• Beranda
  • ...
  • Health
  • Begini Nih 5 Cara Sederhana Mengenali Jenis Jamur Beracun

deganijo001Avatar border
TS
deganijo001
Begini Nih 5 Cara Sederhana Mengenali Jenis Jamur Beracun


Jamur adalah tumbuhan yang tidak memiliki zat hijau daun atau klorofil sehingga bersifat  heterotrof atau memperoleh makanan dari organisme lain. Berbagai macam panganan olahan yang berasal dari jamur menjamur di seantero dunia. Bahkan, jamur tercatat sebagai salah satu bahan makanan termahal di dunia. Harga jamur truffle, misalnya, bisa terjual hingga Rp150 juta per kilogram.

Jamur memang rendah kalori, tetapi kaya akan protein, serat, dan vitamin, serta mineral. Selain itu, jamur juga mengandung antioksidan, selenium dan polisakarida, serta vitamin D2 (ergokalsiferol).

Secara alami, seperti dikutip laman ksdae.menlhk.go.id dari Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, jamur banyak dijumpai di hutan dan pegunungan terutama pada musim hujan. Tidak semua jamur bisa dimakan karena ada sebagian di antaranya ada yang beracun dan membahayakan kesehatan.

Jamur merang (Volvariella volvacea) dan kuping (Auricularia polythrica) adalah sebagian dari jenis jamur yang bisa dimakan, sedangkan Amanita phalloides dan Amanita virosa adalah sebagian dari jenis jamur beracun.

Baca : Jangan Gegabah Beli Obat Secara Online, Cek Dahulu 4 Hal Berikut

Jamur Amanita phalloides merupakan salah satu jamur paling beracun dari jenis jamur payung. Racunnya dapat menyebabkan iritasi, rasa sakit yang parah serta kerusakan pada mata dan kulit, sedangkan jamur Amanita virosa dapat merusak organ hati dan ginjal secara singkat. Lantas bagaimana cara membedakan jamur beracun dan tidak? 

Pertama, amatilah terlebih dahulu bentuk serta sifat jamur tersebut karena akan sangat berbahaya apabila kita tidak mengenal serta membedakan antara jamur yang beracun dan yang tidak beracun. 

Kedua, jamur beracun biasanya memiliki warna mencolok, bau tidak sedap dan mudah hancur apabila diraba serta memiliki bintik-bintik mencolok di sekitar tudungnya. Warnanya yang mencolok terkadang membuat kita jatuh hati dan ingin mencoba mencicipinya, padahal jamur tersebut merupakan jenis jamur beracun dan berbahaya apabila dikonsumsi. 

Ketiga, jangan mengambil jamur yang belum mekar dengan benar karena hal ini akan sulit bagi kita untuk mengetahui jenisnya. 

Keempat, jangan memakan jamur yang bergetah saat dipotong. 

Kelima, jangan mengambil jamur dari tempat yang kotor dan berbau.

Waspada mengonsumsi jamur terutama saat beraktivitas di alam. Untuk amannya, makanlah jamur yang sudah dibudidayakan, sedangkan jamur yang beracun masih perlu penelitian untuk mengetahui fungsinya. 

Sumber : https://bisnisindonesia.id/article/l...rjamur-beracun




Diubah oleh deganijo001 21-12-2021 10:37
cheria021
mashbrow
mashbrow dan cheria021 memberi reputasi
2
3.9K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.