• Beranda
  • ...
  • Bisnis
  • Macam-macam Pinjaman Modal Usaha Untuk Mengembangkan Usaha

asuransiku.idAvatar border
TS
asuransiku.id
Macam-macam Pinjaman Modal Usaha Untuk Mengembangkan Usaha
Usaha yang tengah berjalan dan memiliki pertumbuhan, tentu sangat memberikan harapan untuk terus tumbuh bagi pemilik, apalagi memiliki rekan bisnis baik sebagai supplier atau mitra penjual yang solid, di perlukan stimulus untuk mengembangkan usaha agar lebih baik lagi, beberapa solusi muncul yaitu mulai mencari investor atau mengajukan pinjaman modal usaha, apa saja?

Kredit Tanpa Agunan
Memiliki kredit score yang baik sebagai pengguna kartu kredit ? biasanya bank akan menawarkan pinjaman tanpa agunan untuk nasabah-nasabah yang memiliki usaha, dengan bunga relatif rendah, dengan jangka waktu pinjaman relatif lama hingga 60 bulan atau 5 tahun lamanya.

Syarat yang diberikan juga tidak terlalu rumit, cukup KTP, NPWP, SIUP, rekening koran dan kartu kredit, yang terakhir, peminjam harus lolos tahap BI Checking, memastikan terhindar dari riwayat kredit macet.

KUR (Kredit Usaha Rakyat)
Bantuan pinjaman pemerintah melalui bank-bank pemerintah guna membantu usaha mikro, kecil dan menengah milik rakyat, pinjaman yang ditawarkan KUR hingga 500juta, dengan ratio bunga 7% tiap tahunnya, atau sekitar 0,58% per bulan.



Syarat pengajuan KUR cukup banyak, kartu identitas, akte pendirian usaha, SIUP/TDP, laporan keuangan perusahaan, proposal usaha dan persyaratan lain yang mungkin diminta oleh pihak bank.

Pinjaman Modal Ventura
Adalah pinjaman dalam bentuk investasi saat kreditur memberi penyertaan modal, dengan perjanjian kerja sama di jangka waktu yang di sepakati, modal ventura termasuk high-risk, dengan imbal jasa yang juga tinggi, konsepnya modal ventura tak beda jauh dengan bagi hasil.

Beberapa jenis modal ventura adalah equality financing yang memberikan pembiayaan langsung, semi equality financing yang memberikan pinjaman sebagian dalam bentuk saham dan obligasi mendirikan usaha baru dan jenis bagi hasil yang pembagiannya telah disepakati di awal perjanjian.

Multiguna
adalah sebuah produk perbankan yang bisa syarat peminjamannya adalah debitur harus memberi jaminan atau agunan, dari agunan ini akan menentukan seberapa besar dana tunai yang bisa di pinjam, semakin besar jaminan yang di agunkan makin besar pinjaman yang dapat diberikan.

Sayangnya, untuk suku bunga yang diberikan jenis pinjaman ini masih cukup tinggi, dengan menyesuaikan kondisi pasar.

Beberapa diatas adalah contoh, pinjaman modal yang dapat dijadikan refernsi untuk pinjaman modal pengembangan usaha, masih terdapat lain pihak lagi, seperti angel investor, yang umumnya akan memberi pendanaan di stage awal, seringnya bagi pelaku industri startup.


Sumber : https://www.asuransiku.id/promo-arti...bangkan-usaha/
puteripem501
puteripem501 memberi reputasi
1
1.4K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Bisnis
Bisnis
icon
69.8KThread11.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.