• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bikin Nostalgia, Berikut 5 Aplikasi Windows Jadul yang Pernah Temani Masa Kecil Agan

cintadineAvatar border
TS
cintadine
Bikin Nostalgia, Berikut 5 Aplikasi Windows Jadul yang Pernah Temani Masa Kecil Agan


Kita tahu jika Microsoft Windows merupakan OS perangkat komputer yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Kita bahkan sudah familiar dengan Windows sejak kecil karena di sekolah biasanya sudah diajarkan program-program dasar Windows seperti Microsoft Office.

Sebagai pengguna PC desktop ataupun laptop, sekarang ini tentunya kita lebih sering menggunakannya untuk bekerja dan browsing, ataupun sebagai media hiburan seperti nonton film dan gaming. Windows sekarang memang sudah semakin canggih dan bahkan lebih banyak digunakan untuk pekerjaan berat seperti editing video dan gaming AAA.

Tapi masih ingatkah agan ketika dulu kita pertama kali mengenal Microsoft Windows, masih kecil dan sangat awam terhadap perangkat komputer? Saat itu kebanyakan Windows yang digunakan adalah Windows 98 atau Windows XP. Nah, gan untuk bernostalgia sejenak, berikut ini beberapa aplikasi Windows jadul yang dulu waktu kecil sering dimainkan.

1. Bermain dengan WordArt



Saat mempelajari Microsoft Word di sekolah (ane sih waktu SMP), salah satu fitur yang menarik adalah adanya Wordart. Yaitu fitur untuk mempercantik dan memberikan efek pada tulisan. Ada beberapa pilihan template dalam Wordart. Menciptakan tulisan dengan Wordart saja kala itu sudah terasa menyenangkan. Sekarang fitur ini sudah jarang digunakan karena memang pilihan desain font yang sudah berkembang.

2.Winamp



Winamp adalah software pemutar musik yang dulu populer di Windows, pemutar musik ini biasanya wajib tersemat pada Windows XP. Pertama kali diluncurkan pada 1997 dan kemudian berhenti update pada 2013. Pada 2014 Winamp diakuisisi oleh Radionomy dan meluncurkan versi terbaru hingga 2018. Saat ini belum ada lagi update terbaru dari Winamp. Di warnet, Winamp sering digunakan oleh penjaga warnet untuk memutar lagu yang didengarkan oleh seluruh pengunjung warnet.

3. Microsoft Paint



Aplikasi Microsoft Paint adalah aplikasi bawaan Windows yang sudah ada sejak 1985 atau sejak Windows 1.0, fungsinya adalah untuk menggambar sederhana dan ditambah dengan pewarnaan. Karena fungsinya yang sangat sederhana, maka jangan harap aplikasi ini akan sama dengan Adobe Photoshop. Dulu di masa kecil anak yang lahir di tahun 90an, Paint sering kali digunakan untuk iseng-iseng menggambar dan mewarnai.

4. Game Klasik






Dulu ketika internet masih mahal dan belum merata, kalau bermain di PC biasanya hanya memainkan game yang sudah terinstal. Yang sudah terinstal tentu saja game bawaan Windows dan game ringan lainnya. Game klasik antara lain ada Pinball 3D, Solitaire, Free Cell, dan Minesweeper. Game ringan lainnya seperti Zuma sudah terasa cukup menyenangkan.

5. Clippy (Office Assitant)



Yang dulu pernah belajar Microsoft Office di sekolah (pakai Windows XP atau Office 2003) pasti mengenal fitur yang satu ini. Yaitu sesosok animasi clip pembatas kertas yang muncul di kanan bawah layar saat kita membuka Word, Excel, atau Power Point. Fungsinya adalah menjelaskan dan membantu pengguna dalam penggunaan dasar Microsoft Office. Fitur ini hanya ada di Office 98 dan 2003. Setelah itu Clippy tidak digunakan lagi.

Nah, gan ada hal lainnya enggak yang membuat kita nostalgia pada Windows jadul?emoticon-Ngakak

Quote:
S E N S O R3
alifrian.
Luxyn
Luxyn dan 28 lainnya memberi reputasi
29
11.1K
163
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.