• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ternyata Oh Ternyata, Tetangga Terdekat Bumi Bukan Venus Maupun Mars Tapi Merkurius

ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Ternyata Oh Ternyata, Tetangga Terdekat Bumi Bukan Venus Maupun Mars Tapi Merkurius


Masih ingat pelajaran sains tengan tata surya? Kalau begitu coba sebutkan nama-nama planet sesuai urutan berdasarkan jaraknya ke matahari. Hmm, gampang. Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus (bye bye pluto). Selian itu masih banyak lagi planet-planet lain yang tidak tersinar oleh matahari namun abaikan saja itu untuk sekarang, mari kita fokus pada bumi.

Pertanyaannya adalah, planet mana yang jaraknya paling dekat dengan bumi? Well, kalau menurut urutan planet sih maka jawabannya antara Mars atau Venus namun sebenarnya jawaban yang paling tepat adalah Merkurius. Nah, kok bisa?



Jadi gini gan, kalau agan percaya teori Heliosentris maka agan pasti tau kalau bumi dan semua planet lain berevolusi mengelilingi matahari dan setiap planet memiliki waktu revolusinya masing-masing. Nah, jika pengukurannya menggunakan jarak terdekat memang benar bahwa Venus lebih dekat dengan bumi namun karna periode revolusi yang berbeda Venus lebih sering berada di jarak yang jauh.

Dan disitulah Merkurius masuk. Periode revolusi Merkurius adalah 88 hari atau sekitar seperempat revolusi bumi. Itu artinya Merkurius dan Bumi menghabiskan waktu 4 kali lebih banyak dibandingkan dengan Venus sehingga jika kita mengambil nilai rata-rata maka Merkurius sebenarnya lebih dekat dengan Bumi.



Contoh sederhananya begini; Anda punya tetangga yang rumahnya cuma 5 meter dari rumah Anda sedangkan sahabat karib Anda rumahnya ada di ujung kompleks. Pertanyaannya, Anda lebih dekat dengan yang mana? Jika pertanyaannya adalah jarak rumah maka tetangga Anda memang lebih dekat namun sebenarnya yang paling dekat dengan Anda adalah orang yang menghabiskan waktu paling banyak bersama Anda.

Hmm…. Jarak adalah sebuah konstanta yang universal sehingga jaraknya bisa diukur dengan ukuran yang baku. Apakah Anda lebih suka menggunakan perhitungan metode jarka terdekat atau jarak rata-rata ya terserah Anda, ini hanyalah sedikit informasi yang mungkin bisa membantu Anda nantinya.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

sumur
Diubah oleh ih.sul 24-12-2021 03:57
a.w.a.w.a.w
adakus
nyimak92
nyimak92 dan 36 lainnya memberi reputasi
35
11.1K
90
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.