twisctreAvatar border
TS
twisctre 
Pandemi, Kaskus Malah Makin Sepi?
Covid 19 meningkatkan penetrasi internet di Indonesia secara gila-gilaan. Tapi kenapa Kaskus malah tambah sepi? Sisa pengguna lamanya?

Kajian dari kaskuser sangat banyak, mulai dari masalah internal Kaskus sendiri (yang sebenarnya nggak terlalu menurunkan minat), dan alasan nomor satu: media sosial berbasis video menggempur Indonesia. Kaskus benar-benar terbunuh sepi sekitar tahun 2019, ketika media berbasis video mulai digemari. Menjadi semakin parah saat pandemi tiba dan media berbasis video makin menggempur ruang maya kita (YouTube aja mulai kalah sama Tiktok!)

Ohiya ane kaskuser dari 2010, tapi ganti ID pada 2015 mengingat yang lama alay banget. ID inilah yg membuat ane diangkat jadi enthusiast di subforum broadband #491 walau jadi jarang aktif juga akhir2 ini.

penyebab kaskus sepi scr teknis

Abaikan dulu masalah internal/sosial di forum ini deh. Kita bicara technical dulu, di mana penyakit ini menerpa forum-forum lain di luar sana spt forum komputer, forum skyscrapercity. Apa aja penyebabnya?

1. Bahasan tidak terpusat

Berkaca dari forum-forum spt skyscrapercity (dan subforum kaskus di luar Lounge) sebaiknya memusatkan diskusi suatu topik di 1 thread. Termasuk di Lounge ini juga.

Lounge ini mau diarahkan jadi blog umum sama pihak Kaskus sendiri, dgn Kaskus Kreator, padahal kaskuser kepengen lounge ini sesuai nama, bisa bikin thread nyeleneh. Dan kaskuser bisa mencari obrolan di 1 THREAD, bukan 1 subforum!!!

2. Budaya "bikin thread harus bagus"

Budaya membuat lonje seperti blog yg bisa diakses umum (dan ada forum diskusi) kurang relevan zaman sekarang, dgn kecenderungan artikel media online singkat-singkat, gambarnya cuma 1 atau 2, dipakai utk rame-rame (silakan lihat pola berita di detikcom).

Kaskuser maunya bikin thread, buka diskusi langsung ketik aja, seperti (yg sudah bagus) di haduaha. Persis di forum saingan milik asing... (quora). Sayang management kaskus maunya lonje itu kayak blog yg dirias kiri kanan, masih pakai paradigma 10 tahun lalu yg sudah obsolete. Padahal zaman skg yg dimau ya readability

3. Gempuran grup WA dan FB

Sejak 2008 memang platform zuckerberg ini membuat mati banyak komunitas. 2 tahun terakhir sejak FB sering seenaknya melakukan censorship, orang mulai lari ke tempat lain, namun kaskus tak terpikirkan sbg pelarian loh. Larinya ke silicon valley lagi yg denger2 pandangan politiknya mirip

Kaskus sudah ada member only forum, misalnya CCPB, forum donatur, tapi yah begitulah, beda sensasinya. Whatsapp lebih berasa privasinya sehingga orang ngomong makin gak diayak, karena merasa aman.

4. Post tidak bisa dihapus sendiri

Ini masalah besar yg bikin banyak forum di dunia mati... Sisaan forum komputer, forum teknik yg msh rame di belahan dunia lain. Namun sepertinya scr teknis, struktur coding kaskus sulit/ga bisa diubah supaya menghapus postingan sendiri. Forum2 lain di dunia kegerus reddit karena hal ini.

5. VBulletin memang ketinggalan zaman

Silakan baca ini: https://www.cisecurity.org/advisory/...on_2019-100-2/

VBulletin memiliki kerentanan soal hacking forum (alias ini Kaskus bisa jalan tanpa kendali momod dan mimin) , dan masalah data pribadi forumer yang tidak dilindungi berlapis spt di sosmed. Makanya, banyak forum yang terpaksa tutup pada akhirnya , atau berubah mjd bukan berbasis vbulletin, misalnya yg saya sudah sebut forum SSC (ganti sejak 2019). Data pribadi di WA aja bisa kebobolan, apalagi kalau tidak ada perlindungan kayak vbulletin.

Mengingat hal ini, kaskus TERPAKSA mengganti tampilan pada 2013. Transisi tak akan pernah mudah, dan buktinya banyak kaskuser yg kabur karena nggak nyaman, bahkan ketika kaskus UI/UX nya sudah kembali enak spt skg. Forum2 lain yg terpaksa transisi pun akhirnya sering tiba2 mati, tiba2 down, butuh bertahun2 transisi dan Kaskus cukup cepat tanggap soal vbulletin ini.

Buat yang pengen balik ke tampilan vbulletin, maaf aja platform itu sudah ditinggalkan di seluruh dunia krn ketidakamanan data pribadi

5. Kebanyakan subforum

Forum sebelah yg ane kenal (dan iya pakai username twisctre jg) memiliki 6 subforum sih, itu juga ada usulan dr forumer utk menggabungkan SF jadi satu. Ketika ane dan tmn2 mau bikin forum ala-ala di wordpress, lgs ditegur "kok sf nya kebanyakan".

Kaskus harus disimplifikasi lagi, dengan maaf sangat terpaksa akan menghabisi banyak sf dari zaman kegelapan. Apalagi sf sponsor di BP harus ditutup juga, sangat terpaksa.... Namun ini bisa diakali dgn membuat subforum baru dan lock (read only) sf-sf lama.

Saran ane kaskus di merger subforum sisa sesuai kategori yg skg

1. Story
2. Hobby
3. Games
4. Entertainment (semua sf hiburan dimerger ke lounge 21)
5. Female
6. Tech
7. Automotive
8. Sports (semua anak2 sf sports tmsk sf bola dimerger)
9. Food and travel
10. News


Sekian thread ane, maaf kalo soal dagumen/mimin berpolitik, blackpanda, dsb saya gak komen. Karena bukan hal teknis, dan kaskus masih lumayan rame stlh hal2 itu. Nah, setelah sosmed berbasis video singkat bermunculann, habislah forum ini... Terima kasih.
matcha.tea.1402
Gailham
kuolung
kuolung dan 12 lainnya memberi reputasi
13
7.3K
139
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.