iskrim
TS
iskrim
Riset: Inilah Jajanan yang (Paling) Banyak Dijual Di Indonesia


[ HT# 888 ]

Bicara sejarah makanan di Indonesia sepertinya akan panjang dan membuat lapar yang mengikutinya. emoticon-Big Grin Hehe. Bisa saya buktikan di daerah saya tinggal yang namanya penjual makanan dari mulai jalan kampung sampai mendekati jalan arteri dipenuhi pedagang.

Kalau saya amati penjual disini terbagi jadi dua, penjual yang asli profesinya memang sebagai penjual dan satu lagi penjual 'iseng' menjual sesuatu karena mereka punya lahan kosong. Keduanya sama-sama menjual dan menawarkan sesuatu.

Yes, tapi tahukah kamu kalau dipukul rata penjual apa yang paling banyak ditemui? Apakah kamu pernah mengamatinya? Seberapa banyak mereka? Seberapa lama mereka berdagang? Apa saja yang mereka jual?



Di daerah saya ternyata banyak pedagang menjual makanan yang olahan dasarnya dari usaha 'menggoreng', entah itu gorengan tempe, aneka jajanan ala korea, pecel ayam, ayam goreng ala ka ef ci, seblak, cakwe, martabak, nasi goreng, tahu bulat rambutan, olahan daging burung, seblak, pisang coklat, tahu crispy, batagor, singkong keju, mpek mpek palembang, pisang goreng pasir, tahu bakso dan sederet nama lain.

Wah, kalau diurut ternyata memang cukup banyak dan panjang penjual bergerak dalam usaha kuliner yang cara masaknya berhubungan dengan teknik menggoreng di daerah saya. Itu baru lingkup 5 RW, belum kelurahan.

Mengapa ini bisa terjadi? Simpelnya menurut saya karena bahan dasarnya mudah didapat, mudah dibuat, proses masaknya tidak terlalu lama, lokasi menjual tak perlu terlalu besar dan dekat, harga murah, jajanan ringan berat di waktu kapan saja, selera merakyat, aneka resep olahan membuat gorengan banyak ditemukan dalam bentuk dan variannya.



Ternyata, setelah saya kelompokkan seperti diatas banyak juga ya penjual yang usahanya dari teknik goreng. Alasan lain mengapa jajanan ringan menggoreng ini begitu disukai dan populer menurut saya adalah karena ada sensasi kriuknya, ada rasa gurih pedasnya, dan tekstur makanannya membuat selera makan jadi semakin kuat.

Nah, lalu bagaimana dilingkungan tempat tinggalmu apakah disana juga didominasi oleh usaha yang mayoritas jualannya harus di goreng dulu? Share yuk disini sekarang, siapa tahu kita dekat dan bisa saling bertukar informasi 'jajanan' yang enak dan sehat. emoticon-Big Grin Hehe.




Sebuah opini
Img. Gugel



Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 22-12-2021 11:34
pakdejossgrandiscreamozerauw
zerauw dan 20 lainnya memberi reputasi
21
11K
120
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread11.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.