• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 7 Kecurangan Kernet Bis Era 90an, Kamu Pernah Jadi Korbannya Gan?

iskrim
TS
iskrim
7 Kecurangan Kernet Bis Era 90an, Kamu Pernah Jadi Korbannya Gan?


[ HT# 907, HT# 910 ]

Dulu, di tahun 90 an bahkan mungkin di tahun sebelumnya, khsususnya di DKI Jakarta kendaraan pribadi tidak sebanyak sekarang. Mayoritas masyarakat menggunakan jasa angkutan umum salah satunya, bis. Dengan daya angkut banyak bis menjadi sarana transportasi massal yang diidolakan dan dinantikan kehadirannya.

Sebagaimana jalur lain, agar tetap tertib bis-bis memiliki area atau trayek jalan yang sudah ditentukan. Tapi bukan tanpa kendala, meski sesama satu trayek terkadang mereka saling bersaing memperebutkan penumpang dijalan. Ya, itu hanya dilakukan oleh bis yang curang karena mencuri start rejeki temannya sendiri.

Akibat persaingan yang tidak sehat dan hal itu sering terjadi maka para penumpang lah yang dirugikan dan menjadi korban kecurangan kelakuan para kru bis seperti yang saya tulis di bawah ini:



Pertama. Bilang dibelakang macet panjang. Padahal sang kernet maunya mengangkut semua penumpang yang dia temui, otomatis bis dibelakangnya tinggal mengangkut sisanya saja.

Kedua. Kernet bilang dibelakang gak ada bis karena bisnya sedang rusak. Alasan ini dibuat kernet nakal supaya para penumpang 'mau tidak mau' naik bisnya. Penumpang akan berfikir kalau tidak naik sekarang bisa terlambat ke suatu tempat.

Ketiga. Teriak kosong. Nih kadang juga bikin kesel, kernetnya teriak "Kosong, dua lagi.." ternyata begitu kita naik sudah terisi penuh, kadang malah berdiri dan bisnya langsung tancap gas biar kita gak bisa turun. Grr.

Keempat. Keneknya bilang "Langsung berangkat..., " tapi kenyataannya itu bis jalannya kek siput kekenyangan, dan yang paling epik lagi memang sih langsung jalan bisnya, kitanya udah seneng, tapi eh.. ternyata malah puter balik masuk ke terminal lagi.. Grr.



Kelima. Harga gak sesuai tiket. Kasus bis gak mau angkut anak sekolah karena bayar lebih murah dulu sering kita dengar dengan alasan kru bis gak bisa nutup setoran. Tapi kecurangan lain juga bisa terjadi ketika pelajar tetap diangkut tapi dipaksa bayar harga umum.

Keenam. Penumpang diturunin di tengah perjalanan. Saya juga dulu sering mengalami ini, yang bikin kesel itu bis malah puter balik nggak sampai tujuan dan akhirnya kita harus menunggu bis dibelakangnya. Otomatis urusan kita jadi terlambat jadwal meeting kita jadi kacau.



Ketujuh. Nyasarin penumpang. Ini juga kelakuan kernet dan supir bis yang curang. Awalnya mereka bilang ke penumpang sesuai tujuan, tapi setelah sadar kita malah diajak muter-muter dan begitu sampai terminal kecil kita disuruh naik bis lain tujuan sebenarnya. Alasannya bis mereka sedang rusak atau mengaku hanya sebagai bis pengumpan.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 16-01-2022 05:25
EriksaRizkiMagusrezapratam4screamo37
screamo37 dan 39 lainnya memberi reputasi
40
16.6K
188
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.