• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Part Motor dan Mobil yang Sebaiknya Diganti Beradasarkan Kilometer, Sering Terlewat!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Part Motor dan Mobil yang Sebaiknya Diganti Beradasarkan Kilometer, Sering Terlewat!


[ HT# 886 ]

Merawat motor atau mobil perlu dilakukan agar kendaraan tetap sehat dan awet. Jangan hanya memakainya mau, bahkan sekedar mencucinya saja kadang orang masih malas melakukannya. Tega bener.

Aneh ya, giliran kendaraan terlihat kotor malah ngeluh, giliran ada bagian yang gak fungsi jadi kesal, dan giliran mogok atau habis bensin kendaraan dimaki-maki dan malas mendorongnya. Ini sih maunya make doang!

Kendaraan bermasalah tentu ada sebab dan akibatnya, kalau kita tidak sadar dan cuek saja dengan urusan perawatan pada kendaraan bisa berakibat fatal karena berhubungan langsung dengan kenyamanan dan faktor keselamatan kita ketika berkendara.



Kendaraan yang jarang dipakai saja tetap butuh perawatan dan penggantian rutin seperti oli misalnya, terlebih mobilitas kita termasuk sering dan tinggi tentu part kendaraan juga harus lebih sering diperhatikan dan perlu penggantian juga.

Memperhatikan mengganti oli secara berkala sesuai buku service adalah cara terbaik, tapi waktu penggantian sendiri kadang perlu lebih cepat karena sehari-harinya kendaraan seringkali kena macet, sering bawa beban berat, sering menanjak, akibatnya kekentalan dan kualitas oli jadi berkurang. Waktunya ganti oli.



Nah, beberapa part fast moving selain kampas rem, filter udara, busi, dan ban rupanya part lain seperti seal karet, lampu, sarung jok perlu juga diperhatikan agar kendaraan tetap prima dan nyaman.

Mengganti karet seal yang kendor dan getas bisa mengurangi kebocoran dan getaran mesin, mengganti lampu perlu dilakukan jika mulai redup apalagi tidak menyala, sarung jok yang mulai bolong, mengeras, kotor yang sulit dibersihkan sebaiknya memang ikut diganti.



Bagaimana caranya agar kita tidak ribet mengurusi perawatan ini? Biasanya jika kita datang ke bengkel langganan mereka akan memberikan notifikasi via hp, alternatif lain adalah membuat jadwal sendiri lewat alarm hp soal jadwal service sehari sebelum datang ke bengkel, mintalah booking ke mekanik agar tidak ikut mengantri atau carilah mekanik berpengalaman biasa panggilan ke rumah.

Ini semua demi perawatan dan kesehatan kendaraan kita. Tentu saja jika semua itu dilakukan yang diuntungkan si pemiliknya sendiri karena kendaraan tidak pernah ngambek dan kitapun jadi nyaman selama diperjalanan.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 21-12-2021 14:51
makola
ulermaboq
nawreem
nawreem dan 25 lainnya memberi reputasi
24
10.3K
125
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.