ih.sul
TS
ih.sul
Mimpi Yang Akhirnya Mati Terinjak Realita


Tahu nggak kenapa kisah seseorang yang berjuang meraih mimpi selalu menarik untuk di dengar? Katakanlah cerita Habibie dan Ainun atau The Greatest Showman. Kisah dimana seseorang tak punya apa-apa selain mimpi, melalui segunung kesulitan hingga akhirnya menjadi terkenal adalah sebuah tema yang begitu klise dimana-mana sampai kebanyakan orang bosan mendengarnya.

Tapi meraih mimpi tetap menjadi sesuatu yang istimewa.

Saya pernah melihat sebuah lawakan di internet, sebuah dark joke lebih tepatnya, yang berbunyi: Mimpi adalah hal pertama yang akan kau buang setelah mengetahui bagaimana dunia ini bekerja.

Kejam, tak terhitung berapa banyak manusia di dunia ini yang membuang mimpinya untuk kemudian memilih pekerjaan yang lebih realistis. Katakanlah seorang badut yang mencoba menjadi stand up comedian namun akhirnya berakhir menjadi Joker.

Banyak orang (mungkin saya dan Anda termasuk) memulai hidup dengan penuh impian. Saat guru Sd kita bertanya kita ingin jadi apa kita akan menjawab dengan semangat, "JADI POWER RANGER!" atau yang paling biasa, "JADI DOKTER!" ahh, indahnya masa muda.

Namun saat Sma Anda akan dihadapkan pada pilihan. Pertama Anda akan melihat nilai ujian Anda dan kedua Anda akan melihat situasi keluarga Anda. Apakah otak dan dompet Anda cukup untuk masuk universitas kedokteran? Tidak, sepertinya tidak cukup. Karna itu Anda mencoba pilihan lain yakni menjadi power ranger (atau polisi lebih tepatnya). Sayangnya untuk masuk polisi ada begitu banyak syarat yang perlu Anda penuhi dan proses pendaftarannya juga tak sepenuhnya murni (ada uang dan koneksi yang bermain). Akhirnya Anda pun mengucapkan selamat tinggal pada dua impian Sd itu dan terlunta-lunta, mencoba mencari mimpi yang lain.

Beberapa orang baru mulai menemukan apa yang benar-benar mereka minati saat sudah berhenti bersekolah. Dengan banyaknya waktu luang bebas pr mereka bisa mencoba begitu banyak hal baru seperti bermain mobile legend, merancang NFT hingga meracik kopi. Rasanya menyenangkan, itu adalah pekerjaan yang Anda inginkan.

Dan kemudian realita menyerang. Berapa sih penghasilan seorang pemain mobile legend? Meski pemenang turnamen mobile legend menghasilkan milyaran namun bagaimana dengan yang tidak menang? Dunia ini sangat tidak ramah pada mereka yang tidak menang.

Lalu bagaimana jika Anda suka meracik kopi? Nampaknya menjadi barista cukup keren juga. Ide menarik, cukup menjanjikan namun Anda harus dihadapkan dengan dinding selanjutnya, keinginan orangtua.

Keinginan orangtua adalah satu hal yang amat sulit untuk diterobos dan orangtua mana sih yang mau melihat anaknya hidup susah? Orangtua mana yang tak bangga jika anaknya memakai seragam dinas dan mendapat gaji tetap setiap bulan? Orangtua mana yang senang melihat anak mereka menjelajahi hutan rimba penuh ketidakpastian dan belum tentu berakhir dengan kesuksesan?

Akhirnya, Anda menyerah. Anda memilih jalan yang normal-normal saja, jalan yang pasti dan tidak akan membuat siapapun khawatir.

Dan disinilah quote hidup tak semudah bacotnya Mario Teguh bisa kita gunakan. Para motivator diluar sana akan menyuruh Anda untuk mengejar mimpi Anda, jangan dengarkan ucapan orang lain. Namun hidup tidak semudah itu. Inilah realita. Kita tak bisa menjadi apapun yang kita mau karna kita adalah makhluk hidup yang butuh sandang, pangan, papan dan sekedar mimpi tak akan menghidupi kita.

Dan begitulah kisah mengenai mimpi yang terkubur seiring bertambahnya usia. Tak apa-apa, itu bukan salah siapapun, itu sama sekali bukan kesalahan. Manusia mengubur mimpi mereka dalam-dalam dan mengagumi siapapun yang berhasil meraih mimpinya. Dan saat tiba di akhir cerita kita pun sadar bahwa tidak semua orang bisa menjadi orang hebat, orang-orang hebat adalah mereka yang hidup tanpa penyesalan apapun.

Quote:
Diubah oleh ih.sul 15-01-2022 07:29
asamboiganhyde13screamo37
screamo37 dan 31 lainnya memberi reputasi
32
7.1K
128
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.