• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Baru Turun Sekolah Offline Langsung Tawuran! yang Salah Pelajarnya atau Sistemnya?

abdulqadirzAvatar border
TS
abdulqadirz
Baru Turun Sekolah Offline Langsung Tawuran! yang Salah Pelajarnya atau Sistemnya?

Pas sekolah pengennya libur. Pas udah libur pengennya cepet-cepet turun sekolah. Itulah yang zaman TS dulu rasakan pas masih sekolah. Dan mungkin dulu juga dirasakan oleh agan sista yang sekarang udah jadi emak dan bapak-bapak hehe.

Kalo dulu itu pas liburan sekolahnya panjang, sekitar 2 mingguan pasti lama-lama bosen. Karena banyak faktor kayak di rumah di uring-uring emak, gak bisa ketemu sahabat, dan tontonan tv itu-itu aja. Makanya liburan 4-5 hari aja sebenarnya cukup. Terus pengen cepet-cepet turun sekolah biar bisa maen dan belajar bareng sahabat.

Quote:


Kalo zaman sekarang itu beda banget yah. Apalagi semenjak ada virus corona. Vibes nya jadi anak sekolahan tuh kayak gak ada gitu. Apa yang ane perhatikan dari keponakan ane adalah cerminan anak sekolah zaman sekarang. Pokoknya beda jauh ama kita dulu gan. Kayak belajarnya udah boleh pakai smartphone (karena online class), terus tatap muka nya pakai aplikasi, tiap hari tugas, dan sosialisasi nya sama kawan-kawan jadi berkurang.

Ya sebenarnya pembelajaran dulu vs sekarang tentunya sama-sama ada plus dan minusnya. Tapi ada yang gak bisa ilang dari negatifnya pelajar zaman dulu sama sekarang. Yaitu "tawuran". Eh gak semua pelajar di negara kita tawuran ya. Cuma di kota-kota besar kayak jakarta gak usah ditanya lagi.

Quote:


Padahal kemaren pas online class sempat gak ada loh kasus tawuran. Eh baru aja turun ke selolah (offline class) langsung ada kasus tawuran. Terjadi pada kamis tanggal 6 januari 2022 lalu, di jl. abdul muis cideng jakarta pusat. Tawuran yang sempat terjadi antar pelajar itu dibubarkan warga yang geram. Sebenarnya yang salah manusianya atau sistem pembelajarannya?

Menurut ane, kalau disalahkan manusia nya bisa sih. Tapi pas kita lihat lagi ke daerah-daerah lain di indonesia, gak ada tuh pelajar nya tawuran kayak di jakarta. Lalu apakah salah sistem belajarnya? Salah cara mendidiknya? Hmm bisa juga sih. Cuma kalau kita bandingkan pembelajaran di jakarta sama di daerah lain kayak di kabupaten ane jelas beda loh. Bisa dikatakan lebih bagus pembelajaran di jakarta atau kota besar.

Tapi nyatanya malah di jakarta yang pelajarnya pada tawuran. Padahal dari segi waktu, kualitas belajar, sama fasilitas lebih bagus di jakarta ketimbang di kabupaten ane. Lantas apa yang membuat para pelajar tawuran?

Quote:


Menurut ane, para pelajar di jakarta bisa tawuran itu karena pergaulannya. Ini menurut ane aja ya. Seperti yang tergambar pada film "serigala terakhir". Atau kota lain kayak filmnya "dilan". Itu apa yang mencolok dari sebab terjadinya tawuran? Yap geng atau komplotan atau perkumpulan. Jadi dalam geng tersebut ada pergaulan yang tidak baik.

Gep-gepan antar geng, bersitegang, plus anak-anak nya yang emosinya masih labil. Yaudah deh terjadi tuh tawuran. Sebenarnya gak semua pelajar di jakarta atau kota besar yang gabung geng lalu kerjaaannya tawuran. Masih banyak juga yang geng dan pergaulannya positif. Contoh yang digambarkan film "yowisben".

Yah terlepas dari apa sebabnya, kita semua berharap agar le depannya generasi muda kita mau mengerti kalau sebenarnya tawuran itu gak ada gunanya. Kecuali tersalurkan emosi sesaat aja hehe. Oke segitu dulu untuk thread ane kali ini, thread ini sifatnya entertainment yang bersumber dari keresahan ane di sosial media ya gan. Kalau kurang informatif ya tolong dimaklumi. Kalau menyinggung ya mohon maaf. Terimakasih udah baca, jumpa lagi di thread ane selanjutnya.


Referensi: Opini pribadi & Googling
Sumber gambar: Tertera
@abdulqadirz©2022
EriksaRizkiM
goeltom25338186
screamo37
screamo37 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
9.8K
207
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.