• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Mengenal Istilah, Service Berkala Di Bengkel Resmi Kendaraan (No, 5 Bebas Loh!)

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Mengenal Istilah, Service Berkala Di Bengkel Resmi Kendaraan (No, 5 Bebas Loh!)


[ HT# 915 ]

Bukan hanya manusia, kendaraan juga butuh perawatan berkala agar kondisinya selalu prima dan siap setiap saat tanpa kendala apapun hingga selesai urusan kita. Yes, agar semua itu berjalan lancar maka merawat kendaraan hal yang harus dilakukan terutama bagi pemilik kendaraan baru di bengkel resmi.

Layanan memuaskan dan jaminan sparepart orisinil di bengkel resmi membuat kendaraan baru selalu terpantau dengan baik dan pastinya sangat direkomendasikan jika kedepan kendaraan akan dijual karena biasanya riwayat service di bengkel resmi menjadi salah satu bargainingharga yang lebih pantas.

Nah, jika kita service di bengkel resmi biasanya kita akan menemukan istilah service berkala seperti service 1.000 km, 5.000 km, 10.000 km pertama dan seterusnya. Buat pemula mungkin ini menjadi istilah yang belum familiar karena tahapan ini memang bagian dari service yang akan dilakukan. Tujuannya jelas, service sesuai dengan jarak tempuh kendaraan selama, pun kadang tidak selalu berpandu pada km tapi pada bulan service karena mungkin kendaraan lebih banyak diam digarasi.

Ok, kembali ke laptop sesuai judul thread memahami arti service berkala dalam hitungan km adalah sebagai berikut.


Service Pertama (1.000 km)



Umumnya adalah kendaraan baru dimana angka km nya biasanya masih 'unyu', pemilik terkadang masih 'eman' untuk membejek gas dalam dan jauh-jauh karena masih inreyen. Meski begitu perawatan di 1.000 km diperlukan untuk memastikan semua komponen mesin bekerja sebagaimana mustinya. Pekerjaan di service ini biasanya hanya pengecekan mesin, rem, dan komponen penting lain.


Service Kedua (5.000 km)



Service kedua umumnya mulai melakukan penggantian oli, pengecekan kampas rem, cairan-cairan komponen mesin, steering, dan jika memungkinkan dilakukan juga penggantian filter oli. Service kedua ini biasanya umur mobil sudah masuk di bulan ke 4.

Sevice Ketiga (10.000 km)



Di tahap ini pengecekan, penggantian dilakukan seperti pada service kedua, namun selain penggantian oli juga ada tambahan pemeriksaan yakni bagian kaki-kaki, baut-baut dibagian bawah kendaraan, juga pengecekan kondisi cairan-cairan komponen.

Service Keempat (20.000 km)



Ditahap ini usia kendaraan umumnya telah mencapai 1 tahun. Sesuai berjalannya waktu maka perawatan, keausan, atau penggantian ada kemungkinan terjadi di tahap ini. Pembersihan Throttle Body, penggantian filter AC, penyetelan klep-klep, rotasi ban, balancing dan spooring, pengecekan rem, penggantian busi atau kabel busi (jika perlu), pembersihan saringan udara akan dilakukan.

Service Kelima dan seterusnya



Ini sifatnya optional, bebas saja karena di tahapan ini tergantung pemilik kendaraan apakah ingin terus melakukan perawatan lanjutan yang terjadwal seperti penggantian oli gardan, minyak transmisi dan lainnya atau sekedar pengecekan apabila ditemukan masalah pada kendaraan di bengkel resmi?

Seperti yang saya bilang sebelumnya kalau kita rutin service di bengkel resmi tentu kita lebih tenang karena pasti terjamin, dan bila kendaraan akan dijual posisi tawar kita akan lebih baik lagi.






Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini, Ref: teman bengkel | img : gugel 

Diubah oleh iskrim 20-01-2022 03:46
lemperkecut
topantita
ipanpun
ipanpun dan 23 lainnya memberi reputasi
24
7.2K
92
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.