• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kenalan Dengan Ameca, Robot Humanoid Yang Real Tampak Seperti Manusia

curry30uaAvatar border
TS
curry30ua
Kenalan Dengan Ameca, Robot Humanoid Yang Real Tampak Seperti Manusia

Sumber : https://www.designboom.com/technolog...ts-12-27-2021/ 

Jaman benar-benar sudah berubah. Dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat para skeptis dan beberapa orang-orang dengan keyakinan spiritual dan beragama akan semakin bersilang pendapat dengan temuan-temuan dan penelitian di bidang science baik dari luar angkasa dan bentuk-bentuk lainnya di bidang teknologi dan robotic.

Yang paling mudah kita temui, sudah ada mata uang yang bebas tanpa diganggu oleh monetary policies seperti cryptocurrency. Bukan hanya orang-orang yang disebutkan di atas, pemerintah pun mulai kebingungan dan mencari-cari cara untuk mengendalikan kemajuan teknologi yang begitu pesat yang membawa berbagai macam terobosan-terobosan yang jarang dilihat masyarakat luas. Hal ini sangat mungkin membuat paradigma baru di tengah-tengah masyarakat dunia untuk ber-transisi ke jaman yang lebih mutakhir. 

Kabar yang paling mencengangkan adalah sebuah robot humanoid pertama yang dapat dengan "real" dan nyata memilki ekspresi layaknya manusia pada umumnya. Robot humanoid ini diberikan nama "Ameca". Robot humanoid Ameca ini membuat kaget para pengunjung dan para peserta acara pameran teknologi, Consumer Electronic Show 2022, di Las Vegas, Amerika. 


Sumber : https://www.designboom.com/technolog...ts-12-27-2021/ 

Ameca dikembangkan oleh sebuah perusahaan teknologi di Inggris yang bernama Engineered Arts. Jika kita melihat sekilas bentuk dari Ameca, kita akan diingatkan langsung dengan salah satu film terkenal yang dibintangi aktor ternama, Will Smith yaitu I, Robot. Kemungkinan besar wujud dari Ameca ini terinspirasi dari film tersebut sehingga dari mulai wajah hingga tangannya sudah hampir mirip dengan robot yang ditayangkan pada film I, Robot. 

Selain ekspresi wajah yang menakjubkan. bentuk AI dari Ameca ini dikabarkan sudah diupdate dengan ekspresi terbaru yang seperti marah atau ekspresi tidak nyaman jika seseorang menyentuh bagian yang Ameca tidak suka seperti hidung nya. Jika kita lihat dari beberapa video, Ameca akan mengernyitkan wajahnya jika seseorang menyentuh bagian hidungnya. Namun dikabarkan, robot humanoid Ameca ini belum bisa berjalan layaknya manusia biasa dan masih perlu pengembangan yang lebih dalam.

Yang paling spektakuler adalah, sudah ada beberapa orang yang melakukan interview kepada Ameca. Ada yang bercerita bahwa ketakutan dan kekhawatiran akan respon yang diberikan dapat membuat jalannya interview tidak nyaman. Namun ternyata alhasil beberapa interview dikabarkan berjalan dengan baik. Karena Ameca disebutkan sudah bisa menjawab pertanyaan dengan settingan AI yang lebih baik dari sebelum nya. 


Sumber : https://plugavel.com/5732/tech/ameca...umanoid-robot/ 

Sebenarnya perusahaan Engineered Arts sudah dibentuk dan melakukan reset sejak 2005 yang lalu dengan berbagai percobaan yang sudah dilakukan. Ternyata hasil dari perkembangan tersebut menghasilkan sesuatu yang lebih "freak" daripada percobaan yang sebelumnya hingga menghasilkan robot humanoid Ameca yang sangat mirip dengan manusia. 

Perkembangan Ameca ini tentu berkat hadirnya perkembangan Artificial Intelligence yang sangat pesat dan menghasilkan beberapa teknologi yang baru dan modern. Untuk itu beberapa pihak mulai mengkhawatirkan dampak yang akan ditimbulkan oleh kemajuan ini terutama design robot humanoid yang nampak sungguh seperti manusia. 

Ada kemungkinan dampak yang akan muncul di masa depan tentang AI layaknya seperti yang di katakan founder Tesla yaitu Elon Musk yaitu "it's far dangerous than nuke". Kemungkinan kengerian dimasa depan akan terjadi dan sudah di wanti-wanti oleh founder Tesla ini. Apakah perkembangan AI akan berbuah baik dimasa depan atau malah sebaliknya ? ... nobody knows...













Sekian ... emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Thank You !!! ... emoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beer

sumber tambahan :
http://www.xinhuanet.com/english/nor...a83a559/c.html 
https://www.dailymail.co.uk/sciencet...hers-hand.html 
https://geektyrant.com/news/check-ou...humanoid-robot 
azhuramasda
black.robo
MUF0REVER
MUF0REVER dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.3K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.