• Beranda
  • ...
  • Inspirasi
  • 3 Kondisi Perasaan Tak Terduga, Namun Memiliki Nama Psikologis! Kamu yang Mana Gan?

powertitanAvatar border
TS
powertitan
3 Kondisi Perasaan Tak Terduga, Namun Memiliki Nama Psikologis! Kamu yang Mana Gan?
Dengan banyak ragam arti perasaan yang dimiliki oleh manusia menjadi makhluk sempurna yang telah diciptakan oleh Tuhan YME. Bagaimana tidak, agan akan mengalami berbagai lonjakan perasaan. Entah itu sedih, marah dan senang yang terus berganti tergantung keadaan yang dialami oleh agansis.

Para pakar psikologis bahkan menamai perilaku perasaan manusia, bahkan tak sadar pernah dilakukan oleh kita. Namun, tau nggak agansis suatu perasaan rumit yang ternyata diketahui memiliki nama dalam psikologis. Apa aja itu? Cekidot gan!

1. Sonder

(Sumber gambar)

Suatu kondisi yang dimana agansis memiliki perasaan pelik akan hidup, dimana agansis beranggapan bahwa penderitaan yang dialami juga menimpa orang lain. Disaat agansis mengalami hari yang buruk karena masalah dipekerjaan, seolah mesugesti pikiran bahwa orang lain yang terlihat murung pun sedang mengalami hal yang sama.

Kondisi ini pernah ane alami ketika dihantui rasa bersalah karena telah menyakiti temen ane dengan kata yang tak pantas. Rasa bersalah dan anggapan buruk mulai menggerogoti sugesti ane akan kehidupan orang lain.

2. Altschmer

(sumber gambar)

Kondisi dimana mengkhawatirkan sesuatu yang sama berulang kali namun meskipun sudah tak tertarik lagi akan hal tersebut tapi tetap saja kekhawatiran tersebut masih ada. Contohnya ketika agan khawatir terhadap rasa durian, agan akan selalu khawatir apabila menemukan durian berulang kali setiap akan pergi untuk bekerja. Rasa kekhawatiran tersebut akan selalu ada apabila adanya durian. Cukup aneh, namun ada beberapa orang yang mengalami jenis kekhawatiran ini didalam hidupnya.

3. Ruckkehrunrunhe

(sumber gambar)

Cukup sulit memang cara pengucapan kata tersebut, ruckkehrunrunhe adalah kondisi dimana perasaan yang senang tak terkira ketika akan maupun saat pulang kampung. Bagaimana tidak, ketika harus bekerja dan berhadapan dengan hiruk pikuk dikota. Perasaan ini pasti rindu dengan kampung halaman yang banyak cerita saat kecil maupun hanya sekedar rindu dengan pemandangan yang asri. Apalagi memiliki keluarga yang senantiasa berkumpul dan menunggu agansis untuk berkunjung ke kampung halaman. Rasa senang yang berbeda, seolah tak terungkap oleh kata-kata manapun.

Demikian perasaan yang tak terduga ternyata memiliki nama dalam psikologis. Bagaimana pendapat agansis ? Apabila agansis memiliki saran atau informasi lainnya bisa berikan tanggapan dikolom komentar. Sekian dari ane, see u next thread.

Narasi : Ulasan Pribadi
Referensi : Buku Tentang Psikologis
cheria021
zerauw
HeAVen_DoG
HeAVen_DoG dan 2 lainnya memberi reputasi
3
3.2K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Inspirasi
Inspirasi
icon
10.5KThread6.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.