c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Misteri, Menurut Orang Indonesia Dan Barat




Siapa netizen di Indonesia yang tak suka dengan sebuah kisah misteri, hampir di seluruh dunia terdapat banyak misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.

Sebenarnya misteri banyak terjadi di seluruh dunia, karena pada dasarnya manusia ini ingin tahu segala hal. Maka mereka seringkali mencari sesuatu yang terlihat janggal.



Karena misteri adalah fenomena alam, dimana sesuatu yang tidak diketahui secara pasti, dan menarik rasa ingin tahu banyak orang. Misteri menimbulkan rasa penasaran yang berujung kepada ilmu pengetahuan.

Semakin janggal semakin bertambah misterinya, di barat kalau ada sesuatu yang janggal maka ia akan diteliti dahulu, banyak dipanggil para ahli, hingga misteri itu dapat dipecahkan menjadi ilmu yang baru. Karena mereka ini penasaran, dengan sebuah misteri.



Namun di Indonesia misteri membuat orang heran, bukan penasaran. Semakin heran maka semakin tinggi juga rasa misterinya, jadi tidak banyak peneliti di Indonesia karena sudah bingung dan heran, lalu sibuk upload di medsos.

Contoh di barat ada rumah berhantu, Amityville tepatnya Long Island, 112 Ocean Avenue, Amityville New York, Amerika Serikat, yang diangkat di film Conjuring 2. Rumah itu diteliti oleh banyak ahli, baik itu supranatural, ahli kimia, fotografi, hingga polisi ketika mereka gagal menemukan hal yang janggal tersebut barulah bisa dibilang sebuah misteri.





Namun rumah Amityville ini sudah terkuak misterinya karena ada kebohongan tentang cerita yang dikarang oleh Pengacara Ronald DeFeo Jr yang bernama William Weber dan George Lutz, dengan tujuan yang berbeda. Ronald DeFeo Jr ini membantai habis keluarganya dirumah tersebut dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup, dan pengacara ingin meringankan beban hukuman dari tersangka agar tidak dihukum mati. Sedangkan George Lutz berbohong motifnya adalah uang, karena cerita dirinya itu booming dan viral dimasa itu hingga dijadikan novel.

Lalu di Indonesia ada rumah kentang, tidak ada satupun yang bilang ada kejanggalan, hanya cerita dari mulut ke mulut kalau di hari tertentu rumah tersebut bau kentang. Namun tidak ada yang mau meneliti apa penyebabnya hingga akhirnya geger, dan dibuatlah sebuah film uniknya laku dan banyak yang nonton.





Padahal tetangga sekitar tidak ada pernah mencium bau kentang pada rumah tersebut, dan rumah tersebut masih ditinggali pemiliknya bukan kosong tak terawat, bahkan sekarang diubah menjadi sebuah restoran, semakin hilang kesan misterinya. Ini yang bikin heran, kok bisa cerita dongeng menjadi mitos? Bahkan dianggap sebuah misteri, bisa dibilang ini misteri murahan.

Karena pada dasarnya manusia itu memang penasaran, bahkan akibat rasa itu bisa menjadi ilmu pengetahuan. Seperti manusia pra aksara yang berfikir air jatuh dari langit berasal darimana? Maka mereka berfikir menggunakan logika dan hasilnya adalah sebuah agama, yang menganggap ada dewa yang menurunkan hujan. Maka di masa lalu ada banyak dewa, dari petir, api, lautan dan lainnya hingga logika berfikir manusia semakin baik maka lahirlah agama monotheis.



Sedangkan di Indonesia tidak penasaran, malah heran maka yang lahir adalah mistisme. Tidak mencari tahu dulu kebenarannya langsung menjudge yang berkaitan dengan mistis. Maka hampir semua hal dikaitkan dengan mistis.

Bencana alam langsung dikaitkan dengan mistis bukan dicari penyebabnya, ada penampakan langsung dikaitkan dengan mistis, ga taunya yang lihat penampakan habis mabok jadi delusi dan halusinasi. Atau sampean sedang kena prank?





Itu saja perbedaan misteri yang saya sampaikan apakah agan ada pendapat lain?

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2022
referensi : klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star











Diubah oleh c4punk1950... 18-01-2022 01:19
jupiewan
gepyan
prabas
prabas dan 8 lainnya memberi reputasi
9
3.8K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.