abdulqadirz
TS
abdulqadirz
Asli Baru Tahu! Inilah Rahasia Dibalik Quick Count Pemilu

Gak kalah dari Bandung Bondowoso yang bikin candi dalam semalam, lembaga survei juga bisa ngitung hasil pemilu dengan super-super cepat. Tapi kalau bandung bondowoso minta bantuan makhluk halus, apakah lembaga survei minta tolong manusia super kayak flash? nggak-nggak! nggak perlu bantuan makhluk halus atau manusia super. Faktanya lembaga survei pakai sihir yang bernama ilmu statistika.

Metode penghitungan cepat yang dilakukan oleh lembaga survei pada pemilu 2019 dilakukan semata-mata untuk membantu dan juga mengawal penghitungan manual yang dilakukan KPU. Kalau kita ingat 2004 bukan hanya menjadi hari yang bersejarah dimana pemilu dilakukan atau dipilih langsung begitu untuk memilih presiden dan wakil presiden. Tetapi pada tahun 2004 juga untuk pertama kalinya diselenggarakan quick count atau penghitungan cepat.

Quote:


Saat itu diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial atau LP3ES yang bekerja sama dengan National Democratic Institut atau NDI dari Amerika serikat. Dan kita akan lihat hasil pemilu, dari pemilu ke pemilu 2009, kemudian 2014 dan 2019 oleh berbagai survei. Kita lihat di pemilu 2009 saat itu ada survei dari LSI untuk SBY dan Boediono angkanya adalah 60,15%. Mega dan Prabowo 27, 36 % sementara JK dan Wiranto 12,49.

Kalau kita melihat hasil dari survei LSI atau hasil quick count dari LSI dan KPU ini tidak berbeda jauh angkanya dan di 2014 juga sama ketika LSI juga mengumkan hasil quick count nya.

Quote:


Gampangnya mereka itu ngambil sampel hasil pemilu di beberapa tempat aja buat memprediksi hasil di seluruh indonesia, dan hebatnya cara ini bisa cepat dan akurat tanpa harus ngitungin semua suara. Oke gimana caranya? biar gampang ini contohnya ada abang bakso yang nyicipin sesendok kuah bakso buat nyari tahu rasa kuali-kuali se-indonesia.

Nah dari jumlah yang sangat banyak yaitu para lembaga survei nanti akan memilih secara acak kuali-kuali mana yang akan bakal dijadikan sampel buat prediksi rasa yang tepat. Semakin banyak dan tersebar kuah dicicip maka semakin besar juga kemungkinan tepatnya.

Quote:


Meski mustahil bisa sama persis, secara matematis hitung cepat itu bisa dipercaya asal ngambil sampelnya gak ngawur dan gak dibumbuin kepentingan politik. Quick count alias hitung cepat jadi cara yang paling ngebut buat nyari tahu hasil akhir pemilu. Buktinya pemilu 2014 banyak lembaga survei yang berhasil prediksi skor akhirnya dan cuma meleset berapa persen aja.

Oke quick count emang bisa ngitung cepet, tapi kalau masih bingung ada KPU sebagai penyelenggara pemilu yang pasti bakal ngeluarin hasil paling akurat sebulan setelah pencoblosan. Sekarang duduk manis aja karena pastinya satu suara kita bakal terhitung di hasil akhir nantinya.

Segitu dulu untuk thread ane kali ini, thread ini sifatnya entertainment yang bersumber dari keresahan ane di sosial media ya gan. Kalau kurang informatif ya tolong dimaklumi. Kalau menyinggung ya mohon maaf. Terimakasih udah baca, jumpa lagi di thread ane selanjutnya.


Referensi: Opini pribadi & Googling
Sumber gambar: Tertera
@abdulqadirz©2022
sericite.micaemineminnakingarthas013
kingarthas013 dan 22 lainnya memberi reputasi
15
6K
85
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.