• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Dahulu Hanya Legenda, Kini Deretan Hewan Ini Ternyata Benar-benar Ada

andretarinaAvatar border
TS
andretarina
Dahulu Hanya Legenda, Kini Deretan Hewan Ini Ternyata Benar-benar Ada


emoticon-Malu (S) Welcome di thread sederhana ane gansis emoticon-Malu (S)
emoticon-Roll Eyes (Sarcastic) Enjoy reading and have a good read emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)






Sebelum ilmu pengetahun semaju sekarang, dunia pada faktanya dipenuhi sama orang-orang yang seringkali memakai fantasi mereka untuk menjelaskan berbagai hal yang gak lagi mampu dijelaskan oleh akal termasuk dalam hal ini hewan.

Namun uniknya hal ini tidak datang dari orang kebanyakan, karena hal yang berbau penolakan hingga penyangkalan terkait suatu hewan dengan bentuk cukup eksotis, nyatanya juga datang dari mereka yang dikenal pintar dan tergolong sebagai ilmuwan pada waktu itu.

emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)

Jika gansis penasaran, berikut ane udah ngerangkum deretan hewan yang dahulu hanya diduga sebagai legenda atau isapan jempol belaka, namun belakangan menjadi hewan yang benar-benar nyata.


emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)



- Platypus, Terlalu Aneh Untuk Seekor Hewan -



Platipus memang tergolong sebagai mamalia paling aneh. Hal ini dapat dilihat dari cara berkembang biak yang dilakukan dengan metode bertelur  – karena secara teori, seluruh mamalia harusnya berkembang biak dengan cara melahirkan – dan disinilah anehnya.

emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)

Anehnya lagi, hewan ini juga memiliki penampilan yang cukup abnormal di mana mereka memiliki paruh bebek, tubuh dan ekor berang-berang, dan kehadiran duri berbisa yang menempel di kaki berselaputnya.

Spoiler for Intip di sini:


Kehadiran platipus seakan jadi pertanda jika Tuhan memang punya humor unik untuk mencampur-baurkan beberapa hewan, menjadi satu ekor hewan yang cukup unik – walaupun aneh tentunya –



Sementara itu, kehadiran platipus pertama kali menggemparkan dunia ilmiah pada akhir abad ke 18, ketika kulit hewan ini dikirim kembali ke Inggris dari Australia. Namun para ilmuwan yang melihat kiriman tersebut merasa sangat aneh, bahkan mereka yakin apa yang dilihatnya adalah tipuan atau lelucon.

Hingga pada akhirnya sekitar tahun 1860, ilmuwan bernama George Bennett  berhasil melihat platipus hidup di alam liar untuk pertama kalinya. Dirinya mempelajari hewan aneh tersebut dengan sangat rinci, dan hasilnya komunitas ilmiah pun menyadari bahwa spesies hewan baru telah ada.

emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)




- Burung King Saxony, Dulu Dianggap Sebagai Mitos -



Indonesia nyatanya pernah jadi satu dari sekian tempat di mana hewan mitos penah hidup dan baru diakui keberadaannya beberapa tahun kemudian.

emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)

Hewan tersebut adalah, burung King Saxony  atau lebih dikenal sebagai Cenderawasih Panji  yang berasal dari pulau Nugini, Papua. Burung yang luar biasa ini terkenal karena memiliki ciri khas berupa bulunya yang luar biasa panjang, yang digunakannya untuk mengesankan calon pasangannya.



Ketika burung khas negara Indonesia ini pertama kali dideskripsikan pada tahun 1894, ahli burung terkenal Richard Bowdler Sharpe yakin bahwa burung tersebut hanyalah lelucon yang tidak lucu. Namun pada akhirnya Richard mengakui keberadaan dari Cenderawasih Panji.

Spoiler for Intip yang lain:


Hanya saja, peneliti satu ini terlalu takjub dengan penampakan bulu panjang Cenderawasih Panji jantan yang benar-benar luar biasa. Dirinya bahkan menulis,

"Saya tidak dapat menahan diri untuk tidak berseru bahwa mustahil burung seperti itu bisa ada di alam."


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)



- Okapi, Si Kuda Mistis Afrika -



Adalah okapi, seekor mamalia unik yang ternyata pernah dianggap sebagai kuda mistis – sama halnya dengan unicorn dari Inggris – yang berasal dari Afrika.

Okapi merupakan mamalia eksotis yang menjadi satu-satunya kerabat dekat jerapah yang hingga kini masih hidup. Sementara itu, kemistisan hewan satu ini juga bukan tanpa alasan, karena nyatanya banyak dari ciri-ciri Okapi yang cukup aneh sehingga dianggap mistis.

emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)

Beberapa ciri-ciri tersebut dapat dilihat dari tampilan lidah panjangnya yang bisa mencapai mata, bentuk organ kaki belakangnya yang seperti zebra, dan pendengaran tajam yang hampir supernatural sehingga mampu memungkinkannya menghindari pemburu.



