bruce12345Avatar border
TS
bruce12345
Ini Dia Kitab Suci Suku Maya Popol Vuh

ini


Halo gansis apa kabar? Berharap kalian sehat2 ya dan tetap dalam lindungan yang Maha Kuasa. 


Di thread ane sebelumnya, ane sudah memperkenalkan tentang kitab suci suku Maya, Popol Vuh. Gansis bisa membacanya disini. Kali ini ane ingin membahas tentang isi kitab itu yang mana dalam Popol Vuh terdiri dari 4 bagian, bagian pertama berisi tentang penciptaan, yang kedua tentang pahlawan kembar, yang ketiga tentang penciptaan manusia dan yang terakhir tentang dinasti Quiche. 

Ok tanpa basa basi, welcome to my thread cek cek cek 


Di bagian pertama berhubungan dengan Quiche Maya. Dewa Langit (Tepeu) dan dewa laut (Gucamats) bertemu dan membahas bagaimana bumi akan diciptakan, mereka melihat bahwa "bumi masih kosong, belum ada manusia, belum ada binatang, pohon, batu, lubang, padang rumput dan hutan hanya ada langit saja yang ada disana, permukaan bumi tidak jelas hanya laut saja yang berkumpul di bawah langit tidak ada apaun yang berkumpul bersama. Lalu mereka sepakat untuk menciptakan gunung2, binatang2, sungai2 dan lembah2. 


Namun apa yang sudah mereka ciptakan tidak dapat berbicara atau memuliakan mereka (dewa2), maka mereka memutuskan untuk menciptakan sesuatu yang dapat berkomunikasi dengan mereka sekaligus sebagai pengasuh/pemelihara ciptaan mereka. Lalu mereka mencoba untuk menciptakan manusia dari tanah liat gagal karena manusia itu tidak punya hati dan tidak mengingat penciptanya (Manusia dihancurkan). Mereka mencoba lagi dan kali ini mereka menciptakannya dari kayu namun juga gagal karena dihancurkan oleh banjir besar yang pada akhirnya para dewa dibiarkan sendiri dan memuliakan diri mereka sendiri. 


Bagian kedua Popol Vuh dimulai dengan Hun Hunahpu ayah dari pahlawan kembar dan saudaranya, Vucub Hunahpu. Menceritakan akan kelicikan pahlawan kembar (Hunahpu dan Xbalanque) yang berencana untuk menghancurkan penguasa Xibalba dan kedua putranya Zipacha dan Cabracan karena telah membunuh ayah mereka selain itu mereka juga kesal terhadap sikap penguasa Xibalba yang semena2, ia juga menolak untuk mengakui dewa2 yang lain selain dirinya dan karenanya melalui serangkaian trik dan tipu muslihat yang cerdik akhirnya pahlawan kembar membunuhnya dan putra2nya. Ketertiban dan keseimbangan dunia kembali di pulihkan. 


Bagian ketiga kitab ini menceritakan tentang dewa Tepeu dan Gucamats sebagai pencipta dunia dan manusia. Karena tidak berhasil menciptakan manusia dari tanah liat dan kayu maka mereka mencoba menciptakan manusia dari biji jagung dan kali ini berhasil, empat orang berhasil diciptakan yaitu Balam Quitze (Jaguar Quitze), Balam Acap (Jaguar Night), Mahucutah (Naught) dan Iqui Balam. 


Namun setelah menciptakan manusia para dewa memiliki kekuatiran tersendiri karena manusia memiliki kemampuan seperti para dewa, akhirnya para dewa berunding diantara mereka, dikatakan bahwa "bukankah manusia hanya karya dan desain kita dan untuk membedakan mereka sedikit dari kita maka para dewa memperkenalkan kematian kepada umat manusia. 


Selain itu para dewa juga menciptakan wanita (pasangan) bagi masing2 diantara mereka, dengan anggapan manusia akan segera bahagia dan lupa bahwa dulu mereka mengetahui segalanya seperti para dewa. Pria dan wanita itu puas dengan memiliki anak, menanam tanaman dan menghargai segala hal yang diberikan oleh para dewa. Manusia mulai berkembang biak dan lahirlah penguasa suku Maya Quiche. 


Bagian yang terakhir berisi tentang migrasi nenek moyang suku Quiche dan silsilah bangsanya. Setelah meninggalnya Jaguar Quitze, Jaguar Night, Jaguar Naught dan Jaguar Wind, ketiga putra mereka terus membangun akar peradapan suku Maya dan memulai petualangan hngga menemukan seorang saleh yang mengajarkan kepada mereka tentang Popol Vuh dan memberi mereka gelar. Tidak diceritakan apa gelar yang mereka peroleh yang gansis. 





Oke sampai disini thread kali ini dan sampai jumpa di thread2 selanjutnya Baca juga Mengenal Dewa Dewi Suku Maya, Agan Insomnia Hubungi Dewi Ah Uaynih dan thread ane yang HT Lainnya



R
ef ini itu




S
ayonaraaa....

darmawati040
EriksaRizkiM
edv039
edv039 dan 18 lainnya memberi reputasi
17
6.7K
90
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.