Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
107
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61bd697deeb7ac16806fdae7/kenapa-julid-dengan-kehidupan-orang-lain-sering-terjadi-sekarang-ini-dia-alasannya
Pernah julid atau usil terhadap kehidupan orang lain dengan memberikan komentar negatif? Waspadai sikap tidak tahu diri Manusia terlahir di dunia sebagai makhluk sosial, itu sudah jelas dan tidak perlu ditanyakan.
Lapor Hansip
18-12-2021 11:54

Kenapa Julid dengan Kehidupan Orang Lain Sering Terjadi Sekarang? Ini Dia Alasannya

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Kenapa Julid dengan Kehidupan Orang Lain Sering Terjadi Sekarang? Ini Dia Alasannya
Pernah julid atau usil terhadap kehidupan orang lain dengan memberikan komentar negatif?
Waspadai sikap tidak tahu diri


Manusia terlahir di dunia sebagai makhluk sosial, itu sudah jelas dan tidak perlu ditanyakan.

Semua orang membutuhkan orang lain untuk mencukupi kebutuhan atau apapun itu, karena memang pada dasarnya tidak ada orang yang bisa hidup tanpa bantuan orang lain.

Sebagai makhluk sosial tentu rasa simpati dan empati harua ada dan dipupuk terus menerus. Sebab jika seseorang tidak memiliki rasa simpati dan empati terhadap sesama maka mereka akan kehilangan perasaan ingin membantu dan cenderung lebih bertindak semena-mena karena sudah tidak merasa butuh bantuan.

Di era modern ini telah banyak orang yang bertindak semena-mena cenderung julid dan mudah mencaci maki orang. Selalu ikut campur dengan kehidupan orang lain bahkan yang tidak kenal sekalipun.

Hujatan-hujatan keji layaknya lalapan makan harian. Berkutat di media sosial untuk saling mencaci, membully, dan menghina sudah menjadi kebiasaan.

Lantas apa yang melatarbelakangi kebiasaan dari sikap julid dan ikut campur dengan kehidupan orang lain tersebut?

Mari kita ulas alasan-alasannya agar tahu dimana letak kesalahannya.


Kenapa Julid dengan Kehidupan Orang Lain Sering Terjadi Sekarang? Ini Dia Alasannya
sumber gambar

1. Merasa Diri Sendiri Paling Baik
Merasa diri sendiri paling baik dapat mengakibatkan seseorang merasa paling sempurna dan ingin merendahkan orang lain yang dianggap tidak lebih baik.

Seburuk-buruknya sikap seseorang adalah mereka yang merasa paling baik, padahal perasaan tersebut muncul karena keterlenaan seseorang yang malas untuk introspeksi diri atas kekurangan sendiri dan terlalu percaya diri tanpa memperhitungkan bahwa manusia tidak ada yang sempurna.

Munculnya bullying dan body shaming adalah akibat dari seseorang menganggap rendah orang dengan kekurangan dan membandingkan dengan diri mereka sendiri yang menurutnya tidak memiliki kekurangan, itulah sebabnya mereka dengan mudah mengata-ngatai orang.

2. Ingin Ikut Campur
Mudah merasa penasaran dan ingin ikut campur dengan urusan orang, ini juga bisa menjadi alasan kenapa seseorang nyaman mengomentari hidup orang GanSis.

Orang yang memiliki rasa penasaran tinggi terhadap masalah orang lain bahkan cenderung ingin ikut terlibat di dalamnya entah itu menjadi provokator, atau berperan sok baik, juga bisa menjadi alasan kenapa banyak orang yang tidak dikenal namun seolah-olah tahu segalanya.

Hindari orang dengan sikap seperti ini karena aib Agan dan Sista tidak akan pernah aman di tangan oranf yang seperti ini.

3. Senang Melihat Orang Lain Susah
Senang melihat orang lain susah tentu ini bukan sebuah istilah baru.
Banyak orang yang bersenang-senang di atas penderitaan orang lain baik itu secara terang-terangan ataupun di balik layar mentertawakan.

