cintadine
TS
cintadine
7 OS Ponsel yang Harus Kalah dari Android dan iOS, Hanya 1 yang Tersisa


Android sebagai sistem operasi mobile yang dirilis sejak 2008 silam kini telah menjadi menguasai pangsa pasar dunia dan bersaing dengan iOS. Kekuatan Android memang sulit dibendung dengan Google di belakangnya. Pada awal kemunculannya, Android memang tidak langsung besar. Apalagi di era sebelum Android Lolipop, Android selalu diidentikan dengan hp ngelag, boros baterai, banyak bug, dan sebagainya.

Tapi semakin ke sini Android semakin baik dan para penggunanya pun kini semakin umum. Padahal, dulu ada beberapa OS yang menjadi pesaing tapi berlalu begitu saja dan kini sudah lenyap entah ke mana.

Berikut ini adalah sejumlah OS hp yang sudah tidak ada.


1. Symbian


Symbian adalah OS perangkat mobile yang pertama kali dirilis pada 1997 oleh Symbian Ltd. Adapun OS ini adalah OS untuk smartphone yang dipakai di era 2000an, khususnya Nokia. Pada 2008 Symbian dibeli seluruhnya oleh Nokia dan pada 2012 Nokia memutuskan untuk menghentikan Symbian setelah bekerjasama dengan Microsoft. HP terakhir Symbian adalah Nokia Pureview 808.


2. Bada

Bada adalah OS besutan Samsung yang pertama kali dirilis pada 2010 untuk beberapa smartphone-nya dan juga dikhususnya untuk smart tv. Tapi OS ini tidak berlangsung lama karena pada 2013 Samsung memutuskan untuk menggantinya dengan Tizen OS. Adapun smartphone yang menggunakan Bada OS adalah Samsung Wave Y dan M.

3. Tizen

Tizen adalah OS buatan Samsung yang berbasis Linux. Samsung walaupun sudah sukses dengan Android, namun rupanya ingin punya OS sendiri. Tizen dirilis pertama kali pada 2012. Walaupun tidak menghilang dan masih ada. Namun Tizen OS ini nyaris tak terdengar kabarnya. Versi yang terbaru adalah Tizen 6 yang dirilis pada Oktober 2020 yang lalu.

4. Windows Mobile


Bekerja sama dengan Nokia, Microsoft ingin menguasai pasar perangkat bergerak. Tapi karena Android dan iOS terlalu perkasa. Windows Mobile tak mampu membendung dari sego dukungan aplikasi. Pada 2019, Microsoft mengumumkan kalau Windows Mobile berhenti secara total dan sebelumnya mereka jugs memutuskan untuk tidak membuat perangkat Windows Phone lagi.


5. Blackberry 10

Pada 2013 Blackberry merilis OS Blackberry 10, sebuah loncatan dari Blackberry 8 yang memang ketinggalan jauh dari Android. BB 10 memungkinkan perangkat dengan layar sentuh penuh. Blackberry Z10 menjadi andalannya tapi ternyata tak bisa diandalkan. Sebagian pengguna merasa tak nyaman dengan BB 10 dan harga yang dirasakan terlalu mahal.

OS ini masih didukung hingga 2018 dan belum ada pembaruan lagi. Ya, siapa yang masih menggunakan BB 10 saat ini?


6. Firefox OS

Firefox OS digadangkan sebagai calon pesaing Android. Sesuai dengan namanya, OS ini dibesut oleh perusahaan yang membuat browser Mozilla Firefox. Pada 2013 OS ini diluncurkan dan dibuat beberapa percobaan melalui Windows di PC yang bisan dicoba oleh pengguna. Namun, OS ini pengembangannya hilang ditelan bumi dan dinyatakan berhenti pada 2015. Adapun perangkat yang menggunakan OS ini adalah beberapa ponsel keluaran ZTE.


7. MeeGo

Sebuah OS yang hanya bertahan seumur jagung. MeeGo adalah OS berbasis Linux yang digarap oleh Nokia dengan bekerjasama dengan Intel pada 2010. Hanya bertahan dua tahun setelah Nokia memutuskan untuk menghentikannya karena berfokus pada Windows Phone.

Nah gan, ada yang lainnya?emoticon-Big Grin

Quote:
zerauwover.powerprovocator3301
provocator3301 dan 29 lainnya memberi reputasi
28
15.2K
210
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet
icon
10.7KThread8.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.