• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Nostalgia 10 Game Java Populer Sebelum Zaman Smartphone Seperti Sekarang

cintadineAvatar border
TS
cintadine
Nostalgia 10 Game Java Populer Sebelum Zaman Smartphone Seperti Sekarang


Apa game mobile yang sekarang ini sedang tren? Pasti jawabannya adalah Genshin Impact, Free Fire, PUBG Mobile atau pun Mobile Legends. Game mobile zaman sekarang memang terbilang sudah setara dengan konsol dengan grafiknya yang semakin baik. Berkat perkembangan teknologi yang begitu pesat, game mobile pun semakin berkembang cepat pula.

Bandingkan saja dengan era enam atau tujuh tahun yang lalu di mana game yang terkenal di mobile mungkin hanyalah Clash of Clans dan bahkan sepuluh tahun yang lalu yang terkenal adalah Angry Birds.

Jika kita melihat ke belakang lagi, maka ada era game Java yang masih terbilang primitif namun di masa itu cukup digemari sebagai hiburan.

Nah, berikut ini adalah sejumlah game mobile di zaman hp Java dulu.

1. King Kong



Game ini sempat diiklankan di tv Indonesia dengan bunyi "ketik REG spasi KK kirim ke 9090". Iklan yang menyedot pulsa sampai ke akar-akarnya.

Game ini sebenarnya dirilis untuk PS2 dan versi Javanya adalah versi super kecilnya dan sangat sederhana. Game ini diangkat dari film berjudul sama. Lumayan seru sih gameplaynya, pernah memainkannya?

2. Assassin's Creed



Sama seperti King Kong, game Java Assassin's Creed ini juga pernah diiklankan di tv Indonesia. Merupakan versi game hp dari Assassin's Creed yang dirilid pada 2007 untuk Playstation 3. Gameplaynya pun cukup seru dan kita memainkan karakter Ezio ibn La'Ahad untuk melewati semua rintangan yang ada. Sekuelnya pun berlanjut ke Assassin's Creed II dan seri ketiganya.

3. Prince of Persia



Masih dari game yang berasal dari Ubisoft yaitu Prince of Persia di mana versi Playstation 2 juga cukup terkenal di kalangan gamers. Di versi Java ini gameplaynya sangat menarik untuk ukuran game hp saat itu. Rintangannya cukup menantang untuk ditaklukan dan grafiknya juga termasuk lumayan untuk game Java.

4. PES 2011



Ya, game sepakbola juga sudah sudah ada di era game Java termasuk PES 2011. Tentu saja grafiknya masih sangat primitif. Saat itu game ini bersaing dengan Real Football buatan Gameloft. Keunikan dari game ini adalah bisa multiplayer dengan koneksi bluetooth dan tentu saja mainnya harus saling berdekatan. Kalau sekarang mungkin Dream League Soccer ya kalau di Android.

5. Gangstar Rio: City of Saints



Salah satu game Java buatan Gameloft yang dulu sempat digemari karena memang seru. Kalau tidak salah sempat ada versi Androidnya tapi ane lupa judulnya. Gameplaynya mirip GTA tapi dengan grafik yang masih 2D. Pemain bisa melakukan berbagai misi layaknya GTA beneran.

6. Asphalt 3: Steet Rules



Sebelum ada Asphalt 9 yang kualitas grafiknya ajigile dan menyerupai konsol, dulu di zaman Java yang terkenal adalah Asphalt 3 yang dirilis sekitar tahun 2007. Game Java ini dulu bisa dimainkan di hp Nokia yang sudah berbasis Java dan lebih enak dimainkan di Nokia Symbian. Berkat seri ini, Asphalt terus dibuatkan seri lainnya dan bertahan hingga sekarang.

7. Wonder Zoo: Animal Resque




Game buatan Gameloft ini dulu banyak terinstal di hp Nokia yang qwerty termasuk di seri Nokia Asha. Masih berbasiskan Java, Wonder Zoo adalah game simulasi kebun binatang yang cukup mengasyikan untuk dimainkan. Game ini dulu cocok dimainkan oleh anak-anak karena bentuk dan para karakternya yang lucu-lucu dan imut.

8. Tom Clancy's Splinter Cell: Double Agent



Game ini dulu menjadi salah satu game Java yang paling banyak didownload di situs gratisan seperti Waptrick dan Gratisindo. Tom Clancy's Splinter Cell yang satu ini adalah versi game mobile dari game aslinya yang dirilis untuk berbagai platform termasuk PS2 dan PS3.

9. Bounce



Kalau yang satu ini sih memang legend banget sebagian pecinta Nokia di zaman dulu pernah memainkannya. Gameplay yang sangat sederhana yaitu mengendalikan balon agar sampai ke tempat tujuan tanpa pecah ataupun terjatuh ke jurang. Dulu game ini efektif untuk menghilangkan rasa jenuh.


10. Little Big City



Dulu sempat ada versi Androidnya namun sebelum itu ada juga versi Javanya yang juga cukup digemari. Kemungkinan game ini terinspirasi dari Sim City namun jauh lebih sederhana. Ane sih dulu sempat main versi Androidnya waktu tahun 2014 dan memang bagus sih kalau dibandingan yang Little Big City 2.

Nah, ada game Java lainnya atau justru agan pernah memainkan salah satu game di atas? emoticon-Games


Quote:
bondan05
Adamfachrizal
red.wangyi
red.wangyi dan 29 lainnya memberi reputasi
30
10.7K
109
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.