ryanhasbie
TS
ryanhasbie
5 Kesalahan Ketika Interview, Bikin Gagal Diterima Kerja!

Berbagai usaha telah dilakukan untuk melamar pekerjaan, namun tidak ada satupun lamaran yang lolos atau gagal diterima pada saat interview. Kegagalan tersebut bisa jadi karena sikapmu saat melakukan interview dan kesalahan saat melakukan interview.

Kemungkinan besar sikapmu ketika diwawancarai ada yang salah, berbicara terlalu berlebihan, atau tutur kata yang kurang sopan. Hal tersebut bisa kita cari tahu pada pembahasan kali ini. Berikut lima kesalahan saat interviewkerja yang harus kamu ketahui dan jadikan pelajaran agar tidak ditolak lagi saat melamar pekerjaan.


1. Bertele-tele ketika menjawab pertanyaan

Kesalahan pertama yang bikin kamu gagal diterima kerja yakni selama melakukan sesi tanya jawab dengan interviewerkamu bicara dengan bertele-tele. Tentunya dengan aktif berbicara akan menjadi nilai tambah, namun jika tidak jelas arahnya malah bikin bingung.
Bertele-tele ketika menjawab pertanyaan akan menunjukan bahwa kamu memiliki tingkat fokus yang rendah dan memiliki cara berpikir yang rumit. Didalam dunia kerja yang dibutuhkan adalah ketepatan agar tidak membuang-buang waktu.

2. Berlebihan ketika menceritakan diri sendiri

Menceritakan tentang dirimu merupakan salah satu hal yang pasti ada ketika melakukan sesi wawancara. Biasanya, jawabannya mengacu pada keseharian, kegiatan, dan hubungan keluarga. Hal ini bertujuan agar  interviewer tahu siapa kamu dan bagaimana keperibadianmu.
Jika kamu terlalu berlebihan dalam menceritakan tentang dirimu bahkan sampai pada hal yang tidak perlu dibicarakan, bisa jadi itu akan menjadi sebuah kesalahan yang membuat kamu gagal diterima kerja.

3. Terlalu membanggakan koneksi pada tempat kerja yang kamu lamar

Memiliki rekan, saudara, atau koneksi pada perusahaan yang kamu lamar memang sangatlah bagus dan akan menjadi nilai tambah ketika melakukan interview. Tapi perlu kamu ketahui hal ini juga memiliki risiko yang tinggi.
Kalau kamu berlebihan dalam membanggakan koneksimu yang kamu kenal disana, bisa-bisa lamaranmu akan ditolak oleh mereka. Beberapa perusahaan memiliki aturan yang tidak memperbolehkan satu keluarga untuk bekerja diperusahaan dan ditempat yang sama.

4. Bersikap tidak sopan saat interview

Saat melakukan interview kamu diharuskan untuk menciptakan kesan pertama yang bagus dan membekas, namun bukan berarti kamu bisa bicara seenaknya. Contohnya menanyakan hal pribadi pada orang yang sedang mewawancaraimu. Hal kecil maupun hal besar atau karena penasaran menanyakan hal yang bersifat pribadi pada saat interview kerja merupakan sikap yang sangat tidak sopan.
Dengan begitu kamu akan dinilai sebagai orang yang tidak tahu etika dan tidak tahu sopan santun dan akan menyebabkan kamu ditolak.

5. Tidak sopan ketika ditanya perihal gaji

Kesalahan yang terakhir yang akan membuatmu gagal diterima kerja yaitu ketika ditanya perihal gaji yang kamu inginkan, tapi kamu menjawab dengan tidak sopan. Contohnya kamu menyebutkan nominal dengan jumlah besar melebihi kemampuan dan pengalaman yang kamu miliki.
Sebagian interviewer akan menanyakan hal ini untuk menguji sebesar apa kamu menghargai skill dan kemampuanmu dalam bekerja. Ketika gaji yang diinginkan tidak  sesuai dan terlalu besar akan memberikan kesan yang negatif. Alangkah baiknya sesuaikan dengan pengalaman dan kempuanmu, ya.
Nah, itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan ketika melakukan interview kerja yang bikin kamu ditolak dan gagal kerja. Kamu harus bersikap sopan dan berbicara seperlunya agar lamaranmu tidak ditolak. Terapakan dan selalu diingat ya!

indrastridscreamo37agancantik5
agancantik5 dan 21 lainnya memberi reputasi
20
7.2K
201
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.