• Beranda
  • ...
  • Health
  • Bukan Pakai Odol, Begini Nih Pertolongan Pertama untuk Tangani Luka Bakar

jahemerah01
TS
jahemerah01
Bukan Pakai Odol, Begini Nih Pertolongan Pertama untuk Tangani Luka Bakar


Erupsi Gunung Semeru menyebabkan puluhan warga mengalami luka bakar dari derajat ringan hingga berat. Tentu kondisi ini harus mendapat penanganan segera agar tidak menjadi serius yang bisa saja mengancam jiwa. Dalam pertolongan pertama korban luka bakar, Dokter Spesialis Kulit di RS Abdi Waluyo Arini Astasari Widodo menjelaskan semua tergantung pada penyebab dan tingkat keparahannya.

Namun yang pasti, semua luka bakar harus dijaga tetap bersih dan perlu dibalut atau diperban dengan tepat tergantung pada tingkat keparahan luka. 

"Mengobati rasa sakit pada orang tersebut adalah kuncinya, kontrol nyeri yang tidak memadai dapat mengganggu perawatan pada luka bakar," ujarnya dalam pesan singkat, Senin (6/12/2021).

Untuk pertolongan pertama, Arini  menerangkan bahwa area luka bakar harus disiram dengan air dingin mengalir secara menyeluruh untuk mencegah kerusakan lebih lanjut dan lepaskan semua pakaian yang terbakar.

"Jika area luka bakar terbatas, rendam area yang terdampak dalam air dingin selama 30 menit untuk mengurangi nyeri dan edema, serta meminimalkan kerusakan jaringan," jelasnya.

Baca : Kenali 3 Tingkat Luka Bakar dan Cara Penanganannya

Kata Arini bisa juga mengompres area terbakar dengan air dingin, tetapi jangan sekali-kali menaruh es batu langsung pada kulit, karena akan merusak kulit. 

"Jangan mengoleskan odol, mentega, minyak, telur, mayones, itu mitos," tegasnya.

Arini mengingatkan untuk tidak takut nembersihkan luka dengan air dan sabun. Menurutnya banyak yang berpikir bahwa luka tidak boleh di cuci dan justru menjadi infeksi.

Apabila luka bakar luas, setelah disiram air dingin, Arini mengimbau agar balut area yang terbakar (atau seluruh badan) untuk mencegah kehilangan panas dan hipotermia (temperature tubuh menurun drastis).

"Hipotermia merupakan risiko khusus pada anak kecil, sehingga harus waspada apakah anak-anak kedinginan atau menggigil. Bawa ke rumah sakit sesegera mungkin terutama 6 jam pertama," imbau Arini.

Sumber : https://hypeabis.id/read/8695/jangan...ani-luka-bakar
Diubah oleh jahemerah01 15-12-2021 08:23
kubelti3mashbrowsicknes
sicknes dan 8 lainnya memberi reputasi
9
6.1K
40
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.