abdulqadirzAvatar border
TS
abdulqadirz
Inilah yang Akan Terjadi Jika Tidak Ada Bank di Dunia Ini

Udah nyarinya susah, ngabisinnya cuma sekejap mata ia adalah uang kita. Itu makanya dari dulu sampai sekarang orang-orang pengen nyimpen uangnya. Dari mulai taruh di bawah kasur dan sampai akhirnya kita pun punya yang namanya bank. Tapi emangnya sepenting itukah bank buat kita? apakah gunanya buat nyimpen uang aja? dan apa yang terjadi kalau di dunia ini enggak ada bank?

Yang jelas kalau nggak ada bank, uang kertas dan uang logam yang kita pegang sekarang bakal jadi lenyap. Atau kalaupun masih beredar, tidur kita jadi nggak nyenyak karena pencuri jadi makin gampang nyolong uang itu. Itu cuma sebagian kecil aja dan nyatanya hal itu juga bakal ngaruh ke ekonomi negara karena harga jadi naik turun gak jelas. Pengusaha nggak bisa ngajuin modal dan impor atau ekspor barang ke negara lain juga jadi ribet. Kalau ngeliat sebegitu pentingnya, pertanyaannya sekarang apakah ada negara yang pernah hidup tanpa bank di zaman modern ini?

Quote:


Ternyata ada gaes. Selama 4 tahun negara tetangga kita yang satu ini yaitu kamboja yang saat itu dipimpin diktator yang punya ideologi sendiri sampai-sampai ngebubarin bank mereka. Semuanya gara-gara pengen lepas dari sistem pasar bebas dan milih buat hidup mandiri dengan bertani. Sayangnya keadaan ini justru bikin masalah yang akhirnya menyebabkan kemiskinan dan kelaparan besar-besaran saat itu. Akhirnya mereka pun gak kuat kekuasaannya runtuh dan bank pun kembali ada.

Oke sekarang kita tahu kalau bank itu udah susah lepas dari kehidupan. Tapi dari awal banget, bahkan sebelum uang pun ada, bank emang gunanya buat bantuin petani-petani di zaman dulu untuk minjem bibit buat bercocok tanam. Yang kemudian modalnya dibalikin tiap habis panen. Maju ke era modern, bisnis bank lebih maju dan orang-orang makin butuh buat mengirim dan terima uang di mana-mana. Intinya bank jadi tempat yang dipercaya buat ngatur. Gak cuma saldo tabungan, tapi juga nilai tukar mata uang negara-negara.

Quote:


Jadi mungkin di masa depan bank bakal makin diperluin sama kita. Mungkin aja sekarang ada lebih dari setengah orang dewasa di indonesia udah punya rekening bank, dan bayangin bisa semaju apa pengrajin kain, peternak kambing atau petani jagung di daerah-daerah kalau mereka punya rekening bank untuk bisa menjual hasil produksi mereka ke seluruh dunia.

Dan itulah yang selama ini dilakukan oleh bank mandiri. Tiap tahunnya sebagian besar uang mereka dipakai buat bangun dan majuin negara. Mirip di negara tetangga tadi juga lahir untuk bikin keadaan jadi lebih baik terutama setelah krisis dan kerusuhan di negeri kita waktu itu. Nama bank ini diberikan langsung oleh pemimpin negeri saat itu almarhum pak Habibie.

Tujuannya jelas yaitu ingin mendorong negeri kita jadi lebih mandiri, dan itulah yang udah dan akan dilakukan bank mandiri di masa depan buat bikin layanan perbankan jadi mudah diakses. Oke segitu dulu untuk thread ane kali ini, thread ini sifatnya entertainment yang bersumber dari keresahan ane di sosial media ya gan. Kalau kurang informatif ya tolong dimaklumi. Kalau menyinggung ya mohon maaf. Terimakasih udah baca, jumpa lagi di thread ane selanjutnya.


Referensi: Opini pribadi & Inspirasi
Sumber gambar: Tertera
@abdulqadirz©2022
goeltom25338186
catros
MemoryExpress
MemoryExpress dan 14 lainnya memberi reputasi
7
6.2K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.