.Boyo.Avatar border
TS
.Boyo.
Hebat! Ikan Euryhaline Dapat Hidup Di Dua Air Yang Berbeda



Dear Kaskuser,

Kali ini kita akan membahas dunia hewan yang tak lepas selalu berdampingan hidup dengan manusia. Hmmm, apa ya kali ini yang akan kita bahas, jenis burung, jenis mamalia? Kayaknya sekarang lebih asyik kalau bahas jenis ikan nih.

Maklum perairan di Indonesia bisa dibilang terluas, maka di dunia ini ada jenis ikan Euryhaline yang bisa hidup di dua sumber air yaitu sungai dan laut, tentu saja air sungai identik dengan tawar sedangkan laut identik dengan asin nih gansis.



Karena pada dasarnya ikan ini punya sistem yang canggih, dimana Euryhaline dapat menyetarakan kadar garam baik di laut maupun di air tawar layaknya hewan amfibi yang dapat hidup di dua alam.

Biasanya nih, ikan jenis Euryhaline ini dikategorikan menjadi dua variant yang disebut Anadrom dan Katadrom. 

Anadrom sendiri merupakan ikan yang menetas di air tawar, kemudian berenang ke laut dan menghabiskan hidupnya di air laut, hingga datang kembali ke air tawar ketika musim bertelur.

Katadrom sendiri merupakan ikan yang menetas di air laut, kemudian berenang ke air tawar dan menghabiskan hidupnya di air tawar, hingga datang kembali ke air laut ketika musim bertelur.

Diantara jenis Euryhaline yang ada di bumi dan cukup familar di telinga adalah,

Salmon



Siapa yang gak tahu kalau ikan Salmon penuh dengan gizi, Salmon sendiri merupakan ikan Euryhaline Anadrom, dimana mereka akan berenang ke air tawar hanya untuk bertelur saja lalu kembali ke laut sesudahnya.

Sedangkan untuk Salmon yang baru menetas akan berdiam di air tawar selama tiga tahun, hingga sudah masanya mereka dewasa salmon ini akan migrasi ke air laut.

Barramundi



Ikan Barramundi termasuk jenis ikan Euryhaline Katadrom habitatnya berada di indo-pasifik, ikan ini kebalikannya dari Salmon dimana lebih banyak berada di air tawar dan migrasi ke laut hanya untuk berkembang biak.

Guppy



Siapa yang menyangka kalau ikan kecil ini yang sering kita kenal dengan tubuhnya yang mungil, serta penampilannya yang indah termasuk ikan Euryhaline. Walau bisa bereproduksi di air laut dan tawar, namun habitatnya lebih banyak ditemukan di air tawar. Bisa dibilang guppy bukan tipe Anadrom dan Katadrom namun termasuk ikan Euryhaline sebab bisa hidup di dua perairan air tawar dan air laut.

Itu hanya beberapa contoh ikan Euryhaline, karena masih banyak jenis Euryhaline lain seperti hiu banteng, alligator fish dan lainnya

Nah apa nih pendapat kalian tentang hal ini? Sekian pembahasan kali ini, semoga sukses selalu terima kasih.

Salam from Boyo,

Sumber klik
AnakIndigo
bonbon71
mashbrow
mashbrow dan 9 lainnya memberi reputasi
10
4.1K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.