Namun pada tahun 1909, sebuah ekspedisi dilakukan dengan tujuan untuk membuktikan keberadaan okapi di Afrika dan membawa spesimen hidup kembali ke Amerika Serikat. Setelah berbulan-bulan ekspedisi itu menemui jalan buntu, pada akhirnya seekor bayi okapi berhasil ditemukan dan ditangkap.

Spoiler for Di sini juga seru:


Sayangnya, bayi itu tidak selamat ketika melakukan perjalanan keluar dari Afrika, tetapi penemuan tersebut berhasil membuktikan bahwa keberadaan kuda mistis Afrika yang bernama okapi bukanlah isapan jempol belaka.

emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)




- Plesiosaurus, Dianggap Mustahil Ada -



Kisah diakuinya keberadaan Plesiosaurus sebenarnya adalah perjuangan kisah Mary Anning,  seorang pemburu fosil Inggris abad ke-19 yang menantang berbagai rintangan untuk menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh dalam sejarah paleontologi.

emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)

Marry adalah seorang wanita miskin dengan sedikit pendidikan yang tinggal di dekat pantai Lyme Regis, sebuah kota tepi pantai di Inggris. Setelah kematian ayahnya, Mary mulai menjelajahi pantai untuk mencari barang-barang aneh yang bisa dia jual.


Kemudian apa yang tidak dia ketahui sampai saat itu adalah fakta bahwa pantai Lyme Regis adalah salah satu pantai dengan keberadaan fosil paling kaya di dunia, dan Marry juga berperan penting tidak hanya dalam penemuan fosil Plesiosaurus, namun juga Pterodactyls dan Ichthyosaurus.



Namun tantangan dimulai ketika ahli anatomi Prancis terkenal Georges Cuvier meragukan penemuan Marry yang saat itu dianggap sebagai wanita yang tidak berpendidikan. Bahkan George terang-terangan menolak untuk menerima bahwa Plesiosaurus adalah binatang purba yang nyata.

Spoiler for Cek juga di mari:


Sementara dari sisi Marry, saat itu sulit untuk membuktikan penemuan tersebut dengan keterbatasan ilmu yang dimiliki, bahkan memang terdengar mustahil bagi seekor hewan dengan jumlah 35 vertebrata atau tulang belakang untuk benar-benar hidup dan bernafas.

emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)

Namun keajaiban datang pada tahun 1821, ketika ahli geologi William Conybeare datang untuk mempertahankan klaim Marry dan membuktikan tanpa keraguan bahwa penemuan fosil tersebut asli dan Plesiosaurus memang benar-benar hewan purbakala yang pernah hidup.

Atas hasil tersebut Georges Cuvier akhirnya mengakui bahwa dia salah, dan mengakui kehebatan Marry.


emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)



- Kraken, Monster Purbakala yang Masih Bernapas -



Legenda Kraken, yaitu monster laut mistis dengan penampakan mulai dari gurita atau cumi-cumi raksasa yang akan menyerang kapal dengan tentakelnya yang besar, sudah ada sejak tahun 1180 Masehi atau ketika zaman bajak laut berkuasa.

Spoiler for Terakhir nich:


Butuh waktu setidaknya hampir 700 tahun sebelum pada akhirnya bukti cumi-cumi raksasa bisa ditemukan. Dan pada akhirnya, mitos tersebut pun menjadi kenyataan pada tahun 1857, ketika cumi-cumi raksasa terdampar di pantai di Denmark dan seorang ilmuwan Norwegia bernama Japetus Steenstrup berhasil menyelamatkan paruh makhluk mitos tersebut.



Sejak saat itu, masyarakat dunia pun percaya bahwa setidaknya, di kedalaman laut yang tidak disinari oleh cahaya matahari, makhluk berjuluk kraken ini benar-benar menunggu para pelaut malang yang cukup sial untuk bertemu mereka.


emoticon-Takut (S)emoticon-Takut (S)emoticon-Takut (S)





Gimana? Ada yang baru gansis tahu dari hewan di atas? Jika ada koment di bawah yak huehue

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)

Dan yah, sekian thread dari ane kali ini, thanks buat yang sudah mampir dimari yak, jangan lupa tinggalkan jejak berupa commentshare, dan saling berbagi cendols ~

Last but not least, stay tune for another thread yak ~

emoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngacir







Sumber : Disini | Narasi : Pribadi | Sumber Gambar : Google Images
Copyright © 2015 - 2021 Andretarina
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS






Diubah oleh andretarina 15-12-2021 04:40
kubelti3
mashbrow
asamboigan
asamboigan dan 43 lainnya memberi reputasi
38
15.8K
101
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.