• Beranda
  • ...
  • Sports
  • Deretan Stadion Megah di Indonesia Dengan Kondisi Memprihatinkan

shadowoflionAvatar border
TS
shadowoflion
Deretan Stadion Megah di Indonesia Dengan Kondisi Memprihatinkan
Halo, agan & sista warga Kaskus semuanya, selamat datang di thread pertama ane!
Di thread pertama ini, ane ingin membahas salah satu elemen penting di olahraga favorit ane yaitu sepakbola. Namun bukan pemain, pelatih, atau klub yang ingin ane bahas melainkan arena tempat para jagoan-jagoan si kulit bundar menunjukkan kebolehan nya yaitu Stadion.

Pastinya sudah banyak agan & sista yang tahu tentang beberapa stadion-stadion megah di negeri kita, contohnya, Gelora Bung Karno (Jakarta), Gelora Bung Tomo (Surabaya), Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang), Stadion Batakan (Balikpapan), dsb. Namun sayangnya ada beberapa stadion-stadion megah yang justru terbengkalai & memprihatinkan kondisi nya, berikut di-antaranya.

1. Stadion Palaran / Stadion Utama Kaltim


View Stadion Palaran dari sudut ketinggian

source : tribunwiki

Stadion yang rampung dibangun pada tahun 2008 ini terletak di Kota Samarinda, yang merupakan Ibu kota Provinsi Kalimantan Timur, dengan biaya pembangunan yang menghabiskan dana Rp 800 Milyar, stadion ini dimaksudkan sebagai main-venue pada ajang PON XVII 2008 di Kalimantan Timur.

Stadion yang di rancang oleh Ir. I Gusti Ngurah Antaryama bersama tim dari Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya ini berkapasitas +60.000 orang sekaligus mencatatkan diri sebagai stadion dengan kapasitas terbesar ketiga di Indonesia dibawah Jakarta Internasional Stadium yang masih dalam tahap pembangunan, & Stadion Gelora Bung Karno.

Namun amat disayangkan setelah perhelatan PON XVII 2008 selesai, stadion ini sudah jarang digunakan pada kompetisi sepakbola major di negeri ini, sehingga perawatan yang dilakukan hanya seadanya yang menyebabkan kemegahan stadion ini nyaris hilang seperti yang berhasil diabadikan di foto-foto berikut ini.


source : kumparan.com


source : jawapos.com

source : selasar.com

Faktor terbesar mengapa stadion ini berakhir memprihatinkan adalah dikarenakan lokasi Stadion ini jauh dari pusat kota Samarinda ditambah lagi akses menuju Stadion ini masih kurang memadai, sehingga klub lokal Samarinda yang berlaga di Liga 1 Indonesia, yaitu Borneo FC lebih memilih ber-markas di Stadion Segiri yang masih terletak di area pusat kota Samarinda, ditambah lagi biaya perawatan stadion se-megah ini tentu memakan biaya besar & akhirnya perawatan stadion ini tidak maksimal.

2. Stadion Utama Riau

Stadion Utama Riau pada saat baru diresmikan

source : wikipedia

Selanjutnya adalah Stadion Utama Riau. Stadion yang merupakan stadion terbesar di pulau Sumatera ini terletak di Pekanbaru, Ibu Kota Provinsi Riau. Stadion ini mulai dibangun pada tahun 2009 dengan tujuan sebagai main venue PON XVIII 2012 lalu yang dihelat di Provinsi Riau.

Stadion yang mampu menampung kapasitas sampai 44.000 orang ini menelan biaya fantastis saat pembangunan nya, yaitu senilai Rp 1,18 Triliun! sungguh angka yang teramat besar untuk pembangunan sebuah stadion. Namun kini stadion ini berada dalam kondisi memprihatinkan, bahkan beberapa waktu yang lalu, beberapa media nasional memberitakan bahwa area kompleks stadion ini telah disalahgunakan sebagai tempat mesum, kondisi ini diperparah dengan beberapa infrastruktur di stadion ini yang tidak terawat seperti yang berhasil diabadikan dalam beberapa foto-foto dibawah ini.


source : kumparan.com


source : antaranews

Sama hal nya dengan Stadion Palaran, anggaran biaya perawatan yang terlalu besar menjadi penyebab mengapa stadion ini menjadi tak terawat, klub lokal Pekanbaru yang kini berlaga di Liga 2 Indonesia yaitu PSPS pun lebih memilih bermarkas di Stadion Kaharuddin Nasution yang terletak di Rumbai, dibanding memakai stadion ini.

3. Stadion Barombong


Rancangan Stadion Barombong

source : Rakyatku.com

Terakhir, ada Stadion Barombong yang terletak di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Stadion yang berlokasi di dekat pantai Losari ini didirikan dengan maksud sebagai homebase baru bagi tim kebanggaan masyarakat Sulsel, yaitu PSM Makassar. Namun apa daya stadion yang direncanakan berkapasitas 40.000 penonton yang pembangunannya dimulai dari 2011 ini justru malah mangkrak hingga sekarang, dan belum jelas kapan akan dilanjut kembali pembangunannya.

Dibandingkan 2 stadion sebelumnya, stadion inilah yang paling mengenaskan nasibnya, stadion-stadion sebelumnya hanya terkendala biaya perawatan namun masih cukup layak untuk menggelar pertandingan sepakbola. Dugaan kuat dana pembangunan stadion ini dikorupsi oleh pejabat setempat, ditambah lagi berhembus kabar bahwa kontraktor yang mengerjakan stadion ini tidak kompeten sehingga terjadi kesalahan konstruksi khususnya pada bagian tribun penonton stadion ini.

Kini keadaan stadion ini sudah menyerupai candi, tak terurus & jorok adalah kesan pertama dari stadion Barombong.


source : detik.com

.

.

.

.

Harapan ane, ke depan nya tidak ada lagi stadion-stadion megah di Indonesia yang bernasib seperti stadion-stadion di atas, sayang anggaran & bahkan mencoreng nama dari daerah tempat stadion tersebut berdiri.

Oke sekian thread pertama ane, maaf bila masih banyak kekurangan di thread ini. See you in next thread!
Diubah oleh shadowoflion 11-01-2022 15:56
garpupatah
prabas
zerauw
zerauw dan 30 lainnya memberi reputasi
31
11.6K
148
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
Sports
icon
22.9KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.