• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Langsung Nanya di Kolom Komentar Ketimbang Baca Informasi, Itu Indo Banget

abdulqadirzAvatar border
TS
abdulqadirz
Langsung Nanya di Kolom Komentar Ketimbang Baca Informasi, Itu Indo Banget


Warga plus enam dua emang gak mau ribet. Apapun postingannya, lihat komentar adalah jalan ninja. Karena memang lewat komentar semua ringkasan informasi ada disitu. Gak cuma ringkasan, kadang juga ada penjelasan, jawaban, maupun tambahan dari informasi postingan. Misal nih ada berita, dan beritanya bersifat narasi. Narasi nya panjang lebar dan gak ada gambar, pasti 80% netizen langsung menuju ke komentar.

Bukannya naif, tapi emang bener gaes. Terkadang informasi yang gak disertakan gambar, alih-alih malah cuma teks panjang lebar hanya akan membuat malas orang untuk mencari baca. Endingnya informasi akan sedikit sulit sampai kepada si penerima informasi. Yah selain karena faktor malas baca sih hehe.

Quote:


Warga kita emang minat baca nya rendah. Pasti udah sering dengar kan soal itu? Sedikit banget yang emang benar-benar suka baca. Ada yang ngaku aja suka baca tapi sebenarnya di suatu momen dia juga malas. Kecuali emang orang yang terlahir untuk baca. Kalo sekedar ada waktu luang baru baca sih belum disebut suka atau hobi ya. Kalo dimana-mana baca dan hampir gak ada waktu untuk gak baca, baru itu hobi baca.

Minat baca rendah? contoh kasus kayak postingan berikut gaes. Ada sebuah penelitian tentang minat baca rendah antar negara-negara salah satunya memuat indonesia peringkat ke berapa. Nah disitu kontennya gak cuma gambar tapi ada juga tulisannya. Yah meskipun kecil dan peletakannya agak acak ya. Tentang minat baca rendah, eh langsung ada komentar netizen yang isinya nanya indonesia peringkat berapa. Kan kocak haha.

Quote:


Langsung dikasih bukti dari warga kita gans haha. Postingannya tentang negara dengan minat baca rendah, indo masuk terus ada penjelasannya peringkat berapa, eh masih ada aja yang nanya peringkat berapa, kan berarti gak baca yak haha. Dan kalo dia gak baca postingan yang teks nya cuma segitu, itu berarti dia malas atau gak minat baca kan haha. Dasar warga kita nih entah sengaja biar lucu atau memang original lolot nya wkwk.

Terlepas dari itu memang literasi warga kita rendah, minat baca orang kita cuma 0,001% , terus ditambah kemakan hoax tanpa liat secara utuh langsung menyimpulkan aja. Nah yang ane tanya, solusinya gimana caranya biar warga kita bisa meningkatkan minat literasi? Pake bantuan gambar udah, pake konten yang menarik juga udah, terus mau nya apa? Pake gambar cewek tanpa busana haha. Ya gak lah.

Masyarakat indonesia malas baca? Ya emang. Apalagi kalau bacaannya gak ada gambar wuih malah dilewatin gitu aja hehe. Sebenarnya gak semua masyarakat indonesia malas baca sih. Cuma minat nya aja yang gak ada hehe. Kalo posisi kepepet kayak di squid game gitu, yang taruhannya nyawa pasti juga mau minat baca nya tinggi kok hehe. Ane tutup trit ini dengan yuk minat baca. Entah itu novel, komik, maupun bacaan lain. Ada konten? Cari tau jawabannya di komentar adalah jalan ninja kita bersama wkwk.

Oke segitu dulu untuk thread ane kali ini, thread ini sifatnya entertainment yang bersumber dari keresahan ane dilingkungan sosial ya gan. Emang paling enak jadi tanaman kaktus aja ya gan biar gak ketemu kayak ginian di dunia per-acting-an wkwk. kalau kurang informatif ya tolong dimaklumi. Kalau menyinggung ya mohon maaf. Terimakasih udah baca. Jumpa lagi di thread ane selanjutnya.


Referensi: Opini pribadi & [URL=https://S E N S O Rnn076PLWHT]tweet[/URL]
Sumber gambar: Tertera
@abdulqadirz©2021
legiunoskar
theresiaeguchi
Okutet
Okutet dan 7 lainnya memberi reputasi
8
4.6K
60
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.