c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Atheisme Di Timur Tengah! Ada Apa Ini?




Sebelum membahas masalah theis, pikiran kita perlu dibuka seluas-luasnya agar tidak berfikiran sempit dan bisa memahami kenapa di bumi ini kok bisa terjadi banyak theis, otomatis mereka yang percaya dengan Tuhan namun tidak ingin memiliki theis tentunya juga akan ada mereka inilah yang disebut agnostic atau atheis.

Dari tahun 2019 hingga sekarang di wilayah Timur Tengah sedang dilanda atheisme yang terus berkembang. Menarik bukan sebagai basis dari agama samawi terbesar kini mengalami guncangan iman yang sungguh luar biasa.

GIF

Kita tahu saat ini benua eropa sudah tidak lagi menjadi benua dari agama kristen, memang Austria dan Polandia masih tinggi! Tapi sebagian besar eropa sudah kehilangan sentimen keagamaannya, sudah kehilangan rasa keberagamaannya.

Di Swedia, Norwegia bisa mencapai 85% tidak lagi beragama atau kita bilang atheis. Apalagi daerah timur eropa bekas jajahan Soviet.



Kalau kita membicarakan eropa dimana atheis berkembang itu tidaklah heran, mereka menjunjung tinggi sekuler. Tetapi kalau hal ini muncul di Timur Tengah, dimana banyak negara disana menerapkan hukum-hukum agama dalam bernegara? Tentu saja ini menjadi tanda tanya bukan?

Kita melihat Iran dimana perkembang atheis disana sangat pesat, hingga membuat pertumbuhan itu menjalar ke banyak wilayah Timur Tengah ini sungguh berita yang sangat luar biasa.



Tentu timbul pertanyaan apa alasan mereka sebenarnya menjadi atheis?

Dari beberapa hasil survey yang dilakukan oleh peneliti, didapatkan inti dari alasan yang cukup masuk akal dan logika.

"Karena mereka tidak bisa membedakan mana agama dan mana kepentingan politik di negaranya"



Jadi ketika pemerintah memberikan kebijakan yang tidak menyenangkan rakyatnya, mereka mengutip Al-Qur'an mereka mengutip Hadist, dan mereka menyatakan bahwa itu adalah bagian dari syariah Islam.

Ketika di demo, para pendemopun menyatakan bagian dari syariah Islam. Maka disini bagi orang awam akan merasa bingung dimana harusnya agama membawa kedamaian dan ketentraman malah ribut-ribut, dan keduanya menyatakan atas nama agama.



Jadi ketika ada kebijakan yang kurang baik dan mengutip ayat Al Qur'an mereka yang awam pun beranggapan simple ternyata kebijakan itu berasal dari Al Qur'an. Maka secara otomatis bagi mereka yang tidak suka dengan kebijakan itupun mencari agama baru atau menyatakan diri tidak beragama sama sekali.

Disinilah atheis yang berkembang dari Iran merembet ke Mesir, dengan alasan yang hampir sama dengan Iran. Apalagi Mesir juga terkena imbas dari Arab spring, yang dimana peristiwa Arab Spring terjadi akibat Revolusi Melati di Tunisia pada akhir tahun 2011. Dalam Revolusi Melati, muncul aksi self immolation (bakar diri) seorang pemuda Tunisia bernama Muhammad Bouazizi. Aksinya ini menumbuhkan semangat wilayah Timur Tengah lainnya untuk menuntut ketidak adilan.



Jadi di Mesir ketika imbas Arab Spring terjadi membuat peryataan antara dua kelompok ulama baik di bagian pemerintah dan non pemerintah saling perang fatwa, hal ini terjadi di tahun 2013 dimana Sheikh Yusuf al-Qardawi telah mengeluarkan fatwa yang mendesak warga Mesir mengabaikan seruan pimpinan militer untuk menggelar demonstrasi besar, sementara Kepala angkatan bersenjata Mesir, Jenderal Abdel Fattah al-Sisi sebelumnya menyerukan aksi massa yang besar untuk mendukung tindakan keras militer atas “terorisme dan kekerasan” setelah militer menggulingkan presiden Mohamed Mursi. Qardawi sendiri, selama ini dianggap sebagai tokoh spiritual bagi Ikhwanul Muslimin yang mendukung Mursi.

Jadi sehingga banyak orang awam sudah tidak bisa membedakan apakah ini kepentingan politik atau agama, karena keduanya memakai dalil agama dan keduanya punya kepentingan politik.



Di tengah perseteruan kelompok itu tentu ada orang yang gamang dan bingung lantas menyerah, ya sudah mereka menyatakan diri lebih baik tidak beragama saja sekalian alias atheis, mereka beranggapan kalau Tuhan ingin kunfayakun terjadi, seharusnya tidak membiarkan hal ini terjadi karena akan berdampak pada perang saudara.

Contoh simple, kalau saja gansis menjadi orang tua lalu punya anak yang meninggal karena ledakan seorang terorist dan bertakbir ketika melakukan itu? Apa yang gansis lakukan? Apakah iman mu tidak terguncang, melihat anakmu meninggal dengan teriakan nama Tuhan?



Di Timur Tengah ketika konflik hal seperti ini banyak terjadi, maka tak heran iman merekapun terguncang dan kemudian menjadi atheis.

Hal itu juga merembet ke Saudi Arabia, yang notabene pusat kiblat dari agama Islam dan alasannya pun relatif sama, karena ketika Pemerintah mereka menyerang dua negara sekaligus yaitu ke Suriah untuk menggulingkan pemerintahannya dan satu lagi ke Yaman untuk mempertahankan pemerintahannya.



Dimana senjata Saudi Arabia berasal dari Amerika Serikat, Israel, tapi digunakan untuk menyerang negara yang notabene seiman. Hal ini tentu membuat masyarakat disana pun menjadi heran! Masyarakat pun bimbang mengapa kekerasan harus berdalih agama?

Tentunya ini keprihatinan kita bersama, semoga timur tengah tidak lagi bergolak. Membahas hal ini harus dengan kepala dingin, jangan memakai emosi dan sekali lagi benar tidaknya hal ini mungkin bisa mencari referensi dari media-media besar lainnya.

Pada dasarnya memang agama Islam ini susah untuk disekulerkan, karena Nabi Muhammad sendiri adalah tokoh negara bukan hanya tokoh spiritual. Jadi ketika mencampurkan agama dengan politik, tentu resikonya ini cukup besar, karena pada dasarnya prinsip agama harus menjadi dasar kebijakan politik. Tetapi kita harus berfikir rasional dan menolaknya kalau ada agama malah dijadikan alat untuk kebijakan politik.



Di Indonesia sendiri hal ini sudah mulai terjadi antara kelompok politik petahana dan incumbent, keduanya memiliki poros ulama yang berlawanan. Dan sentimen agama dibawa untuk memperkuat kedudukannya, disini kita harus aware kalau itu terjadi dalam jangka panjang bukan tak mungkin atheis juga akan meningkat di Indonesia.

Sedangkan kita sendiri tahu dasar negara ini dibangun dari agama, yang multi kultur. Yuk, kita muhasabah diri jangan sampai beragama tapi malah berbuat kerusakan bukan kedamaian.

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik, klik, klik, klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star



Diubah oleh c4punk1950... 28-12-2021 14:03
garpupatah
aldiy84
suteragordyn
suteragordyn dan 50 lainnya memberi reputasi
51
13.7K
285
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.