Dapat dikatakan orang yang merasa senang saat melihat orang lain susah adalah orang dengan gangguan jiwa, sebab mereka sendiri masih merasa sakit hati saat orang lain bahagia di hadapan mereka.

4. Pansos
Julid dengan kehidupan orang lain bisa terjadi juga karena alasan pansos alias panjat sosial.

Saat ini banyak orang terkenal yang memanfaatkan masalah orang lain untuk panjat sosial dan ingin ikut terkenal karena kasus atau masalah yang ada.

Orang-orang seperti ini biasanya datang di momen-momen tertentu yang menurut mereka menguntungkan.

Kenapa Julid dengan Kehidupan Orang Lain Sering Terjadi Sekarang? Ini Dia Alasannya


Itulah beberapa alasan yang menyebabkan kebanyakan orang saat ini mudah menghina, jail, julid, atau ikut campur dengan kehidupan orang lain baik di real life ataupun media sosial.

Banyak kasus netizen terjaring penangkapan atas kasus pencemaran nama baik dan juga tindakan tidak menyenangkan adalah karena terlalu ikut campur terhadap kehidupan orang lain yang tidak dikenal.

Semoga thread ini bermanfaat, dapat memberikan sedikit informasi dan peringatan agar tidak lagi banyak orang yang mudah ikut campur dengan urusah hidup orang lain.


Kenapa Julid dengan Kehidupan Orang Lain Sering Terjadi Sekarang? Ini Dia Alasannya


Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
primzlegacy666 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
47.2K Anggota • 909.5K Threads
Halaman 4 dari 4
Kenapa Julid dengan Kehidupan Orang Lain Sering Terjadi Sekarang? Ini Dia Alasannya
20-12-2021 19:55
karena memang masyarakat kita seneng ngurusin hidup orang.
giliran udah pada melek internet, adat kebiasaan ini mulai terjadi juga di dunia maya, media sosial, lagian juga internet jaman skrg dipake buat nampang (instagram-kecantikan kekayaan) wajar aja muncul lebih banyak yg kepo dan toxic ngomongin hidup orang. emoticon-flower

org juga di internet itu buang penat kehidupan di irl makanya byk yg tante tante om om foruman malah flaming bikin rusuh dll. emang beda dunia internet jaman skrg dan jaman tahun 2000, yg blm gencar gencarnya media sosial.
profile-picture
brainymale memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Julid dengan Kehidupan Orang Lain Sering Terjadi Sekarang? Ini Dia Alasannya
20-12-2021 19:55
Senang liat orang susah, susah liat orang senang.
0 0
0
Kenapa Julid dengan Kehidupan Orang Lain Sering Terjadi Sekarang? Ini Dia Alasannya
20-12-2021 20:10
Salah satu tipe manusia yang selalu ane coba hindari
Diubah oleh afterglovv
0 0
0
Kenapa Julid dengan Kehidupan Orang Lain Sering Terjadi Sekarang? Ini Dia Alasannya
20-12-2021 20:35
Mantap sharingnya
0 0
0
Kenapa Julid dengan Kehidupan Orang Lain Sering Terjadi Sekarang? Ini Dia Alasannya
20-12-2021 20:51
emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
Sebab akibat gan
Antara godaan ingin dan merasa
emoticon-Big Grinemoticon-Ngacir
0 0
0
Kenapa Julid dengan Kehidupan Orang Lain Sering Terjadi Sekarang? Ini Dia Alasannya
20-12-2021 21:08
Budaya kita merasa hidup,agamanya paling cihuy..
0 0
0
Kenapa Julid dengan Kehidupan Orang Lain Sering Terjadi Sekarang? Ini Dia Alasannya
20-12-2021 21:47
Julid? Julid balik. Wkwkwk. Pebalasan memang menyenangkan
0 0
0
Kenapa Julid dengan Kehidupan Orang Lain Sering Terjadi Sekarang? Ini Dia Alasannya
20-12-2021 22:41
KALO ANE SERING JULID AME TETANGGA ANE KARENA SEGI UKURAN TITID LEBIH GEDE ANE 250%emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir
0 0
0
Kenapa Julid dengan Kehidupan Orang Lain Sering Terjadi Sekarang? Ini Dia Alasannya
20-12-2021 23:02
Sebab ada yg bilang easy money. Salah manajemen duit di irit malah buat yg gk jelas. Begitu keungan mencekik leher pusing. Nah disni mulai julid. Kdang sampe orang susah mngasihani orang yg gk susah (ekonomi). Pelajaran yg diambil. Lebih baik terlihat pelit ( irit) tercukupi dan sederhana.
0 0
0
Post ini telah dihapus
Kenapa Julid dengan Kehidupan Orang Lain Sering Terjadi Sekarang? Ini Dia Alasannya
21-12-2021 00:45
Alasan merasa lebih baik itu salah karena yg julid justru merasa krisis identitas diri dan kalah pamor, makanya jalan yg dipilih adalah menjelekkan dan menjatuhkan orang lain. Kalo merasa lebih baik itu angkuh, caranya bukan ikut campur dan menjelekkan akan tetapi merasa jijik dan memandang rendah.
profile-picture
C~LUVers memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Julid dengan Kehidupan Orang Lain Sering Terjadi Sekarang? Ini Dia Alasannya
21-12-2021 01:13
ya makanya gosah pamer kehidupan/aktivitas pribadi apapun di medsos.
gw sering traveling jalan2, naek gunung, dsb.
udah tentu gw punya banyak foto dokumentasi.
tapi gak ada satupun foto yang gw pasang di medsos.

