• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Yang Kangen Yamaha Byson, Di India Muncul Versi Barunya Nih Gan

Odleva
TS
Odleva
Yang Kangen Yamaha Byson, Di India Muncul Versi Barunya Nih Gan

Halo gan, apa kabar kalian semuanya? Semoga tetap baik-baik saja ya…nah disini ane bakal bawain satu berita otomotif lagi nih, dan seperti biasa ane suka bahas seputar kendaraan roda dua.

Tentunya agan sudah tidak asing lagi dong sama sosok Yamaha Byson, motor ini dulu sempat jadi primadona di kalangan naked bike, karena Byson dinilai punya bodi gambot dan padat banget.


Tapi sayang Byson juga memiliki kekurangan, dimana motor ini terkenal punya tenaga yang kurang memuaskan, mesinnya saja masih SOHC. Ditambah fitur mesin seperti sisi pendinginan masih pakai kisi udara, tidak seperti saudaranya Vixion dengan sistem pendingin radiator.

Karena perlahan Byson tidak bisa mengikuti pangsa pasar lokal, pada akhirnya Yamaha resmi menghentikan produksi bateng roda dua ini dan memilih untuk tidak menyediakan penggantinya.

Namun ternyata Byson masih tetap diproduksi di negara lain loh, contohnya India. Motor ini disana diberi nama Yamaha FZS, sejarahnya dulu hampir sejalan dengan Byson versi lokal, bahkan kini terhitung sudah masuk generasi ke 3 Yamaha merilis FZS series.


Kalau boleh dibilang desainnya tetap membawa aura Byson seperti yang kita kenal, seperti punuk tangki tinggi, stang lebar, bagian headlamp agak rendah namun tentunya dengan desain yang super fresh.

Sekarang aera tangki telah disematkan semacam air scoop yang mirip di generasi MT Series. Shroud mirip scop ini yang membuat kesan motor makin gagah dan berotot. Lalu sisi penerangan sudah full LED, termasuk speedometer dengan digital.

Dulu yang dipermasalahkan oleh generasi Byson yaitu rem belakang masih tromol, untuk generasi baru kita sudah mendapatkan rem cakram depan belakang. Coba deh lihat knalpotnya khas banget ya gan.


Untuk sisi mesin Yamaha India masih mengandalkan mesin generasi lawas yakni 149 cc single silinder SOHC 2 valve injeksi dengan 5 percepatan. Dan menurut data mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 13,2 PS pada 8000 rpm dan torsi 12,8 Nm di 6000 rpm.

Bagaimana dengan harga? Kabarnya motor ini dibandrol di kisaran Rp 22,4 jutaan untuk tiper standar. Paling mahalnya selisih hampir 1 jutaan.



jlamp1syarifdavecchio
davecchio dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.5K
16
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.