• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kenapa Julid dengan Kehidupan Orang Lain Sering Terjadi Sekarang? Ini Dia Alasannya

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Kenapa Julid dengan Kehidupan Orang Lain Sering Terjadi Sekarang? Ini Dia Alasannya
Pernah julid atau usil terhadap kehidupan orang lain dengan memberikan komentar negatif?
Waspadai sikap tidak tahu diri


Manusia terlahir di dunia sebagai makhluk sosial, itu sudah jelas dan tidak perlu ditanyakan.

Semua orang membutuhkan orang lain untuk mencukupi kebutuhan atau apapun itu, karena memang pada dasarnya tidak ada orang yang bisa hidup tanpa bantuan orang lain.

Sebagai makhluk sosial tentu rasa simpati dan empati harua ada dan dipupuk terus menerus. Sebab jika seseorang tidak memiliki rasa simpati dan empati terhadap sesama maka mereka akan kehilangan perasaan ingin membantu dan cenderung lebih bertindak semena-mena karena sudah tidak merasa butuh bantuan.

Di era modern ini telah banyak orang yang bertindak semena-mena cenderung julid dan mudah mencaci maki orang. Selalu ikut campur dengan kehidupan orang lain bahkan yang tidak kenal sekalipun.

Hujatan-hujatan keji layaknya lalapan makan harian. Berkutat di media sosial untuk saling mencaci, membully, dan menghina sudah menjadi kebiasaan.

Lantas apa yang melatarbelakangi kebiasaan dari sikap julid dan ikut campur dengan kehidupan orang lain tersebut?

Mari kita ulas alasan-alasannya agar tahu dimana letak kesalahannya.


sumber gambar

1. Merasa Diri Sendiri Paling Baik
Merasa diri sendiri paling baik dapat mengakibatkan seseorang merasa paling sempurna dan ingin merendahkan orang lain yang dianggap tidak lebih baik.

Seburuk-buruknya sikap seseorang adalah mereka yang merasa paling baik, padahal perasaan tersebut muncul karena keterlenaan seseorang yang malas untuk introspeksi diri atas kekurangan sendiri dan terlalu percaya diri tanpa memperhitungkan bahwa manusia tidak ada yang sempurna.

Munculnya bullying dan body shaming adalah akibat dari seseorang menganggap rendah orang dengan kekurangan dan membandingkan dengan diri mereka sendiri yang menurutnya tidak memiliki kekurangan, itulah sebabnya mereka dengan mudah mengata-ngatai orang.

2. Ingin Ikut Campur
Mudah merasa penasaran dan ingin ikut campur dengan urusan orang, ini juga bisa menjadi alasan kenapa seseorang nyaman mengomentari hidup orang GanSis.

Orang yang memiliki rasa penasaran tinggi terhadap masalah orang lain bahkan cenderung ingin ikut terlibat di dalamnya entah itu menjadi provokator, atau berperan sok baik, juga bisa menjadi alasan kenapa banyak orang yang tidak dikenal namun seolah-olah tahu segalanya.

Hindari orang dengan sikap seperti ini karena aib Agan dan Sista tidak akan pernah aman di tangan oranf yang seperti ini.

3. Senang Melihat Orang Lain Susah
Senang melihat orang lain susah tentu ini bukan sebuah istilah baru.
Banyak orang yang bersenang-senang di atas penderitaan orang lain baik itu secara terang-terangan ataupun di balik layar mentertawakan.

Dapat dikatakan orang yang merasa senang saat melihat orang lain susah adalah orang dengan gangguan jiwa, sebab mereka sendiri masih merasa sakit hati saat orang lain bahagia di hadapan mereka.

4. Pansos
Julid dengan kehidupan orang lain bisa terjadi juga karena alasan pansos alias panjat sosial.

Saat ini banyak orang terkenal yang memanfaatkan masalah orang lain untuk panjat sosial dan ingin ikut terkenal karena kasus atau masalah yang ada.

Orang-orang seperti ini biasanya datang di momen-momen tertentu yang menurut mereka menguntungkan.



Itulah beberapa alasan yang menyebabkan kebanyakan orang saat ini mudah menghina, jail, julid, atau ikut campur dengan kehidupan orang lain baik di real life ataupun media sosial.

Banyak kasus netizen terjaring penangkapan atas kasus pencemaran nama baik dan juga tindakan tidak menyenangkan adalah karena terlalu ikut campur terhadap kehidupan orang lain yang tidak dikenal.

Semoga thread ini bermanfaat, dapat memberikan sedikit informasi dan peringatan agar tidak lagi banyak orang yang mudah ikut campur dengan urusah hidup orang lain.




Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
rinto.sg
screamo37
primzlegacy666
primzlegacy666 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
7.4K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.