digitalbox344
TS
digitalbox344
Kenali Ciri Dari Toxic Relationship
Sebagai makhluk sosial memang kita hidup membutuhkan orang lain, lewat suatu hubungan kedekatan antar manusia dapat terjalin dengan yang lainnya. Namun apa jadinya jika hubungan yang kalian jalani sudah tidak sehat lagi? Itu artinya hubungan tersebut sudah masuk kategori Toxic.

Terkadang seseorang juga tidak menyadari jika ia berada di Toxic Relationship hingga akhirnya hal-hal yang tidak diinginkanpun terjadi.



Hubungan yang tidak sehat juga dapat mempengaruhi mental seseorang karena tekanan batin atau fisik yang diterimanya.

Penjelasan
Menurut Psychalive, Toxic Relationship adalah kondisi berulang yang saling menghancurkan antar pasangan yang ditandai dengan sikap posesif, mendominasi, memanipulasi, rasa keputusasaan, sikap egois, dan juga tindakan penolakan yang sering terjadi.



Ciri Toxic Relationship
Kenali tanda dari hubungan yang tidak sehat ini untuk terhindar dan keluar dari Toxic Relationship yang semakin lama akan semakin menyakitimu

1. Sulit Menjadi Dirisendiri
Ketika pasanganmu tidak bisa menerima kekurangan yang ada pada dirimu dan memintamu untuk melakukan hal-hal yang tidak membuatmu nyaman, tandanya kamu sudah berada di Toxic Relationship karena pasanganmu ingin kamu menjadi orang lain dengan melakukan hal-hal yang tidak biasa kamu lakukan.

2. Jealous Yang Berlebih
Rasa cemburu memang merupakan hal yang wajar dan sering terjadi antar pasangan namun rasa cemburu yang berlebih dapat menimbulkan sifat posesif yang dapat membuat pasangan tidak nyaman karena merasa ruang geraknya dibatasi. Hal-hal seperti mengecek ponsel pasangan juga termasuk sifat posesif yang tidak sehat.

3. Tidak Supportive
Sebagai pasangan sudah sewajarnya jika saling support atau memberikan dukungan ketika melakukan hal tertentu. Tetapi jika pasanganmu hanya memberikan kritik tanpa saran dan menentang hal-hal yang kamu sukai tandanya kamu sudah memasuki hubungan yang toxic.

4. Memegang Control Secara Penuh
Terlalu banyak mengatur dalam suatu hubungan juga merupakan ciri hubungan yang tidak sehat. Jika pasanganmu tidak memberikan kepercayaan dan keleluasaan atas segala tindakanmu tandanya pasanganmu adalah orang yang memegang kendali penuh atas hubungan kalian.

5. Adanya Kekerasan Fisik
Ciri ini akan terlihat dengan jelas, jika pasanganmu melampiaskan emosi dengan cara menyerang secara fisik, segera lah akhiri hubungan kalian karena jika dipaksa untuk bertahan hal ini akan merugikan pihak yang menjadi korban kekerasan. Selain luka fisik yang diterima, banyak korban kekerasan yang juga trauma secara mental.



Jika kamu sebelumnya tanpa disadari mengalami hal-hal seperti ciri di atas, sebaiknya kamu segera diskusikan dengan pasanganmu dan cari jalan terbaik untuk permasalahan kalian.

Untuk dirimu yang ternyata memiliki sifat yang cenderung toxic, segeralah perbaiki dan belajar untuk menjadi pribadi yang lebih sesuai untuk pasanganmu, dan untuk dirimu yang menjadi korban terutama dalam hal kekerasan fisik segeralah laporkan tindakan pasanganmu atau cari layanan situs yang memberikan dukungan untuk kasus yang kamu hadapi.

Ingat bahwa komunikasi adalah kunci dari sebuah hubungan yang baik, tetap jaga komunikasimu dengan pasangan dan hargai sebagaimana pasanganmu ya!



---
Referensi
[Pelajaran dari Kasus KDP yang Menimpa Novia Widyasari Rahayu]
rianarombe944chayoonri001orange96
orange96 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
3.2K
17
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
Lifestyle
icon
10.3KThread10.6KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.