cintadineAvatar border
TS
cintadine
Ini Dia Gan, 4 Versi Windows Terbaik dan Paling Berpengaruh Sepanjang Masa


Microsoft Windows mungkin bisa disebut sebagai salah satu produk teknologi yang paling berpengaruh di dunia. Bagaimana tidak? OS ini begitu sangat populer dan membuat ekosistem yang bergantung pada Microsoft.

Produk Windows pertama diluncurkan pertama kali dengan Windows 1.0 pada 1985 dengan graphic user interface (GUI). Bill Gates sebagai otak di balik kesuksesan Microsoft Windows pun sempat menjadi orang terkaya di dunia berkat perusahaannya tersebut.

Dalam sejarahnya, Windows sudah dirilis dalam beberapa versi di setiap masanya. Mulai dari Windows 1.0 (1985) sampai yang terbaru adalah Windows 11 yang baru saja diluncurkan pada Oktober 2021. Ada versi Windows yang disebut sebagai produk gagal yaitu Windows Vista dan juga Windows 8. Kedua versi tersebut dianggap sebagai yang terburuk.

Jika ada yang disebut terburuk, maka tentu saja ada yang terbaik dan paling berpengaruh. Nah, Windows apa sajakah itu?

1. Windows 7



Diluncurkan pada 2009, Windows 7 menggantikan Windows Vista yang gagal total itu. Seperti yang diketahui, jika Vista merupakan versi Windows yang benar-benar buruk dengan muncul bug di sana-sini. Kegagalan Vista membuat sebagian besar pengguna lebih memilih stay di Windows XP.

Namun Windows 7 datang menyelamatkan dan membuat Microsoft kembali mendapatkan apa yang harusnya didapat. Dengan desain UI yang simpel dan mudah dimengerti, Windows 7 memperbaiki semua yang ada di XP dan meningkatkan apa yang sudah ada di XP. Bahkan hingga saat ini, masih cukup banyak pengguna yang masih menggunakan Windows 7 walaupun Windows 10 sudah ada sejak enam tahun lamanya.

2. Windows XP



Sistem operasi Windows yang legendaris ini diluncurkan pada 2001 silam. Banyak pengguna yang merasakan kenangan versi Windows yang satu ini. XP memang membawa performa yang powerfull dan bisa dibilang melebihi zamannya, makanya versi ini bisa bertahan sangat lama. XP datang dengan UI yang begitu fresh dan cemerlang jika dibandingkan dengan versi-versi terdahulunya. Saking dicintai oleh pengguna, banyak yang enggan untuk meninggalkan XP.

Bahkan pihak Microsoft pun sampai kewalahan dan memperpanjang dukungan tambahan untuk XP sampai 2014 dari yang semula berhenti memberikan dukungan pada 2009.

3. Windows 10



Windows 10 datang pada 2015 sebagai jawaban atas kegagalan Windows 8. Seperti yang diketahui jika Windows 8 memiliki banyak kekurangan yang banyak dikeluhkan oleh pengguna, mulai dari antarmuka yang membingungkan, hilangnya tombol start, dan hal yang lainnya. Dalam Windows 10, Microsoft menjadikan sistem operasi buatan mereka ke jalan yang seharusnya dan nampaknya itu cukup berhasil.

Windows 10 terbilang stabil dan sebagian besar pengguna cukup nyaman dalam menggunakannya. Perbaikan dalam segi antarmuka memang menjadi yang paling terasa dalam versi ini, mengingat versi sebelumnya yaitu Windows 8 yang antarmukanya dikritik habis-habisan.

Ya, Windows 10 berhasil mengembalikan semuanya.

4. Windows 95


Sesuai dengan tahunnya, versi ini dirilis pada 1995 dan mengokohkan Microsoft sebagai perusahaan teknologi yang produknya banyak digunakan di perkantoran, pendidikan, sampai para profesional. Windows 95 menandai 10 tahun beredarnya Microsoft Windows dan memberikan perubahan yang cukup besar. Tak lama setelah itu, dirilislah Microsoft Office 95 yang juga memberikan pembaruan yang cukup baik.

Siapa yang tidak tahu tombol Start? Ya, pertama kali tombol itu muncul di versi Windows 95 dan jadi ciri khas Windows sampai saat ini.


Itu dia gan, 4 versi Windows yang terbaik dan paling berpengaruh. Coba di sini ada enggak yang enggak pernah pakai Windows XP? emoticon-Ngakak

Quote:



black.robo
mr.green13
zerauw
zerauw dan 23 lainnya memberi reputasi
22
13.1K
159
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Computer Stuff
Computer Stuff
icon
50.4KThread8.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.