medsos mah buat jualan , promosi produk aja.
Diubah oleh BMAGLY
profile-picture
profile-picture
penthouse.3 dan C~LUVers memberi reputasi
2 0
2
Kenapa Julid dengan Kehidupan Orang Lain Sering Terjadi Sekarang? Ini Dia Alasannya
21-12-2021 01:33
Iri dengki ga punya kerjaan
0 0
0
Kenapa Julid dengan Kehidupan Orang Lain Sering Terjadi Sekarang? Ini Dia Alasannya
21-12-2021 03:44
inya pengen tau keburukan orang lain
0 0
0
Kenapa Julid dengan Kehidupan Orang Lain Sering Terjadi Sekarang? Ini Dia Alasannya
21-12-2021 06:39
Rasa iri hatinya tinggi
0 0
0
Kenapa Julid dengan Kehidupan Orang Lain Sering Terjadi Sekarang? Ini Dia Alasannya
21-12-2021 09:18
ga baik bersikap iri, dengki, dan menjatuhkan orang lain, di agama islam mengajarkan kita untuk bersikap baik untuk sesama dan mengancam seseorang yang berbuat hal tercela seperti itu dengan dosa.
Diubah oleh riantoro.monte
0 0
0
Kenapa Julid dengan Kehidupan Orang Lain Sering Terjadi Sekarang? Ini Dia Alasannya
21-12-2021 09:30
Ada api ada sekam gan. Sifat dasar manusia itu selalu ingin superior terhadap yang lainnya which is ada yang lebih darinya pasti dicari2 celah kesalahannya.

Biasanya yang ketangkap akibat UU ITE itu tangan/jempol dulu yang jalan mikirnya nanti. Kena pasal baru nyesel..
0 0
0
Kenapa Julid dengan Kehidupan Orang Lain Sering Terjadi Sekarang? Ini Dia Alasannya
21-12-2021 13:43
Semua orang ingin melihat orang lain gagal, dah ini saj ayang harus dipegang ganss. meskipun temen baik lu juga akan sama, kalau lu gagal dia akan lebih senang
0 0
0
Kenapa Julid dengan Kehidupan Orang Lain Sering Terjadi Sekarang? Ini Dia Alasannya
21-12-2021 16:57
mungkin kalo ga julid gabisa tidur nyenyak gan emoticon-Leh Uga
0 0
0
Kenapa Julid dengan Kehidupan Orang Lain Sering Terjadi Sekarang? Ini Dia Alasannya
21-12-2021 20:19
Kebanyakan yang julid itu orang yang ga punya kesibukan dan kerjaan
0 0
0
Halaman 4 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia