ih.sul
TS
ih.sul
Sidney Sheldon, Penulis Novel Dewasa Terlaris Sepanjang Masa


Agan-sista sekalian suka membaca? Pasti pernah dong dengar nama Sidney Sheldon? Mungkin pernah baca bukunya atau setidaknya tahu siapa dia. Buat yang nggak tau, dia adalah seorang penulis asal Amerika kelahiran 11 Februari 1917 dan meninggal pada 30 Januari 2007. Beliau merupakan salah satu penulis paling laris sepanjang masa dan genre keahliannya adalah thriller dan 18+.

Sebelum menulis novel Sidney Sheldon merupakan penulis skenario drama, tv dan Hollywood dan keahliannya itu amat terasa dalam novel-novel yang dia tulis. Novel-novel Sheldon memiliki alur yang begitu cepat, latar yang berganti-ganti, karakter yang begitu banyak dan tentunya ketegangan yang membuat tangan tak bisa berhenti membalik halaman demi halaman.

Sheldon sering kali mengusung konsep wanita kuat sebagai karakter utama novelnya. Mereka cantik, cerdas dan memiliki pesonanya masing-masing. Sheldon juga selalu memiliki ide-ide brilian dalam merancang kejahatan dan tentunya dengan bumbu-bumbu ehm-ehm yang membuat jalan cerita semakin meriah.



Seluruh novelnya adalah novel dewasa namun jangan salah, novel ini dikategorikan dewasa karna mengandung banyak unsur yang tak cocok dengan anak-anak seperti menipu, senjata api dan hal-hal jahat lain yang melanggar hukum. Terkadang Sheldon juga memasukkan beberapa karakter gila yang tak bagus untuk menjadi panutan.

Apa yang begitu spesial dari novel-novel tulisannya? Jika harus memilih satu maka itu adalah kemampuannya untuk terus menjebak pembaca agar tidak menutup bukunya. Sheldon amat ahli dalam menggunakan 'teknik gantung' yang membuat pembaca memilih membaca satu bab lagi dan lagi dan lagi dan tanpa sadar jarum jam sudah menunjukkan tengah malam. Ceritanya juga amat singkat, padat dan jelas, tak bertele-tele dengan banyak kata yang tak ada maknanya.

Satu hal lagi, Sheldon jelas tahu apa yang dia tulis. Penulis ini sudah melihat segalanya dan dia menggunakan pengalaman itu untuk membuat ceritanya hidup. Tempat, kultur hingga sejarah, dia memiliki pengetahuan yang berguna dan memasukkannya di tempat yang tepat. Dengan membaca beberapa bukunya Anda akan diajak berkeliling dunia.



Tentunya Sheldon sendiri bukan tanpa kekurangan. Tak ada yang sempurna di dunia ini dan begitu juga sebuah cerita. Sheldon sering kali memasukkan karakter-karakter unik sebagai bumbu di setiap bab namun kemudian karakter-karakter ini menjadi tidak relevan ke depannya. Beberapa sifat karakternya terkesan dipaksakan untuk sesuai dengan alur dan ada plothole di beberapa buku yang berpotensi merusak seluruh isi cerita. Namun diluar semua kekurangan itu dia menggunakan gaya menulis uniknya untuk membuat kekurangan tersebut tidak diperdebatkan.

Well, Sidney Sheldon sudah meninggal 15 tahun yang lalu dan andai saja dia masih hidup saya sangat ingin melihatnya menulis crime-story dengan seluruh teknologi revolusi industri 4.0 ini. Namun seperti kata pepatah, manusia mati meninggalkan karya-karya mereka dan yang mati tak bisa hidup kembali. Yang bisa kita lakukan hanya mengenang dan berterima kasih atas karya-karyanya yang luar biasa.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.
djfelyekos4409974nyonyo2
nyonyo2 dan 23 lainnya memberi reputasi
24
9.2K
71
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.