, 99% pasti meleset emoticon-Ngacir
0 0
0
Post ini telah dihapus
Maisanta YZR - Kendaraan Tempur dengan Cita Rasa Gado-Gado Racikan Venezuela
03-01-2022 23:18
Buset...udah kayak tank di mari yang buat ikut karnaval tujuhbelasan emoticon-Ngakak
0 0
0
Maisanta YZR - Kendaraan Tempur dengan Cita Rasa Gado-Gado Racikan Venezuela
05-01-2022 22:37
Kecil gitu ranpurnyaemoticon-Big Grin
Serasa maenan aja tuh tank nya
0 0
0
Maisanta YZR - Kendaraan Tempur dengan Cita Rasa Gado-Gado Racikan Venezuela
16-01-2022 04:20
Kreatif
0 0
0
Post ini telah dihapus
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia