• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Terlihat Sepele, Ini Cara Atur Spion Kendaraan yang Benar dan Aman!

iskrim
TS
iskrim
Terlihat Sepele, Ini Cara Atur Spion Kendaraan yang Benar dan Aman!


[ HT# 914 ]

Berfilosofilah pada spion kendaraan; "Kita perlu lihat ke belakang sekali-kali, agar kita punya reminder dan waspada", itulah yang pernah saya dengar dari mentor saya. Kaca spion kendaraan yang terlihat sepele ternyata amat penting bagi keselamatan dan bukan aksesoris kendaraan semata.

Belakangan kaca spion aftermarket banyak beredar jenis dan bentuknya, meski sama-sama merefleksikan 'penampakan' objek di belakang tapi terkadang visualnya lebih terbatas dari ukuran standar. Ini sangat tidak disarankan terlebih demi gaya posisinya berpindah tempat atau ukurannya semakin kecil maka titik blind spot akan semakin besar, berbahaya!



Bentuk dan ukuran spion standar pabrikan dibuat oleh insinyur otomotif dengan pertimbangan, perhitungan berbagai aspek keselamatan dan kenyamanan berkendara, untuk itu buatlah posisi spion tetap fungsional dan maksimal sesuai peruntukannya.

Lalu bagaimana tips mengatur spion yang baik dan benar, berikut informasi yang saya dapat dari teman bengkel langganan saya.



PERTAMA. Pastikan kondisi fisik spion dalam keadaan baik dan berfungsi normal, cermin yang tidak bergetar, cermin tidak jamuran atau pecah. Letak spion yang tidak pada tempatnya mungkin patah, menghadap atas atau ke dalam), cermin kotor membuat visual rider atau pengemudi jadi terbatas.

Kaca spion yang cerminnya kotor sebaiknya dibersihkan dulu, kalau rusak sebaiknya langsung diganti. Berkendara dengan spion yang tidak layak pakai sangat berbahaya dimana blind spot belakang sangat besar disini. Rawan di tabrak atau diserempet dari belakang terlebih di kondisi jalan yang cahayanya minim atau lalulintas padat.

KEDUA. Buat kamu sebagai rider atau pengemudi di posisi duduk senyaman mungkin, sesuai kebiasaan sehari-hari. Pastikan juga tetap mudah mengoperasikan rem dan transmisi, atur pandangan kiri dan kanan kaca spion agar dapat menjangkau pinggiran tengah-ujung belakang bodi kendaraan kita, objek dibelakang terdekat dan terjauh dengan sangat baik.



Jika spion tengah mobil, aturlah agak menunduk agar kita tidak selalu mendongak atau menggerakkan kepala terlalu sering karena akan menganggu kosentrasi berkendara. Jika kebetulan penumpang sedang penuh maka sesuaikan sudut pandang spion tengah agar tidak terhalang oleh penumpang atau barang. Jika malam hari ada pantulan lampu kendaraan belakang maka aturlah lagi posisi spion agar tidak menyilaukan tapi visual pengemudi terhadap objek dibelakang melalui spion tetap terlihat baik.

KETIGA. Memasang spion tambahan bisa jadi cara terbaik untuk menambah luas visual raider atau pengemudi. Ya, spion tambahan di olshop banyak dijual ukuran, bentuk dan peruntukkannya, mulai dari sifatnya tambahan sampai sekaligus sebagai kamera perekam (dashcam).



Agar tidak berkesan berlebihan dalam memasang spion tambahan cobalah untuk fokus pada blind spot pandangan di posisi duduk ternyaman kita, faktor lain karena mungkin postur kita pendek atau lebih tinggi, keterbatasan penglihatan, tentu membutuhkan spion tambahan sesuai kebutuhan saja. Semoga bermanfaat.




Sebuah opini
Ref. tkp
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 19-01-2022 11:20
jlampdavecchio
davecchio dan jlamp memberi reputasi
2
4.1K
47
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.